Lompat ke isi utama
Hati-Hati Ya Mums, Perut Kembung Disertai Demam pada Anak Bisa Jadi Tanda Gangguan Kesehatan Serius

Kenali Penyebab Perut Kembung Disertai Demam Pada Anak

Perut kembung disertai demam pada anak harus diatasi secara dini. Kenali penyebabnya di sini

Perut kembung disertai demam pada anak termasuk masalah kesehatan yang sering dialami oleh anak usia dini. Kondisi ini disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya karena sistem pencernaan anak yang masih berkembang, sehingga masih harus beradaptasi dengan makanan yang ia konsumsi sehari-hari. 

Namun, perut kembung disertai demam pada anak juga bisa menjadi indikasi adanya penyakit tertentu yang dialami oleh buah hati Mums. itulah sebabnya, penting bagi Mums untuk mengetahui gejala, penyebab, dan cara mengatasi kondisi ini agar terhindar dari komplikasi berbahaya. Akan tetapi, Mums tidak perlu khawatir karena dalam artikel ini akan dijelaskan mengenai perut kembung disertai demam pada anak. Simak penjelasannya sampai selesai, yuk!

Gejala Perut Kembung Disertai Demam pada Anak

Perut kembung disertai demam pada anak bisa menunjukkan beberapa gejala yang umum terjadi, di antaranya:

  • Anak demam dan suhunya akan meningkat secara bertahap tiap hari di minggu pertama
  • Demam biasanya meninggi pada malam hari
  • Kehilangan nafsu makan
  • Perut anak terasa keras dan kembung
  • Muncul rasa nyeri pada bagian perut
  • Susah buang air besar (BAB)
  • Saat BAB, pup atau fesesnya keras 
  • Kelelahan dan lemas
  • Mudah berkeringat
  • Buang angin atau kentut terus
  • Rewel

Itulah beberapa gejala perut kembung yang disertai demam pada anak. Penting bagi Mums untuk mengetahui gejala atau tanda-tanda tersebut agar bisa mengatasi kondisi ini dengan tepat. Lantas, mengapa gejala perut kembung disertai demam pada anak muncul? Ternyata ada beberapa faktor pemicunya. Yuk, simak penjelasan mengenai penyebab perut kembung disertai demam pada anak dan cara mengatasinya di bawah ini. 

Penyebab Perut Kembung Disertai Demam pada Anak

Perut kembung disertai demam pada anak bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Misalnya saja, salah konsumsi makanan atau minuman, virus dan bakteri, hingga gangguan serius yang perlu penanganan secepatnya. Jika dilihat kasus paling sering yang terjadi, setidaknya ada 3 penyebab utama mengapa anak merasakan gejala tersebut. Yuk Mums, simak selengkapnya pada poin di bawah ini:

Masuk Angin

Perut kembung disertai demam pada anak yang umum terjadi disebabkan oleh masuk angin. Penyebab yang satu ini sebenarnya masih tergolong normal dan memiliki risiko lebih rendah karena bisa diatasi dengan mudah. Masuk angin sendiri bisa disebabkan beberapa hal yang biasa terjadi.

Penyebab perut kembung disertai demam pada anak akibat masuk angin yaitu karena adanya infeksi, tumbuhnya gigi baru, biang keringat, kolik hingga alergi. Memang bukan suatu hal yang berbahaya, namun alangkah baiknya jika anak mengalami gejala seperti kembung dan demam, Mums segera memeriksakannya ke dokter terdekat untuk mengetahuinya penyebabnya secara pasti.

Baca Juga: Mum, Hati-hati dengan Gejala Perut Kembung pada Anak | Friso

Infeksi Virus dan Bakteri

Penyebab perut kembung disertai demam pada anak juga bisa diakibatkan oleh infeksi bakteri atau virus yang menjangkiti tubuh anak. Umumnya bakteri yang menyebabkan perut kembung disertai demam pada anak adalah bakteri penyebab diare seperti E.Coli. Gangguan pencernaan pada anak juga bisa timbul karena infeksi virus Rotavirus, Calicivirus dan sebagainya.

Gangguan ini disebut dengan Gastroenteritis. Dapat dikenali dengan keluhan sakit perut, diare, demam dan nafsu makan yang menurun drastis. Gangguan ini bisa diberikan pertolongan pertama sebelum dirujuk ke dokter atau rumah sakit dengan memberikan asupan cairan untuk mencegah dehidrasi pada anak.

Invaginasi

Perut kembung disertai demam pada anak juga bisa disebabkan oleh apa yang disebut invaginasi. Invaginasi adalah sakit perut atau kembung yang disebabkan oleh adanya bagian usus yang terselip pada bagian usus disampingnya. anak yang berada pada usia dibawah 2 tahun, sangat rentan mengalami hal ini.

Ketika usus terselip, alur makanan yang ada menjadi terganggu dan dapat menimbulkan sensasi kembung dan jika dibiarkan dapat menimbulkan demam. Selain itu, anak juga dapat tiba-tiba merasakan sakit yang parah pada bagian perutnya. Ketika hal ini terjadi, Mums sebaiknya segera membawa anak ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut sebab resikonya terbilang cukup berbahaya.

Baca Juga: Cara Mengatasi Perut Kembung pada Bayi

Itulah beberapa penyebab perut kembung disertai demam pada anak yang umum terjadi. Penting bagi Mums untuk mengetahui gejala dan penyebabnya sejak dini agar kondisi ini bisa ditangani dengan tepat. Lantas, bagaimana cara mengatasi perut kembung disertai demam pada anak? Cari tahu jawabannya di bawah ini ya, Mums!

Cara Mengatasi Perut Kembung Disertai Demam pada Anak

Untuk mengatasi perut kembung disertai demam pada anak, maka Mums harus memahami dulu penyebab yang melatarbelakangi kondisi tersebut. Dengan begitu, Mums dapat mengatasi perut kembung disertai demam pada anak sesuai dengan penyebabnya.

Sebagai pertolongan pertama, berikut ini cara mengatasi perut kembung disertai demam pada anak yang bisa Mums lakukan, antara lain:

  • Perbanyak konsumsi air putih

    Saat perut kembung disertai demam pada anak muncul, maka cara pertama yang bisa Mums lakukan yaitu dengan memperbanyak asupan air putih anak agar terhindar dari dehidrasi. Meskipun air putih tidak secara langsung membantu mengurangi perut kembung disertai demam pada anak, namun langkah ini dapat mencegah anak mengalami sembelit sekaligus mengurangi rasa tak nyaman dalam perut akibat kembung. 

  • Berikan kompres air hangat

    Untuk mengurangi rasa tidak nyaman pada perut dan demam, Mums bisa memberikan kompres air hangat pada bagian perut dan kening anak. Selain dapat membuat anak lebih nyaman, kompres air hangat juga dapat membantu mengurangi rasa tak nyaman akibat perut kembung disertai demam pada anak. 

  • Pijat lembut bagian perutnya

    Untuk memberikan kenyamanan pada anak, Mums perlu memijat secara lembut pada bagian perutnya. Hal ini bisa membantu mengeluarkan gas berlebih yang ada dalam perut. Selain itu, cobalah bantu anak untuk menggerakkan kakinya seperti sedang mengayuh sepeda. Cara ini dipercaya dapat membantu mengurangi keluhan perut kembung. 

  • Hindari makanan dan minuman yang menyebabkan perut kembung

    Saat perut kembung disertai demam pada anak muncul, sebaiknya Mums menghindari makanan dan minuman yang memperparah kondisi tersebut. Beberapa makanan yang sebaiknya dihindari di antaranya brokoli, kubis, lobak, bawang, kacang-kacangan, makanan berlemak, minuman bersoda, junk food, dan sejenisnya. Jika Mums ingin memberikan sayuran, sebaiknya pilihlah sayuran yang tidak mengandung gas berlebih, seperti wortel, bayam, timun, dan lainnya.

Bila Mums sudah melakukan langkah di atas tetapi perut kembung disertai demam pada anak tak kunjung membaik, segeralah bawa anak ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Hindari memberikan obat sakit perut pada anak secara sembarangan dan/atau obat tradisional (herbal) tanpa resep dokter karena sistem pencernaan anak masih sangat sensitif. 

Gangguan pencernaan pada anak dapat Mums cegah dengan menjaga kebersihan lingkungan dan mengontrol pola makan anak. Tentu, untuk menu makanan, harus disesuaikan dengan usia anak. Mums bisa berikan susu Friso Gold 3 yang memiliki teknologi Locknutri

Teknologi Locknutri dapat melindungi kualitas alami nutrisi yang ada, sehingga mudah diserap tubuh anak dan segera diolah menjadi ‘bahan bakar’ tumbuh kembang dan membangun daya tahan tubuh. Dengan daya tahan tubuh yang kuat, perut kembung disertai demam pada anak dapat ditekan resikonya seminimal mungkin. Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan Ahli Nutrisi Alami Friso (ANA) yang ada di pojok kanan bawah situs Friso jika Mums memiliki pertanyaan seputar nutrisi anak, ya.