Lompat ke isi utama
ikan gabus

Mums, 4 Manfaat Ikan Gabus Ini Ternyata Penting Bagi Anak Lho

Tak kalah dengan jenis ikan lainnya, ternyata manfaat ikan gabus sangat penting untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak lho

Kita pasti sering mendengar manfaat ikan yang penting untuk kecerdasan otak. Beberapa jenis ikan yang sering jadi pilihan Mums di antaranya salmon, tuna, nila, makarel, bawal, mas, dan mujair. Namun tahukah Mums, ternyata ada satu jenis ikan yang tak kalah bermanfaat untuk mendukung kesehatan dan tumbuh kembang anak, yaitu ikan gabus. 

Manfaat ikan gabus ternyata tidak boleh disepelekan begitu saja lho, Mums. Sebab, ikan yang satu ini mengandung senyawa albumin yang sangat tinggi. Albumin merupakan salah satu jenis protein yang memiliki segudang manfaat, salah satunya untuk membantu mempercepat proses penyembuhan luka. Manfaat ikan gabus ini cukup penting untuk kesehatan tubuh anak-anak. 

Tak hanya itu, manfaat ikan gabus juga bisa didapatkan oleh buah hati Mums jika mengonsumsinya secara tepat dan sesuai batas normal. Seperti yang diketahui, ikan termasuk sumber protein hewani yang dibutuhkan untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak, begitu pula dengan ikan gabus. 

Oleh karena itu, tak ada salahnya Mums sesekali mengolah ikan air tawar ini sebagai menu makanan bergizi untuk anak agar ia mendapatkan manfaat ikan gabus yang optimal. Nah, di artikel ini akan dijelaskan mengenai manfaat ikan gabus beserta ide resep olahannya yang lezat. Akan tetapi, kita simak dulu kandungan nutrisi dalam ikan gabus, yuk! 

Kandungan Nutrisi dalam Ikan Gabus

Manfaat ikan gabus tentu tak lepas dari beragam kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Itulah sebabnya, penting bagi Mums untuk mengetahui dulu zat gizi makro maupun zat gizi mikro yang terkandung dalam ikan yang satu ini. 

Menurut laman resmi Data Komposisi Pangan Indonesia dari Kementerian Kesehatan RI, dalam 100 gram ikan gabus segar mengandung sejumlah nutrisi berikut ini: 

  • Air : 79,6 gram
  • Energi : 80 kal
  • Protein : 16,2 gram
  • Lemak : 0,5 gram
  • Karbohidrat : 2,6 gram
  • Kalsium : 170 mg
  • Fosfor : 139 mg
  • Zat besi : 0,1 mg
  • Natrium : 65 mg
  • Kalium : 254 mg
  • Tembaga : 0,3 mg
  • Seng (Zinc) : 0,4 mg
  • Vitamin A : 335 mcg
  • Vitamin B1 : 0,4 mg
  • Vitamin B2 : 0,2 mg
  • Vitamin B3 : 0,1 mg

Walaupun kita tahu penampilan ikan air tawar ini sedikit ‘menyeramkan’ karena bentuk kepalanya seperti ular, namun manfaat ikan gabus tak kalah penting dibandingkan jenis ikan lainnya. Untuk mengetahui lebih jelas, di bawah ini ada beberapa manfaat ikan gabus yang perlu Mums ketahui. 

Manfaat Ikan Gabus untuk Anak 

Berikut ini beberapa manfaat ikan gabus yang penting bagi kesehatan anak, antara lain: 

  • Meningkatkan pertumbuhan tulang

    Sama seperti jenis ikan lainnya, manfaat ikan gabus yang pertama yaitu dapat membantu meningkatkan pertumbuhan tulang anak. Manfaat ini bisa didapatkan berkat kandungan protein di dalamnya yang cukup tinggi. Protein merupakan zat gizi makro yang berperan penting untuk membangun dan memelihara sel-sel serta jaringan tubuh, termasuk tulang dan gigi. 

    Manfaat ikan gabus ini juga didukung oleh kandungan kalsium sebagai mineral yang membantu memperkuat dan menjaga kesehatan tulang, terutama bagi anak-anak yang sedang dalam masa tumbuh kembang. 

    Namun, ikan gabus bukan satu-satunya makanan tinggi protein dan kalsium yang penting bagi buah hati Mums. Sebab, ada jenis makanan lain yang dapat meningkatkan pertumbuhan dan kekuatan tulang anak, salah satunya adalah susu bubuk pertumbuhan. Nah, susu FRISO Gold 4 merupakan susu kaya protein dan kalsium yang penting untuk tumbuh kembang anak usia 3-6 tahun. 

  • Mempercepat penyembuhan luka

    Seperti yang telah disebutkan, manfaat ikan gabus yang sangat penting yaitu dapat mempercepat penyembuhan luka berkat kandungan senyawa albuminnya yang cukup tinggi. Albumin adalah protein utama di dalam darah manusia. Secara alami, protein ini dapat diproduksi oleh hati. Namun, biasanya pemberian albumin juga bisa dari luar yang berbentuk makanan maupun suplemen untuk mempercepat penyembuhan. 

    Melansir laman resmi Hellosehat.com, kandungan albumin dalam ikan gabus akan membantu meningkatkan kadar albumin tubuh menjadi lebih normal. Bahkan, konsumsi multivitamin konsentrat ikan gabus secara rutin dapat mempercepat penyembuhan luka pada pasien pasca-operasi, namun pemberian multivitamin ini harus sesuai dengan anjuran dokter. 

  • Membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh

    Selain dapat mempercepat penyembuhan luka, senyawa albumin dalam ikan gabus juga berfungsi untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Manfaat ikan gabus ini berguna jika anak-anak maupun orang dewasa mengalami kondisi cairan dalam tubuh yang kurang. Sebab, protein yang masuk ke dalam tubuh anak akan pecah sehingga tidak dapat berfungsi secara normal.

    Selain itu, albumin juga membantu menjaga cairan dalam darah agar tidak bocor ke jaringan tubuh yang lain. Apabila tubuh kekurangan albumin atau disebut juga dengan istilah hipoalbuminemia, akibatnya cairan bisa bocor ke jaringan tubuh lain. Maka dari itu, asupan albumin perlu ditambah dari makanan yang tinggi albumin, suplemen, atau lain sebagainya.

  • Meningkatkan kesehatan otak

    Manfaat ikan gabus yang satu ini juga penting untuk mendukung tumbuh kembang anak. Manfaat ini bisa didapatkan berkat kandungan protein, asam lemak omega 3 dan omega 6 di dalam ikan. Seperti yang diketahui, dalam masa pertumbuhan, otak anak sedang berkembang dengan pesat sehingga membutuhkan asupan nutrisi berkualitas, salah satunya dari olahan ikan. 

    Meskipun penting untuk kesehatan otak, Mums tetap harus memberikan olahan ikan gabus sesuai batas normal dan tidak berlebihan. Selain itu, penting untuk menyeimbangkan asupan nutrisi dari jenis makanan lainnya, terutama makanan yang bergizi seimbang. Salah satu nutrisi yang dapat mendukung kesehatan otak anak adalah susu FRISO Gold 4

Selain yang telah disebutkan, manfaat ikan gabus juga penting untuk kesehatan jantung, membantu mencegah radikal bebas, menjaga kesehatan mata, melancarkan pencernaan, mendukung asupan nutrisi berkualitas, dan lain sebagainya. Setelah mengetahui manfaat ikan gabus, mungkin sebagian Mums ingin mengolah ikan yang satu ini menjadi sajian yang lezat. 

Tips Mengolah Ikan Gabus untuk Anak

Melihat kandungan nutrisi dan manfaat ikan gabus yang cukup beragam, tentu membuat ikan ini berpotensi untuk dijadikan berbagai produk olahan yang lezat dan bergizi. Sama seperti jenis ikan lainnya, ikan gabus bisa Mums olah menjadi abon, nugget, otak-otak, dan hidangan lainnya. 

Namun, untuk mendapatkan manfaat ikan gabus yang optimal, maka Mums perlu mengolah ikan air tawar ini secara tepat guna menjaga gizi di dalamnya. Sebaiknya Mums hindari memasak dan memanaskan ikan gabus lebih dari satu kali agar nutrisi alami di dalamnya tidak rusak sehingga lebih mudah dicerna oleh anak. 

Di samping konsumsi ikan gabus, anak-anak juga perlu mendapatkan asupan nutrisi yang mencakup protein, karbohidrat, serat, lemak, serta beragam vitamin dan mineral dari makanan bergizi lainnya, seperti susu FRISO Gold 4 yang mengandung nutrisi alami, tanpa perisa, bebas sukrosa, dan tetap memiliki rasa yang enak. 

Susu FRISO Gold 4 merupakan susu bernutrisi tinggi yang terbuat dari susu sapi dengan proses pengolahan satu kali (single process) sehingga nutrisi alami di dalamnya tidak rusak dan lebih maksimal dicerna oleh anak. Selain itu, susu FRISO Gold 4 juga diperkaya dengan kandungan prebiotik, probiotik, nukleotida, vitamin, dan mineral tinggi yang didukung oleh teknologi Locknutri untuk menjaga kualitas nutrisi alami susu sehingga mudah diserap tubuh si Kecil agar membantunya kuat dari dalam.

 

Disadur dari berbagai sumber dan ditinjau Oleh: dr. Rulli P.A Situmorang