Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Mums, Begini Cara Melancarkan Pencernaan si Kecil secara Alami

Mums, Begini Cara Melancarkan Pencernaan si Kecil secara Alami

Kesehatan si Kecil selalu jadi perhatian utama setiap orang tua. Si Kecil yang memiliki badan sehat, idealnya mampu tumbuh dan berkembang dengan optimal. Tentu saja kesehatan ini akan dipengaruhi oleh sistem pencernaan yang baik dan kebersihan lingkungan si Kecil berada. Lalu bagaimana jika si Kecil mengalami gangguan pencernaan? Adakah cara melancarkan pencernaan si kecil secara alami?
Masalah pencernaan pada si Kecil bisa disebabkan oleh berbagai hal. Mulai dari makanan yang kurang higienis hingga kesalahan pola makan. Bisa juga, permasalahan pencernaan yang dialami si Kecil diakibatkan oleh kelainan yang dideritanya. Untuk penyebebab terakhir, sangat disarankan untuk segera menghubungi dokter anak kepercayaan Mums untuk berkonsultasi.
Namun jika penyebabnya adalah terkait makanan atau aktivitas, terdapat beberapa cara alami yang bisa digunakan untuk menyikapi hal tersebut. Demi kesehatan pencernaan pada si Kecil, berikut cara melancarkan pencernaan yang bisa dicoba.

Lemon

Air lemon dikenal dapat membantu kesehatan pencernaan si Kecil. Ketika si Kecil mengalami kesulitan buang air besar, Mums bisa memberikan air lemon padanya. Berikan sedikit pemanis seperti madu atau gula agar si Kecil dapat menelannya. Air lemon dapat memicu gerakan perutnya sehingga pencernaan yang terhambat bisa menjadi lancar. 

Madu

Siapa tak kenal jenis bahan konsumsi yang satu ini? Madu, dalam konteks kesehatan pencernaan, ternyata juga bisa membantu si Kecil menjaga kesehatan sistem pencernaannya. Berbagai nutrisi yang terkandung dapat memberikan apa yang diperlukan tubuh untuk tumbuh secara optimal serta menguatkan pertahanan tubuh si Kecil. Berikan satu atau dua sendok madu pada si Kecil sebelum sarapan, maka permasalahan pencernaannya bisa teratasi.

Air Mineral

Banyak orang tua yang tidak menghiraukan pentingnya air mineral untuk kesehatan pencernaan si Kecil. Padahal, konsumsi air mineral yang cukup akan sangat membantu menstabilkan kadar cairan tubuh, yang secara langsung dapat pula mendorong kesehatan pencernaan si Kecil. Mums, jangan lupa berikan air mineral dengan jumlah yang cukup disamping semua minuman yang dikonsumsinya ya.

Gerakan Aktif

Tidak sedikit permasalahan pencernaan si Kecil yang bermula pada kurangnya gerak aktif. Ketika si Kecil kurang bergerak, maka bagian perutnya tidak akan bergerak secara optimal. Hal ini akan memicu sulitnya BAB pada si Kecil. Pastikan si Kecil selalu bergerak aktif dan intens agar tubuhnya selalu sehat. Selain itu, gerakan ini juga bisa merangsang keinginan si Kecil untuk BAB sehingga akan semakin lancar.

Mandi Air Hangat

Setelah beraktivitas, lanjutkan dengan mandi air hangat. Tentu, harus ditunggu setelah keringat si Kecil kering dulu ya Mums. Selain menjaga kebersihan badan si Kecil, mandi air hangat juga berkhasiat untuk memberikan rasa nyaman pada bagian perut si Kecil agar gerakan perutnya bisa optimal. Biasanya, setelah mandi air hangat si Kecil akan merasakan dorongan ingin BAB.

Konsumsi Serat

Solusi paling klasik pada semua permasalahan pencernaan, konsumsi buah dan sayur. Ketika si Kecil sudah siap mengkonsumsi makanan padat, Mums bisa memberikan kombinasi buah dan sayur pada menu makanannya. Tujuannya jelas, memberikan asupan serat yang cukup pada tubuh si Kecil yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan sistem pencernaannya.
Lakukan kombinasi dengan berbagai buah dan sayur sehingga si Kecil tidak cepat merasa bosan. Kreasikan bahan yang ada agar terlihat lebih menarik dan menggugah selera si Kecil ketika menyantapnya.

Pisang

Satu buah yang memiliki rasa lezat dan kaya manfaat. Pisang bisa menjadi salah satu solusi menjaga kelancaran pencernaan si Kecil. Teksturnya yang lembut juga memungkinkan dikonsumsi oleh si Kecil pada kisaran usia 1 hingga 3 tahun. Berikan buah pisang pada pagi hari sebelum sarapan untuk mendapatkan manfaat yang maksimal pada lancarnya BAB si Kecil.

Petroleum Jelly

Solusi terakhir, dan mungkin sedikit unik, adalah dengan memberikan petroleum jelly. Tidak untuk dikonsumsi, melainkan untuk di bagian ‘belakang’ si Kecil. Logikanya, setelah diolesi petroleum jelly maka bagian belakang tersebut akan menjadi lebih fleksibel dan lunak. Sehingga akan memudahkan keluarnya sisa pencernaan yang tadinya sulit untuk dibuang. Oleskan secukupnya dan segera bilas jika si Kecil merasa tidak nyaman.

Kesehatan pencernaan si Kecil banyak dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsinya. Kebersihan dan higienitas makanan, serta variasi menu buah, sayur, dan daging harus selalu dipastikan demi kesehatan pencernaan dan terpenuhinya nutrisi yang diperlukan si Kecil pada masa pertumbuhannya.
Untuk anak usia 1 hingga 3 tahun, Mums bisa memberikan Friso Gold 3. Friso Gold 3 memiliki teknologi Locknutri, yang melindungi nutrisi dalam kondisi alami selama proses produksi susu, tanpa pemanasan berlebih. Dengan Locknutri, kandungan protein di dalam susu tetap terjaga, sehingga nutrisi dalam kondisi alami dan mudah diserap oleh si Kecil . Untuk pertanyaan lebih lanjut mengenai nutrisi si Kecil, Mums juga bisa berkonsultasi secara langsung melalui live chat dengan Ahli Nutrisi Alami Friso (ANA) pada situs resmi Friso.

Selamat! Mums beruntung berkesempatan mendapatkan Free Sample dari Friso!

Daftar Sekarang