Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Mums, Begini Cara Menasehati Anak agar Nurut dan Tidak Membantah

Mums, Begini Cara Menasehati Anak agar Nurut dan Tidak Membantah

Permasalah ketidakpatuhan pada anak-anak tidak hanya dialami satu atau dua orang tua, namun memang menjadi permasalah umum untuk hampir setiap orang tua. Si Kecil yang tidak patuh, terkadang memang menjadi hal yang menjengkelkan dan memicu emosi. Sebenarnya ada tips mudah untuk membuat si Kecil menjadi anak yang patuh. Cara menasehati anak agar nurut sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan.

Tidak dapat dipungkiri memang, sebagai orang tua, refleks pertama yang biasanya menjadi respon atas ketidakpatuhan si Kecil adalah berbicara dengan nada yang tinggi. Tujuannya agar si Kecil memperhatikan apa yang disampaikan orang tua. Cara ini mungkin saja dapat menarik perhatian si Kecil, namun sebenarnya tidak disarankan karena justru akan membuat si Kecil makin bandel.

Hal yang harus selalu diingat oleh Mums adalah bahwa si Kecil masih anak-anak. Si Kecil belum memiliki kemampuan fokus, mengingat dan berperilaku seperti orang dewasa. Kapasitas yang dimiliki si Kecil masih terbatas dan perlu diberikan stimulus agar bisa tumbuh dan berkembang. Ini yang menjadi faktor utama si Kecil terkadang sulit diberi tahu atau menurut apa yang dikatakan orang tuanya.

Terdapat beberapa cara menasehati anak agar nurut yang sederhana dan Mums coba. Meski tidak serta merta menghasilkan perubahan, cara ini sangat efektif ketika dilakukan berulang kali dan rutin, sehingga si Kecil akan lebih mudah mengingatnya.

Sampaikan Nasehat dengan Jelas

Ketika menyampaikan nasehat, Mums sebaiknya menyampaikannya dengan jelas dan rinci. Selain agar si Kecil memahami benar konteks yang disampaikan, hal ini juga baik untuk melatih ingatan dan pemahaman si Kecil. Nasehat yang Mums sampaikan misalnya, harus sesuai dengan apa yang sedang dilakukan si Kecil yang dianggap keliru.

Selain itu, bisa juga disampaikan konsekuensi yang akan dihadapi si Kecil jika berlaku tidak patuh. Misalnya Mums akan mengambil mainan yang menjadi favoritnya jika si Kecil tidak mau mandi sore hari. Atau mungkin Mums akan mengurangi makanan kesukaannya, dan menggantinya dengan makan yang tidak disukai si Kecil. Namun demikian, pastikan apa yang Mums sampaikan tidak bernada mengancam, tapi cenderung mengingatkan.

Ambil Perhatian dengan Cara Cerdas

Berteriak kepada si Kecil mungkin jadi pilihan banyak orang tua untuk mengambil perhatian si Kecil dari hal yang dilakukannya ketika tengah dinasehati. Namun demikian, seperti yang telah disampaikan pada bagian awal artikel, berteriak tidak memberikan efek baik untuk jangka panjang. Justru hal ini bisa memicu perilaku membangkang dari si Kecil dan menjadi semakin bandel.

Alih-alih berteriak, Mums bisa dengan lembut meraih bahunya dan membuat si Kecil berhadapan secara langsung. Dengan begini perhatian si Kecil akan lebih terfokus pada apa yang disampaikan Mums dan tidak terdistraksi oleh hal lainnya. Misal si Kecil sedang sibuk bermain game? Mums bisa memposisikan diri diantara si Kecil dan game yang sedang dimainkannya, tentunya dengan suara yang lembut namun tetap tegas.

Berlaku Tegas

Ketika Mums ingin menasehati agar si Kecil tidak terlalu lama menonton TV misalnya, cukup sampaikan hal tersebut sesekali. Nasehat yang berulang, terlebih dengan kata-kata yang sama beresiko akan semakin tidak dihiraukan si Kecil karena merasa bosan pada apa yang disampaikan oleh Mums.

Mums bisa berlaku tegas, dengan menyampaikan nasehat sesekali namun disertai dengan penjelasan konsekuensi. Ketika kemudian si Kecil tetap bandel dan tidak patuh, sikap tegas sebaiknya dilakukan. Sikap tegas yang dimaksud adalah dengan menerapkan konsekuensi yang telah disampaikan sebelumnya.

Perlakukan si Kecil dengan Baik

Jika Mums ingin mendapat respon yang baik dari si Kecil ketika menasehatinya, maka Mums juga harus menyampaikan nasehat tersebut secara baik-baik. Ingat, si Kecil adalah makhluk peniru yang sangat handal. Sikapnya akan mencerminkan bagaimana ia diperlakukan. Idealnya dengan perlakuan yang baik, maka si Kecil juga akan lebih mudah menjadi pribadi yang baik.

Hormati yang ingin disampaikan dan dirasakan si Kecil. Komunikasi Mums dan si Kecil yang terjalin dengan baik bisa meredakan berbagai masalah yang mungkin timbul karena kesalahpahaman atas tidak patuhnya si Kecil pada Mums.

Cara menasehati anak agar nurut seperti yang disampaikan di atas bisa Mums coba pada si Kecil yang mungkin kurang patuh. Hasilnya tentu memerlukan sedikit waktu, namun ketika telah diterima, sikap si Kecil akan semakin baik dan patuh pada apa yang Mums katakan.

Selain itu, pastikan juga Mums memberikan nutrisi yang diperlukannya untuk tumbuh dan berkembang. Si Kecil yang sehat secara fisik dan mental tentu menjadi cita-cita banyak orang tua. Berikan Friso Gold 4 untuk memenuhi nutrisi yang diperlukan si Kecil. Dengan teknologi Locknutri, Friso Gold 4 mampu menjaga kualitas alami nutrisi tidak berubah saat proses pemanasan, sehingga mudah dicerna oleh tubuh si Kecil. Mums juga bisa berkonsultasi dengan Ahli Nutrisi Alami Friso (ANA) langsung pada situs resminya.

 

Selamat! Mums beruntung berkesempatan mendapatkan Free Sample dari Friso!

Daftar Sekarang