Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Mums, Kenali 4 Penyebab Umum Sakit Perut Anak Berikut Ini

Mums, Kenali 4 Penyebab Umum Sakit Perut Anak Berikut Ini

Daya tahan tubuh si Kecil yang belum terbentuk sempurna, serta rentannya gangguan pencernaan yang dimiliki si Kecil sering kali jadi penyebab sakit perut yang muncul. Penyakit seperti diare misalnya, jadi salah satu hal pertama yang terpikirkan oleh Mums ketika si Kecil mengalami sakit perut. Pada kenyataannya, sakit perut pada anak bisa disebabkan berbagai hal.
Baik dilihat dari sisi medis maupun psikis, sakit perut bisa disebabkan berbagai hal. Sama seperti yang terjadi pada orang dewasa, tak jarang ketika stres menyerang perut akan terasa sakit dan tidak nyaman. Tentu hal ini tidak ada hubungannya dengan kebutuhan untuk buang air besar, namun murni efek dari stres yang muncul.
Pada anak-anak, hal yang sama juga bisa saja terjadi. Si Kecil yang berada di lingkungan baru bisa mengalami stres dan perasaan kurang nyaman. Hal ini dapat memicu timbulnya sakit perut, dan tentu saja, membuat si Kecil rewel. Untuk penyebab yang satu ini, Mums harus pandai-pandai mengidentifikasinya agar tidak terjadi salah persepsi.
Selain itu, terdapat beberapa penyebab sakit perut anak yang lain. Untuk mengetahui lebih jauh, simak penjelasannya di bawah ini ya Mums.

Makan Terlalu Banyak

Ketika menemui makanan yang disukainya, wajar jika si Kecil antusias dan makan dalam porsi yang lebih banyak dari biasanya. Saat hal ini terjadi, Mums sebaiknya dapat mengontrol porsi makanan yang dilahap si Kecil. Bukan bermaksud untuk menghalangi si Kecil dari makanan yang disukainya, namun lebih kepada antisipasi agar perut si Kecil tidak bermasalah.
Makan secara berlebihan dapat memicu sakit perut. Sistem pencernaan si Kecil, dan bahkan orang dewasa, memiliki kapasitas maksimal yang bisa dicerna. Jika kapasitas ini terlampaui, maka kerja sistem pencernaan akan menjadi berat. Hasilnya bisa ditebak, sakit perut dan perasaan tak nyaman pada perut akibat terlalu penuh.

Konstipasi

Konstipasi juga jadi penyebab sakit perut yang paling sering dirasakan si Kecil. Gejala awalnya adalah frekuensi buang air besar yang berkurang, serta tidak lancarnya proses BAB tersebut. Penyebab paling umum adalah kurangnya konsumsi air putih pada si Kecil. Selain itu, kurangnya makanan berserat juga bisa memicu munculnya konstipasi ini.
Pastikan si Kecil mengkonsumsi cukup air putih dan makanan berserat seperti buah dan sayuran. Dengan begini, sistem pencernaannya cenderung akan lebih sehat, serta buang air besar menjadi lebih lancar.

Intestinal Gas

Makanan yang dikonsumsi si Kecil, sedikit atau banyak akan menghasilkan gas ketika diolah dalam sistem pencernaan. Ketika gas yang dihasilkan terlalu banyak dan gagal untuk keluar, maka si Kecil akan merasakan sakit perut. Selain makanan dengan kandungan gas yang banyak, cara makan juga sangat berpengaruh.
Cara makan yang terburu-buru akan membuat gas yang dihasilkan dari pencernaan tidak memiliki kesempatan untuk keluar. Untuk itu, ketika sedang makan, Mums bisa mengatur tempo makan si Kecil. Tidak perlu buru-buru dan lakukan secara perlahan. Selain memastikan tak ada gas yang terperangkap dalam lambung, hal ini juga akan membuat si Kecil mengunyah makanan lebih lama. Dengan begini kerja sistem pencernaan akan lebih ringan dan penyerapan nutrisi makin optimal.

Mabuk Perjalanan

Untuk penyebab yang satu ini, tidak hanya muncul pada si Kecil namun juga pada orang dewasa. Ketika menaiki kendaraan, baik itu mobil, pesawat atau kapal laut, tak jarang rasa mual dan sakit perut dirasakan oleh si Kecil. Umumnya sakit perut akibat mabuk perjalanan ini disebabkan oleh pola pikir si Kecil dan sensasi yang ditimbulkan ketika menaiki kendaraan.
Untuk mengatasinya Mums bisa mengajak si Kecil keluar sejenak untuk menghirup udara segar. Jika tidak memungkinkan, berikan si Kecil makanan ringan yang rasanya asin dan minum yang cukup. Mengapa makanan asin? Karena makanan asin akan menekan rasa mual dan sakit perut yang dialami si Kecil.
Solusi lain adalah dengan melakukan pembiasaan. Gejala sakit perut yang muncul akibat mabuk perjalanan akan berkurang seiring berjalannya waktu jika si Kecil terbiasa menaiki kendaraan. Perjalanan darat, laut maupun udara yang dilakukans secara rutin membuat si Kecil terbiasa dengan sensasi yang diterimanya, sehingga akan mengurangi sakit perut yang muncul.

Petualangan dan tumbuh kembang si Kecil tentu akan terganggu jika sakit perut ini selalu muncul ketika si Kecil beraktivitas. Pola hidup sehat serta konsumsi makanan bernutrisi bisa jadi awal yang baik untuk menghindarkan si Kecil dari sakit perut berkelanjutan yang disebabkan berbagai hal di atas.
Mums juga bisa memberikan Friso Gold 4 agar kebutuhan nutrisi si Kecil terpenuhi. Dengan kandungan ALA dan LA, Prebiotik dan Probiotik, serta Nukleotida, Vitamin A, C, E Zinc dan Selenium, Friso Gold 4 berperan secara aktif untuk membangun daya tahan tubuhnya dari dalam. Selain itu, dengan teknologi Locknutri, Friso Gold 4 juga menjaga kualitas alami nutrisi sehingga tidak berubah saat proses pemanasan dan membuat nutrisinya mudah diserap tubuh si Kecil.

Jangan lupa untuk berkonsultasi secara langsung jika Mums memiliki pertanyaan terkait nutrisi si Kecil dengan Ahli Nutrisi Alami Friso (ANA) pada situs resmi Friso melalui fitur Live Chat.

Selamat! Mums beruntung berkesempatan mendapatkan Free Sample dari Friso!

Daftar Sekarang