Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Mums, Penuhi Kebutuhan Anak pada Setiap Fase Tumbuh Kembangnya Ya!

Mums, Penuhi Kebutuhan Anak pada Setiap Fase Tumbuh Kembangnya Ya!

Untuk Mums yang baru saja melahirkan, tentu rasa bahagia masih menjadi perasaan utamanya. Kehadiran anggota baru dalam rumah tangga kecil akan menjadikan hari-hari di rumah semakin seru. Namun yang harus Mums selalu ingat, si Kecil juga akan mengalami pertumbuhan terus menerus. Setiap fasenya akan memerlukan berbagai kebutuhan anak yang berbeda.
Memang merasa bahagia tentu sudah pasti, tapi ada baiknya juga jika Mums mempersiapkan berbagai hal yang dibutuhkan si Kecil. Pada artikel ini akan sedikit digambarkan apa saja yang diperlukan si Kecil, setidaknya hingga usia 3 tahun. Mengingat hingga usia ini si Kecil akan mengalami tumbuh kembang yang sangat signifikan, sangat dianjurkan agar Mums menyiapkan segala hal yang diperlukan si Kecil.
Jika dilihat secara umum, yang diperlukan si Kecil sejak awal dia lahir ke dunia tentu adalah kasih sayang Mums dan asupan ASI yang cukup. Baru kemudian, ketika si Kecil mulai  belajar bergerak lebih aktif dan merangkak, Mums bisa mengajak anggota keluarga lain untuk menyiapkan ‘medan latihan’ untuk si Kecil di area dalam rumah.

Lebih lengkap, tiga pembagian fase pertumbuhan si Kecil di bawah ini diharapkan bisa memberi gambaran umum. Simak dan cermati ya Mums.

Fase Usia 0 – 6 Bulan

Ketika si Kecil lahir ke dunia, hal pertama yang akan didapatkannya tentu adalah kasih sayang Mums yang sangat besar. Hal tersebut tidak perlu diragukan dan dibahas lagi nampaknya. Untuk asupan nutrisi dan makan si Kecil, Mums sebenarnya cukup memberikan ASI secara teratur. Kandungan nutrisi yang ada pada ASI yang Mums berikan sudah mencukupi apa yang diperlukan si Kecil.
Selain itu, karena si Kecil akan terus menerus memerlukan ASI, Mums juga sebaiknya menyiapkan popok. Mums bisa memakaikan popok baik yang tradisional atau yang sekali pakai, agar Mums tidak perlu repot ketika si Kecil harus buang air besar. Hal ini mengingat si Kecil belum mampu memberikan tanda apapun ketika ia akan BAB.  Memakaikan popok padanya akan sangat membantu Mums dan si Kecil sehingga aktivitas akan menjadi lebih praktis.

Fase Usia 7 – 12 Bulan

Memasuki usia 7 hingga 12 bulan apa yang diperlukan si Kecil? Tentu asupan makanan. ASI masih menjadi asupan yang bisa Mums berikan. Namun demikian, pencernaan si Kecil pada usia ini sudah mulai terbentuk dan lebih kuat dibandingkan ketika usianya kurang dari 6 bulan. Oleh karenanya Mums bisa memberikan makanan pendamping ASI, atau biasa dikenal dengan MPASI sebagai pelengkap.
Mums juga akan mendapati si Kecil mulai aktif bergerak dan banyak berusaha memegang segala macam hal yang ada di sekitarnya. Agar bisa memberikan stimulasi yang baik, Mums bisa menyiapkan berbagai mainan sederhana untuk membantu si Kecil belajar. Misalnya saja seperti sorting box atau stacking box yang bisa Mums dapatkan dengan mudah.
Satu lagi yang wajarnya sudah mulai si Kecil coba pada usia ini adalah merangkak. Si Kecil yang belajar merangkak perlu benar-benar mendapat perhatian agar tidak terjadi cidera. Tentu saja, rasa ingin tahu si Kecil yang besar akan mendorongnya untuk merangkak ke semua arah yang bisa ia temukan. Mums dan keluarga bisa bekerja sama untuk menyiapkan rumah agar lebih ramah pada aktivitas si Kecil. Misalnya dengan menutup sudut tajam serta menghindarkannya dari benda berbahaya.

Fase Usia 1 – 3 Tahun

Periode emas pertumbuhan si Kecil akan terjadi pada fase ini. Mengapa demikian? Karena si Kecil akan sangat aktif bergerak, banyak belajar mengenai kata baru dan hitung-hitungan dasar, pengenalan berbagai objek dan sebagainya. Masa ini merupakan masa yang sangat tepat untuk memberikan stimulasi pada si Kecil, baik melalui kegiatan maupun asupan nutrisi.
Kegiatan yang bisa Mums jadikan pilihan misalnya bermain bersama, mengenalkan pada berbagai warna dan objek, belajar mengenali huruf dan angka, bahkan mungkin mengajaknya memasak di dapur. Beberapa kegiatan tersebut bisa lebih optimal dengan memberikan asupan nutrisi yang lengkap baik dari makanan atau minuman yang dikonsumsi.

Untuk memaksimalkan tumbuh kembang si Kecil, pemenuhan nutrisi serta kegiatan yang efektif merupakan kombinasi yang sangat tepat. Yang harus selalu Mums ingat adalah kebutuhan anak tidak hanya sekedar barang saja, namun juga hal-hal tidak berbentuk seperti waktu serta perhatian. Jika setiap hal tersebut dipenuhi, si Kecil akan tumbuh optimal.

Jangan lupa ya Mums untuk dukung tumbuh kembang si Kecil dengan memberikan Friso Gold 3. Kandungan nutrisi-nya yang sangat lengkap serta rasa yang disukai si Kecil, ia akan mendapatkan semua manfaat baik yang diperlukannya dan membuatnya kuat dari dalam. Teknologi Locknutri menjaga agar kualitas alami nutrisi tetap terjaga dan tidak rusak akibat proses pemanasan. Lalu, jika Mums memiliki pertanyaan terkait nutrisi si Kecil, Mums bisa secara langsung menanyakan pada Ahli Nutrisi Alami Friso (ANA) yang terdapat di pojok kanan bawah situs Friso.