Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Mums, Simak 5 Penyebab Anak Sulit Bersosialisasi dan Solusinya Berikut Ini Ya!

Mums, Simak 5 Penyebab Anak Sulit Bersosialisasi dan Solusinya Berikut Ini Ya!

Masa bermain anak-anak umumnya akan dibarengi dengan kemampuannya untuk bersosialisasi dan menjalin pertemanan. Beberapa memang terlahir dengan bakat tersebut sehingga tidak pernah mengalami kesulitan untuk bersosialisasi. Namun bagaimana jadinya jika si Kecil mengalami kesulitan bersosialisasi? Apa penyebab anak sulit bersosialisasi dan bagaimana solusinya?
Selain faktor bakat, sebenarnya faktor lingkungan juga sangat menentukan kemampuan si Kecil dalam bersosialisasi dan menjalin pertemanan. Seperti kita ketahui bersama, si Kecil merupakan ‘makhluk’ peniru yang amat handal. Apapun yang dilihat atau dialaminya, akan terekam dan secara langsung berpengaruh pada perkembangan mental si Kecil.
Untuk lebih jelasnya, yuk Mums simak poin-poin di bawah ini. Setiap poin akan dijelaskan apa yang menjadi penyebab dan bagaimana caranya mengatasi si Kecil yang sulit bersosialisasi.

Contoh Baik

Seperti yang dibahas pada bagian awal, si Kecil merupakan peniru yang ulung. Apapun yang dilihatnya akan coba ia tirukan, karena begitulah cara si Kecil belajar. Tentu kemudian sangat penting berkelakuan dan bersikap baik di depan si Kecil agar ia dapat mencontoh hal tersebut. Begitu pula dengan perkataan yang Mums ucapkan.
Penyebab anak sulit bersosialisasi salah satunya adalah kurangnya role model yang dapat menunjukkan hal tersebut secara langsung. Ini mengapa, Mums perlu mengajak si Kecil ketika Mums akan bertemu dengan teman atau kerabat, agar si Kecil dapat melihat secara langsung bagaimana cara bersosialisasi yang ideal.

Kebebasan Berekspresi dan Dukungan Orang Sekitar

Poin ini berkaitan dengan rasa percaya diri yang ada dalam diri si Kecil. Ketika si Kecil memiliki ruang untuk mengekspresikan apa yang ia rasa dan pikirkan, maka si Kecil cenderung akan menjadi pribadi yang lebih terbuka dan mudah beradaptasi. Hal ini akan semakin baik, jika Mums dan keluarga kecil turut memberikan dukungan pada si Kecil yang mengapresiasi apa yang dilakukannya.
Si Kecil akan mengalami kesulitan bersosialisasi ketika ia tidak memiliki ruang untuk mengungkapkan apa yang dirasakannya. Rasa percaya dirinya akan terhambat, sehingga si Kecil jadi pribadi pendiam dan tertutup. Faktor lingkungan kehidupan si Kecil, terutama keluarga dekat, sangat dapat membantu ketika si Kecil mulai menunjukkan tanda-tanda kekurangan percaya diri. Berikan si Kecil ‘panggung’ untuk tampil dan apresiasi dengan masukan dan pujian yang sesuai.

Protektif

Mums tentu tidak menginginkan sesuatu yang buruk terjadi pada si Kecil, dalam hal apapun. Hal ini terkadang menimbulkan sifat protektif yang berlebihan pada diri Mums sehingga justru dapat menghalangi upaya si Kecil untuk mencoba hal baru. Protektif bukanlah hal yang buruk tentu, namun harus di manage pada takaran yang tepat.
Berikan si Kecil kebebasan untuk  mencoba hal baru dan berinteraksi dengan orang lain. Sikap protektif bisa diwujudkan dalam bentuk pengawasan, dan tetap menjaga si Kecil dalam jangkauan Mums. Si Kecil yang mencoba bersosialisasi sendiri akan memiliki inisiatif yang baik sehingga bisa terus berkembang dengan optimal.
Interaksi sederhana yang biasanya bisa si Kecil coba sendiri adalah membayar makanan yang ia beli, mengucapkan terimakasih pada orang yang memberinya sesuatu, menyapa teman dan orang yang dikenal serta menghubungi temannya. Selain akan menumbuhkan kemampuan bersosialisasi, hal ini juga akan memupuk sifat mandiri dalam diri si Kecil.

Aktivitas Kelompok

Kekurangan aktivitas berkelompok menjadi salah satu penyebab anak sulit bersosialisasi yang sering terlupakan. Padahal hal ini diperlukan untuk mempertemukan si Kecil dengan lingkungan baru dan beraktivitas bersama. Dengan melakukan aktivitas bersama, yang tentunya juga bermanfaat dan disukai si Kecil, maka ia akan belajar bersosialisasi secara alami.
Aktivitas bersama menuntut interaksi antar anak untuk mencapai tujuan. Misalnya saja dengan mengikuti klub olahraga seperti sepak bola. Si Kecil akan belajar bagaimana cara berkomunikasi dan menyampaikan apa yang ada di pikirannya pada teman-temannya, sehingga akan terjalin kerjasama yang sinkron dan dapat mencetak gol.

Postur Tubuh yang Ideal

Jika si Kecil memiliki postur tubuh ideal maka dengan sendirinya rasa percaya diri akan muncul. Rasa percaya diri jadi modal utama dalam melakukan sosialisasi dengan lingkungan, sehingga penting untuk terus dipupuk. Untuk mendapatkan postur tubuh yang ideal, si Kecil juga harus memiliki aktivitas fisik yang baik serta asupan nutrisi yang juga mencukupi kebutuhan tumbuh kembangnya.

Postur tubuh yang kurang ideal bisa jadi satu penyebab anak sulit bersosialisasi karena si Kecil merasa tidak sama dengan teman sebayanya. Untuk membantu si Kecil mendapatkan postur tubuh ideal, Mums bisa memberikan Friso Gold 4 sebagai penyuplai nutrisi yang diperlukan tubuh si Kecil. Friso Gold 4 juga akan membantu si Kecil kuat dari dalam sehingga tak mudah terserang penyakit. Dengan teknologi Locknutri, kualitas alami nutrisi  akan terjaga dan lebih mudah diserap tubuh si Kecil. Ini akan membantu si Kecil agar kuat dari dalam. Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan Ahli Nutrisi Alami Friso (ANA) jika Mums masih memiliki pertanyaan seputar nutrisi si Kecil ya, fitur live chat ini tersedia di situs resmi Friso dan berada di pojok kanan bawah.

Selamat! Mums beruntung berkesempatan mendapatkan Free Sample dari Friso!

Daftar Sekarang