Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Mums, Simak 5 Tips Mendidik Anak di Era Digital Berikut Ini Ya!

Mums, Simak 5 Tips Mendidik Anak di Era Digital Berikut Ini Ya!

Cara mendidik anak menjadi ilmu yang gampang gampang susah untuk dipelajari dan diterapkan. Cara mendidik ketika Mums anak-anak dan kini ketika Mums telah memiliki si Kecil di rumah, tentu tidak dapat disamakan secara total. Terdapat nilai utama yang masih bisa diterapkan. Namun satu dan lain hal, mendidik anak di era digital perlu adaptasi yang baik dengan lingkungan si Kecil.

Ketika Mums berada pada masa kanak-kanak, mungkin belum dikenal luas teknologi yang kini hampir ada disetiap rumah seperti smartphone atau jaringan internet yang luas. Kini, ketika arus informasi semakin cepat dan penyebarannya semakin mudah, Mums dituntut untuk beradaptasi pada keadaan agar tetap dapat membesarkan si Kecil dengan baik.
Tantangan semakin besar ketika Mums juga harus membagi waktu yang Mums miliki, antara bekerja, mengurus si Kecil, serta mengurus keluarga. Tidak heran kemudian Mums menjelma menjadi seorang manusia super, sehingga dapat menaklukkan setiap tantangan yang ada. Mendidik anak di era digital seperti sekarang ini sebenarnya ada tips dan triknya lho Mums. Apa saja tips dan triknya? Simak penjelasan di bawah ini.

Menanamkan Nilai

Hal yang tidak berubah dari aktivitas parenting dari masa ke masa adalah perihal penanaman nilai. Ya, nilai kebaikan yang ditanamkan, akan melekat dalam diri si Kecil dan menjadi pegangannya ketika ia beraktivitas. Ketika Mums telah menanamkan nilai kehidupan yang baik pada si Kecil, maka tantangan lain bisa ditaklukkan dengan cukup mudah.
Nilai ini antara lain adalah kejujuran, kemandirian, keterbukaan, kepedulian, tanggung jawab, kemandirian, serta beberapa nilai penting lain. Memang butuh waktu agar si Kecil dapat memahami arti nilai tersebut. Namun ketika ia berhasil memahami dan menerapkannya, era digital hanya akan memberikan perbedaan lingkungan saja, dimana si Kecil akan dapat beradaptasi dengan baik.

Gadget sebagai Media Pembantu

Tidak sedikit orang tua masa kini yang memilih memberikan anaknya gadget agar anaknya tidak rewel. Padahal, hal ini tidaklah benar dan ideal. Penggunaan gadget yang berlebihan sebagai perangkat utama yang si Kecil gunakan akan menghambat pertumbuhannya. Si Kecil akan terbiasa menjadi ‘penikmat’ dan kurang memiliki kreativitas untuk berekspresi.
Kehadiran gadget agaknya tetap menjadi perangkat tambahan. Aktivitas utama yang dilakukan si Kecil tetap harus merupakan aktivitas belajar secara aktif dan disertai dengan gerak tubuh. Pendampingan Mums dalam pembelajaran aktif akan sangat mendorong tumbuh kembangnya semakin optimal. Libatkan mainan tradisional serta kegiatan fisik seperti olahraga atau yang lainnya.

Pembatasan Waktu Penggunaan

Screen time atau waktu penggunaan gadget harus senantiasa dikontrol. Selain agar kesehatan mata si Kecil tetap terjaga, kontrol pada screen time juga akan memberikan waktu berkualitas pada keluarga Mums. Interaksi yang terjalin dengan hangat di antara setiap anggota keluarga akan memberikan kenyamanan pada diri si Kecil dan membuatnya lebih mudah menyerap pelajaran baru.
Sebisa mungkin upayakan agar si Kecil menghabiskan waktunya dengan berkegiatan tanpa memegang gadget. Baru misalkan setelah malam hari tiba selepas makan malam, si Kecil diperbolehkan bermain gadget beberapa saat. Mums tidak perlu si Kecil ketinggalan teknologi. Ketika waktunya tiba nanti, si Kecil akan dapat menggunakan teknologi dengan baik karena si Kecil pembelajar yang cepat.

Pendampingan

Ketika si Kecil tengah menggunakan gadget, dampingi dan berikan jawaban atas pertanyaan yang keluar dari mulut mungilnya. Si Kecil memiliki rasa ingin tahu yang besar, dan akan sangat mengandalkan Mums sebagai rujukan pertanyaan yang muncul di kepalanya.
Selain itu, dengan mendampingi si Kecil, Mums juga bisa memberikan kontrol pada konten yang diaksesnya. Seperti diketahui bersama, berbagai konten beredar di dunia maya dengan sangat liar dan bisa diakses kapan saja oleh siapa saja. Selalu pastikan agar si Kecil mengakses konten yang sesuai usianya dan memiliki nilai edukatif, sehingga penggunaan gadget akan membawa pengaruh yang positif untuknya.

Bekali dengan Nutrisi yang Cukup

Proses belajar si Kecil tidak pernah berhenti dan akan terus berjalan dengan apapun yang dilakukannya. Ketika si Kecil menggunakan gadget, itu juga akan memberikan pelajaran tertentu pada si Kecil. Tentu saja, agar pembelajarannya berjalan dengan optimal dan menjadi orang yang cepat belajar, pastikan si Kecil mendapat asupan nutrisi yang cukup untuk perkembangan otaknya/

Tips mendidik anak di era digital yang disampaikan di atas sebenarnya tidak sulit dilakukan. Hanya saja Mums memang harus pandai-pandai mengatur waktu, agar kegiatan Mums dan waktu bersama si Kecil bisa seimbang. Jangan lupa juga untuk memberikan asupan nutrisi dari makanan dan minuman bergizi. Mums dapat memberikan Friso Gold 4, sebagai pemenuh kebutuhan nutrisi harian si Kecil. Dengan teknologi Locknutri, kualitas alami nutrisi akan terjaga dan lebih mudah diserap tubuh si Kecil. Ini akan membantu si Kecil agar kuat dari dalam . Mums juga bisa berkonsultasi dengan Ahli Nutrisi Alami Friso (ANA) melalui situs Friso dengan fitur live chat yang tersedia di pojok kanan bawah ya Mums.

Selamat! Mums beruntung berkesempatan mendapatkan Free Sample dari Friso!

Daftar Sekarang