Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Mums, Simak 7 Tips Mendampingi Kegiatan Anak Berikut Ini agar Proses Belajarnya Efektif

Mums, Simak 7 Tips Mendampingi Kegiatan Anak Berikut Ini agar Proses Belajarnya Efektif

Mendampingi kegiatan anak merupakan tanggung jawab orang tua. Berbagai kegiatan seperti bermain bersama keluarga, bermain bersama teman, belajar di lembaga formal, atau beraktivitas di rumah, sangat disarankan agar Mums terus mendampinginya. Selain karena faktor afeksi, pendampingan yang Mums berikan juga dapat memaksimalkan proses belajar si Kecil pada setiap tahap.
Berbagai tips banyak beredar di berbagai situs yang bisa Mums temui dari internet. Tentu, setiap artikel memiliki sudut pandang yang berbeda serta fokusnya masing-masing. Kali ini, artikel akan berpusat pada tips mendampingi kegiatan si Kecil untuk membantu perkembangan otaknya. Jadi tidak membahas kegiatan dan aktivitasnya, namun lebih kepada cara pendampingan pada si Kecil.
Artikel terkait berbagai kegiatan yang dapat membantu tumbuh kembang si Kecil dan merangsang perkembangan otaknya sendiri bisa ditemui pula pada situs ini secara lengkap. Namun sekarang, mari fokus pada cara pendampingan yang baik sehingga si Kecil dapat merasa nyaman dan tumbuh dengan optimal.
Beberapa tips yang bisa segera dipraktekkan, dalam rangka mendampingi si Kecil untuk membantu perkembangan otaknya, adalah sebagai berikut.

Si Kecil sebagai Pusat Perhatian

Memberikan perhatian penuh pada si Kecil yang tengah beraktivitas menjadi prioritas utama dalam daftar kali ini. Mengapa demikian? Karena perhatian yang Mums berikan pada si Kecil dapat memberikan dorongan moril yang sangat berarti. Kepercayaan diri dan keberaniannya tidak akan lepas dari perhatian penuh yang didapatkan dari Mums secara langsung.
Selalu ada untuk si Kecil ketika ia membutuhkan Mums menjadi salah satu bentuk perhatian penuh padanya. Berikan support yang diperlukan, sehingga si Kecil bisa lebih menikmati waktu bermain sembari belajar mengenai berbagai hal baru.

Percakapan Intim

Selain memberikan perhatian yang penuh, daftar selanjutnya adalah dengan melibatkan si Kecil dalam percakapan yang intim. Tidak jarang, Mums dan si Kecil memiliki bahasa tersendiri untuk berkomunikasi. Lakukan percakapan secara intens ketika ada kesempatan sehingga si Kecil bisa terus belajar dari apapun yang sedang ia kerjakan.
Tanpa mengurangi fokusnya, Mums bisa berbicara mengenai apa yang tengah dilakukan si Kecil. Cari tahu apa yang dirasakannya ketika bermain, apa yang didapatkannya, siapa yang ditemuinya, rencanakan menu makan siang dan lain sebagainya.

Berikan Kepercayaan

Kepercayaan atau trust bernilai tinggi dalam hubungan, khususnya antara Mums dan si Kecil.  Sebagai orang tua yang melakukan pendampingan pada kegiatan anak, Mums sebenarnya akan memberikan boost kepercayaan diri ketika memberikan kepercayaan pada si Kecil.
Perasaan dipercaya seperti ini akan memicu tumbuhnya rasa mandiri pada si Kecil. Ketika Mums mempercayakan suatu hal, ia akan belajar apa yang dinamakan tanggung jawab. Cara yang cukup sederhana dalam menanamkan banyak nilai secara bersamaan bukan?

Mainan yang Tepat

Penyediaan fasilitas bisa diwujudkan dalam memilih mainan yang tepat dan edukatif untuk si Kecil. Referensi mengenai mainan ini bisa didapatkan pada artikel-artikel terkait pada web ini, sehingga Mums bisa mendapatkan gambaran dengan cukup jelas sekiranya mainan apa yang edukatif dan apa yang bisa diajarkan melalui mainan tersebut.
Jangan lupa, mainan untuk si Kecil juga merupakan media belajar yang signifikan. Pemilihan mainan yang tepat akan sangat membantu menstimulus perkembangan otak si Kecil. Kecerdasan dan daya imajinasinya bergantung pada mainan apa yang Mums berikan pada si Kecil.

Lingkungan Kondusif

Untuk hal ini, Mums bisa bekerja sama dengan kerabat terdekat atau keluarga kecil yang dimiliki. Berikan ruang bermain yang kondusif serta suasana yang hangat. Artinya, berikan waktu dan tempat yang mendukung si Kecil bermain dengan leluasa namun tetap aman.
Misalnya saja dengan mengajak si Kecil bermain tanpa gangguan televisi atau perangkat elektronik lain. Memang penggunaan perangkat elektronik banyak membantu, tapi hal ini perlu dilakukan dengan sangat cermat agar tidak malah mengurangi nilai belajar yang diperlukan si Kecil.

Menunjukkan Kebiasaan Baik

Pendampingan yang baik ditunjukkan dengan perilaku, tidak hanya kata-kata. Mums bisa memberikan contoh kebiasaan baik ketika mendampinginya bermain. Misalnya saja, mengambil mainan yang tadi digunakan dan dikembalikan pada tempat semula. Atau bisa saja dengan menolong orang lain yang kesulitan ketika tengah bermain di lingkungan publik
Melihat secara langsung perilaku yang dilakukan Mums, akan memotivasi si Kecil untuk meniru perilaku tersebut. Idealnya jika apa yang dilihat si Kecil baik maka apa yang ditirunya adalah hal-hal baik.

Selain mengetahui tips pendampingan kegiatan anak tersebut, yang tidak kalah penting adalah menjamin nutrisi yang diperlukan si Kecil selalu tercukupi. Berikan Friso Gold 4untuk si Kecil agar tumbuh kembangnya optimal. Teknologi Locknutri mampu menjaga kualitas alami nutrisi yang dimiliki Friso Gold 4, sehingga akan lebih mudah dicerna dan diserap oleh tubuh si Kecil. Jika ada pertanyaan mengenai nutrisi si Kecil, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan Ahli Nutrisi Alami Friso (ANA) melalui situs resminya secara langsung dengan fitur live chat ya Mums.

Selamat! Mums beruntung berkesempatan mendapatkan Free Sample dari Friso!

Daftar Sekarang