Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Muncul Biang Keringat pada Bayi, Apa yang Harus Dilakukan?

Muncul Biang Keringat pada Bayi, Apa yang Harus Dilakukan?

Ruam merah dan terasa gatal, biang keringat pada bayi menjadi salah satu penyebab si Kecil rewel, terlebih ketika udara tengah berada pada titik yang cukup panas. Biang keringat sendiri memang tidak hanya bisa menyerang bayi, namun juga orang dewasa. Meski demikian, efeknya pada si Kecil akan jauh lebih parah mengingat si Kecil akan menjadi sangat rewel dan terus menangis.

Jika tidak segera disikapi, bisa jadi si Kecil terus menggaruk bagian tubuhnya yang terasa gatal akibat biang keringat ini. Selain ancaman iritasi, bisa jadi kulit si Kecil mengalami luka akibat garukan yang dilakukan. Tentu cara terbaik untuk menanggulanginya adalah dengan membawa si Kecil ke dokter dan meminta obat atau petunjuk yang tepat. Namun demikian, ada beberapa pertolongan pertama yang bisa diberikan pada si Kecil ketika ia mengalami biang keringat ini.

Biang keringat pada bayi bisa sedikit diredakan, atau bahkan bisa benar-benar hilang, dengan beberapa cara sederhana berikut ini.

Menurunkan Suhu Ruangan si Kecil

Muncul Biang Keringat pada Bayi, Apa yang Harus Dilakukan?

Karena biang keringat disebabkan oleh munculnya keringat akibat udara panas, salah satu cara yang ampuh untuk meredakan dan mengurangi rasa gatal akibat biang keringat adalah dengan menurunkan suhu ruangan. Mums dapat menggunakan air conditioner atau kipas angin untuk melakukan hal ini.

Ketika suhu udara ruangan menurun, otomatis produksi keringat dari tubuh si Kecil juga akan berkurang. Hal ini akan membuat kondisi kulit si Kecil tidak terlalu lembab, sehingga biang keringat pada bayi bisa berangsur-angsur membaik. Untuk penggunaan kipas angin, direkomendasikan untuk mengarahkannya ke bagian dinding agar udara yang dihembuskan tidak langsung mengenai tubuh si Kecil.

Pakaian yang Breathable

Muncul Biang Keringat pada Bayi, Apa yang Harus Dilakukan?

Penyebab lain yang membuat biang keringat pada bayi muncul adalah gagalnya penyerapan keringat oleh pakaian yang digunakan si Kecil. Tubuh akan secara alami memproduksi keringat sebagai respon suhu yang cukup tinggi yang dirasakan, otomatis, keringat ini akan muncul di permukaan kulit. Ketika keringat tidak dapat diserap oleh pakaian yang dikenakan, maka keringat akan menutup pori-pori kulit si Kecil dan menyebabkan biang keringat pada bayi.

Pemilihan bahan pakaian yang cepat menyerap keringat dan breathable bisa jadi satu solusi sekaligus langkah pencegahan. Idealnya, ketika keringat yang keluar di permukaan kulit bisa diserap dengan baik oleh pakaian, tidak akan ada keringat yang mengering dan menutupi pori-pori kulit si Kecil. Kulit kemudian bisa ‘bernafas’ dengan baik sehingga terhindar dari resiko biang keringat.

Jangan Terlalu Ketat

Muncul Biang Keringat pada Bayi, Apa yang Harus Dilakukan?

Masih berkaitan dengan pakain si Kecil Mums, biang keringat juga seringkali muncul karena pakaian yang terlalu ketat. Terlebih pada bagian lipatan tubuh seperti area siku dalam, lipatan pahan, serta bagian selangkangan si Kecil. Ketika area ini tertutup pakaian yang ketat dan berbahan kurang baik, maka biang keringat akan mudah sekali muncul.

Ketika udara cukup panas, ada baiknya Mums memilihkan pakaian yang lebih longgar untuk digunakan si Kecil. Sederhana, tujuannya agar sirkulasi udara di sekitar tubuh si Kecil tetap dapat berjalan dengan baik. Logikanya jika bagian tubuh tetap terkena udara yang bergerak, maka suhunya tidak akan terlalu tinggi dan produksi keringat tubuh si Kecil tak akan terlalu banyak, iya ‘kan?

Ruangan dengan Sirkulasi Udara Cukup Baik

Muncul Biang Keringat pada Bayi, Apa yang Harus Dilakukan?

Udara panas akan berlipat ganda efek buruknya ketika kondisi ruangan yang ditempati si Kecil tidak memiliki sirkulasi udara yang baik. Dalam artian, tidak ada udara bergerak di dalam ruangan tersebut, baik dari air conditioner atau dari udara alami yang masuk melalui ventilasi dan jendela.

Untuk mencegah terjadinya biang keringat pada bayi, upayakan ruangan yang ditempati si Kecil memiliki sirkulasi udara yang cukup, baik sirkulasi udara alami atau dengan bantuan air conditioner. Dengan begini, meskipun suhu udara cukup tinggi namun akan ada udara bergerak yang dapat sedikit memberikan hawa dingin untuk tubuh si Kecil.

Ketika Sudah Terjadi Biang Keringat, Upayakan Tetap Kering

Muncul Biang Keringat pada Bayi, Apa yang Harus Dilakukan?

Satu kondisi yang dapat memperparah biang keringat pada bayi adalah ketika ruam yang sudah ada menjadi lembab karena keringat yang terus diproduksi oleh tubuh si Kecil. Hal ini harus benar-benar dihindari, karena bisa membuat iritasi dan membuat kulitnya terluka.

Ketika ruam sudah muncul, upayakan sebisa mungkin untuk menjaganya tetap kering. Dengan begini, setidaknya kulit si Kecil akan terhindar dari iritasi. Untuk menjaga agar tidak terlalu kering Mums dapat memberikan salep atau lotion berupa calamine yang dapat memberikan efek sejuk pada bagian yang diolesi. Tentu akan sangat baik jika hal tersebut sudah mendapatkan rekomendasi dari dokter.

Baca Juga : Serunya Bermain Air di Kolam Plastik

Biang keringat pada bayi menjadi salah satu penyebab si Kecil rewel ketika cuaca tengah panas. Langkah pencegahan dan penanganan di atas bisa Mums gunakan, agar si Kecil bisa merasa lebih nyaman dan pulih lebih cepat. Jangan lupa juga, kesehatan si Kecil masih banyak bergantung pada Mums. Penuhi asupan nutrisi hariannya dengan MPASI bernutrisi dan ASI eksklusif. Bila perlu, Mums dapat mengkonsumsi Frisomum Gold Dualcare+ untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian Mums, sehingga ASI yang diproduksi juga memiliki segala nutrisi yang diperlukan tubuh si Kecil.