Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Musim Anak Sekolah, 4 Hal Ini Bisa Dilakukan untuk si Kecil

Musim Anak Sekolah, 4 Hal Ini Bisa Dilakukan untuk si Kecil

Memasuki era new normal saat ini otomatis Mums juga harus memikirkan bagaimana cara yang terbaik agar si Kecil dapat bersekolah. Ya, persoalan anak sekolah ini bisa dikatakan cukup pelik, meski kini solusi yang diambil oleh pemerintah adalah konsep sekolah dirumah agar dapat meminimalisir intensitas pertemuan dengan banyak orang. Tapi bagaimana jika nantinya sekolah harus dilakukan seperti biasanya?

Sebenarnya anak sekolah tetap bisa dilakukan seperti kegiatan normal, selama si Kecil paham benar apa yang dihadapinya. Jangan sampai rasa jenuh selama di rumah membuat si Kecil berlaku sembrono dan malah banyak berkumpul dan bermain bersama anak-anak lain.

Ada beberapa tips yang bisa Mums terapkan untuk menghadapi musim anak sekolah yang sudah di depan mata ini. Berpegang pada prioritas keamanan dan kesehatan si Kecil, inilah tips dari tim kami untuk Mums.

Pastikan si Kecil Paham Konsep New Normal

Musim Anak Sekolah, 4 Hal Ini Bisa Dilakukan untuk si Kecil

Paham di sini bukan dalam artian benar-benar mengetahui seluruhnya, hanya saja setidaknya si Kecil tahu apa itu new normal. Berikan pemahaman padanya bahwa virus yang melanda seluruh dunia belum hilang, hanya saja ada langkah yang bisa dilakukan agar anak sekolah dengan normal kembali.

Pemahaman akan hal ini mungkin sepertinya sepele, namun dapat meningkatkan awareness si Kecil pada kondisi. Dengan mengetahui bahwa virus yang melanda masih ada, si Kecil cenderung akan lebih berhati-hati dalam beraktivitas. Masker yang dikenakan juga tidak akan dilepas jika memang tidak diperlukan. Inti dari memberikan pemahaman adalah meningkatkan awareness-nya.

Mengajari Protokol Kesehatan Anak Sekolah

Musim Anak Sekolah, 4 Hal Ini Bisa Dilakukan untuk si Kecil

Ketika suatu hari harus kembali ke sekolah, otomatis si Kecil akan kembali bertemu dan berinteraksi dengan banyak orang. Mengetahui protokol kesehatan yang sudah diberikan oleh pemerintah dalam hal ini adalah hal wajib. Sederhana saja, supaya si Kecil bisa melakukan langkah pencegahan untuk meminimalisir resiko terpapar virus dari orang lain atau menyebarkan virus pada orang lain.

Mulai dari menggunakan masker, menggunakan pakaian lengan panjang, menjaga jarak aman ketika berkomunikasi, hingga mencuci tangan secara rutin, wajib dilakukan setiap saat. Idealnya ketika si Kecil paham pada protokol kesehatan ini, ia akan turut berpartisipasi menekan penyebaran virus yang ada. Sembari beraktivitas di sekolah, si Kecil bisa turut memberikan sumbangsih pada upaya penyelesaian wabah di Indonesia.

Jangan Terlalu Cemas

Musim Anak Sekolah, 4 Hal Ini Bisa Dilakukan untuk si Kecil

Sebisa mungkin tingkatkan awareness si Kecil tanpa harus menakut-nakutinya. Memang memberikan pemahaman mengenai kondisi yang saat ini dirasakan penting untuk Mums dan si Kecil, namun jangan sampai justru membuat si Kecil selalu berprasangka buruk dan malah menghambat kegiatan belajarnya di sekolah.

Berikan kepercayaan pada si Kecil untuk melakukan apa yang sudah diajarkan oleh Mums dalam upaya meminimalisir resiko terinfeksi virus. Untuk memastikan hal tersebut, Mums bisa mengajaknya ngobrol setelah ia pulang dari sekolah. Nah, di sini Mums bisa melihat sejauh mana protokol kesehatan dan kesadaran si Kecil dalam menghadapi new normal ketika anak sekolah. Berikan arahan dengan lembut, dan apresiasi apa yang sudah dilakukannya.

Menerapkan Hidup yang Disiplin

Musim Anak Sekolah, 4 Hal Ini Bisa Dilakukan untuk si Kecil

Satu hal yang mungkin menjadi kunci agar si Kecil bisa beraktivitas dengan nyaman ketika di sekolah dan dirumah, adalah kedisiplinan. Memang mungkin terasa agak jauh dari bahasan anak sekolah, namun dengan disiplin yang tinggi si Kecil akan menaati setiap protokol kesehatan yang sudah diberikan.

Kedisiplinan juga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh si Kecil. Hal ini diwujudkan dengan aktivitas olahraga rutin, konsumsi makanan dan minuman bernutrisi, menjaga kebersihan diri, serta tetap menaati protokol yang diberlakukan oleh pemerintah. Semua hal ini bisa dilakukan dengan lebih efektif jika si Kecil disiplin.

Tentu pembelajaran mengenai kedisiplinan akan banyak ia dapatkan ketika ia berada di rumah. Mums perlu melatih kedisiplinannya dalam berbagai hal untuk menanamkan sikap ini pada si Kecil. Proses yang perlahan namun berkelanjutan akan membuat si Kecil memiliki kebiasaan baik yang satu ini. Jangan lupa juga selain mengajarkan kedisiplinan pada si Kecil, Mums juga perlu menerapkan pola hidup disiplin, agar ia semakin cepat belajar dan mampu menerapkannya.

Baca Juga : 5 Manfaat Utama Bermain Trampolin Anak untuk si Kecil

Aktivitas anak sekolah yang saat ini dilakukan di rumah memang menjadi tantangan baru bagi setiap orang tua yang ada di Indonesia. Baik berupa tantangan teknis atau psikis, Mums juga dituntut untuk dapat beradaptasi dengan keadaan new normal ini. Jadi kerjasama yang baik diperlukan antara Mums dan si Kecil serta setiap anggota keluarga dalam menghadapi keadaan sekarang ini.

Mengawasi dan mengarahkan aktivitas anak sekolah perlu tetap dilakukan agar proses belajar si Kecil membawa hasil yang optimal. Nah, untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian serta membangun daya tahan tubuh yang kuat, Mums bisa memberikan Friso Gold 4 yang dilengkapi dengan teknologi Locknutri. Teknologi ini akan menjaga kualitas alami nutrisi susu sehingga bisa diserap dengan lebih optimal oleh tubuh si Kecil dan membantunya kuat dari dalam. Mari biasakan menerapkan pola hidup sehat dan protokol kesehatan, agar wabah ini lekas berlalu.