Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Nilai Dasar Pola Asuh Anak yang Penting Mums Pahami [4 Nilai Utama]

Nilai Dasar Pola Asuh Anak yang Penting Mums Pahami [4 Nilai Utama]

Pola asuh anak tiap orang tentu berbeda tergantung dengan latar belakang juga kebutuhan si Kecil. Dalam kehidupan si Kecil, Mums akan selalu menjadi guru terbaik untuknya. Apalagi terkait dengan pembentukan karakter serta penanaman nilai kehidupan pada usia dini, tidak ada yang bisa mengalahkan keahlian Mums pada bidang ini. Pola asuh anak yang Mums terapkan pada si Kecillah yang pada akhirnya dapat menjadikan Mums demikian di mata si Kecil.

Sebenarnya jika dibahas mengenai jenis pola asuh sendiri ada beberapa yang bisa dijabarkan. Namun demikian sebelum masuk ke topik tersebut, ada baiknya Mums mengetahui sedikit lebih jauh mengenai dasar pola asuh yang biasa digunakan. Meski terdapat beberapa jenis pola asuh, namun dasarnya cenderung memiliki nilai yang sama, hanya diadaptasikan saja ke cara penyampaian yang berbeda.

Setidaknya terdapat 5 poin penting dalam dasar pola asuh anak yang biasa digunakan. Implementasinya tentu tidak bersifat kaku atau saklek, lebih kepada menyesuaikan dengan karakter si Kecil, pola interaksi Mums dan si Kecil, serta beberapa hal unik lainnya yang tentu berbeda untuk setiap ibu dan anak.

Setiap Anak Punya Kecerdasan Tersendiri

Jika kecerdasan hanya dinilai dari hasil angka yang diberikan pada saat ujian, tentu dalam dunia modern hal ini tidak lagi relevan. Seperti ungkapan ‘Jika Anda menilai kemampuan ikan dalam memanjat pohon, tentu ia akan terlihat kurang dibandingkan kera’, setiap anak memiliki kecerdasannya masing-masing, sesuai dengan bidangnya.

Jika mungkin si Kecil kurang dapat memberikan hasil memuaskan dalam pelajaran Bahasa, mungkin saja memang kecerdasannya tidak terletak di sana. Bisa saja ia akan lebih mahir dalam suatu olahraga tertentu, atau yang sangat erat dengan isu kekinian, cerdas dan ahli dalam esports? Bisa saja bukan?

Memang nilai yang diberikan di sekolahnya penting untuk pendidikan formal. Namun pada saat yang sama, ada baiknya Mums dapat mendeteksi di mana letak kecerdasan si Kecil yang maksimal dan memberikan rangsangan optimal di titik tersebut. Jika si Kecil merasa mendapat dukungan, ia juga akan memberikan hasil yang lebih baik pada bidang lainnya.

‘Mesin’ Proses Informasi Unik

Sama dengan kecerdasan yang terletak pada titik tertentu, si Kecil juga memproses informasi yang diterimanya dengan cara yang berbeda-beda. Jika mungkin si Kecil memiliki kakak atau adik, Mums akan dapat mengamati hal ini lebih jelas. Ada anak yang bisa mencerna informasi dengan cepat, ada yang memerlukan waktu istirahat untuk memproses informasinya, dan lainnya.

Inti dari poin ini sebenarnya terletak pada gaya belajar unik yang dimiliki setiap anak. Ketika gaya belajar ini telah dipahami oleh Mums, Mums bisa lebih mudah dalam memberikan stimulus dan lingkungan yang sesuai untuk si Kecil belajar. Ingat, gaya belajar yang berbeda membutuhkan treatment yang berbeda pula agar dapat memberikan output maksimal.

Sifat Dasar Baik

Setiap anak terlahir dalam keadaan polos tanpa mengetahui nilai apa yang baik dan yang buruk. Menjadi tugas Mums untuk memberikan pengajaran terhadap nilai kehidupan ini. Idealnya, setiap ibu akan memberikan nilai-nilai terbaik yang diketahuinya untuk diturunkan pada si Kecil. Ini mengapa kemudian si Kecil pada dasarnya selalu adalah seorang individu yang baik.

Seiring berjalannya waktu dan si Kecil mulai aktif berkegiatan, akan ada saja kelakuannya yang terkadang memicu emosi Mums karena dianggap tidak benar. Menegur si Kecil secara baik-baik bisa jadi pilihan paling tepat, alih-alih dengan memberikan label bernada negatif yang justru akan mempengaruhi karakter si Kecil untuk jangka panjang.

Apresiasi Pencapaian Si Kecil

Untuk setiap pola asuh yang dikenal dan diterapkan, di seluruh dunia, dasar yang paling utama adalah mengenai apresiasi dan dukungan pada apa yang dilakukan pada si Kecil. Pola asuh anak memiliki porsi apresiasi yang berbeda-beda sesuai dengan apa yang diterapkan. Apresiasi ini kemudian jadi motivasi untuk si Kecil, serta penguatan pada mentalnya untuk mengekspresikan diri.

Apresiasi yang diberikan bisa bermacam-macam jenisnya. Misalnya seperti pujian dan kata-kata hangat, sentuhan seperti pelukan dan tepukan di pundak, hadiah berupa mainan atau makanan ringan kesukaan si Kecil, dan sebagainya. Upayakan memberikan apresiasi dalam bentuk yang berbeda-beda agar si Kecil tidak memiliki kecenderungan sifat pamrih karena pemberian apresiasi yang berlebihan.

Mendidik anak pada tahap apapun memerlukan dedikasi dan kasih sayang yang tidak terukur. Si Kecil yang dididik dengan benar dan sesuai dengan karakternya, akan tumbuh menjadi pribadi yang tangguh serta humble pada saat yang bersamaan.

Nilai dasar dari pola asuh anak yang telah dijelaskan di atas mungkin bisa jadi gambaran bagi Mums untuk lebih memahami apa inti dari pola asuh yang Mums pilih untuk diterapkan. Jangan lupa, untuk membantu tumbuh kembang si Kecil agar optimal, Mums juga perlu memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya. Mums bisa memberikan Friso Gold 3. Dengan teknologi Locknutri, kualitas alami nutrisi akan terjaga dan lebih mudah diserap tubuh si Kecil. Ini akan membantu si Kecil agar kuat dari dalam.

Jika Mums butuh konsultasi secara langsung dengan Ahli Nutrisi Alami Friso (ANA), Mums bisa langsung menghubunginya di situs resmi Friso melalui fitur live chat.

Selamat! Mums beruntung berkesempatan mendapatkan Free Sample dari Friso!

Daftar Sekarang