Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Nutrisi Balita 1-3 Tahun

Nutrisi Balita 1-3 Tahun

Tahun-tahun pertama kehidupan si Kecil merupakan masa penting bagi perkembangan fisik dan psikologisnya. Untuk mendukung perkembangan anak, orangtua harus ingat bahwa anak memerlukan nutrisi yang berbeda dalam setiap tahap perkembangannya.

Contohnya konsumsi protein. Walaupun protein merupakan asupan yang penting bagi anak, namun pemberiannya harus dilakukan secara bertahap. Menambahkan protein dalam pola makan si Kecil secara mendadak hanya akan membahayakan kesehatannya.

Usia 1-3 Tahun

Pada usia ini, biasanya gigi balita sedang bertumbuh dan karena itu pula, pola makannya dapat beralih dari makanan cair ke makanan yang lebih padat. Si Kecil juga sudah dapat mengikuti pola makan orang dewasa dengan makan sebanyak tiga kali sehari, dengan dua porsi ekstra cemilan sehat. Pola makan yang seimbang sangatlah penting bagi si Kecil, jadi pastikan ia mendapatkan asupan nutrisi dari berbagai jenis makanan. Jangan lupa untuk memberi si Kecil paling sedikit dua gelas susu sehari untuk menyempurnakan konsumsi protein, kalsium, dan berbagai zat gizi lainnya.