Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Parenting Anak Tepat dan Efektif, Simak Penjelasannya!

Parenting Anak Tepat dan Efektif, Simak Penjelasannya!

Menghadapi si Kecil yang tengah aktif bermain dan bergerak membutuhkan kesabaran dan pengertian yang ekstra. Meski tak jarang perilakunya memicu emosi, namun Mums tidak boleh serta merta menunjukkan emosi negatif pada si Kecil. Cara parenting anak yang tepat bisa memberikan si Kecil pengertian dan pemahaman pada nilai dengan baik tanpa harus ‘menarik otot’ ketika menyampaikannya.
Anak usia 3 hingga 6 tahun, berada pada masa paling aktif. Disamping karena koordinasi anggota tubuh yang dimilikinya mulai tertentu, area jelajah si Kecil juga semakin luas. Otomatis hal ini akan terus mendorong rasa ingin tahunya dan membuat si Kecil mencoba berbagai macam hal baru. Na mun harus disadari bahwa si Kecil belum memiliki pemahaman atas konsekuensi yang harus dihadapi.
Hal inilah yang sering menjadi pemicu emosi Mums dan orang tua lain, yang telah mengerti bahwa setiap hal yang dilakukan si Kecil tidak semuanya aman dan baik. Alih-alih memarahi si Kecil, Mums bisa mendampinginya dan melakukan cara parenting anak yang baik. Termasuk di dalamnya adalah tidak berbicara terlalu keras atau marah yang berlebihan ya Mums.
Bentuk parenting anak yang baik bisa dilihat pada penjelasan di bawah ini.

Selalu Konsisten dengan Apa yang Disampaikan

Beberapa hal yang Mums sampaikan pada si Kecil tentu diharapkan bisa diingat dan diterapkan demi kebaikannya. Namun seiring pertambahan usia, si Kecil biasanya akan mulai mendorong batasan-batasan yang diberikan sehingga terkadang berlaku kelewatan. Tidak perlu cemas, Mums bisa menyikapi hal ini dengan cara yang tepat.
Salah satunya adalah dengan konsisten pada apapun yang pernah disampaikan pada si Kecil sejak awal. Misal mengenai harus mencuci tangan setiap selesai bermain dan akan memegang makanan, meski kadang tidak dihiraukan, Mums harus tetap menyampaikan pesan ini. Akan lebih baik jika anggota keluarga lain juga ikut memberikan pesan yang sama. Repetisi pesan akan membuat pesan tersebut tertanam di benak si Kecil.

Kemandirian Anak

Naluri orang tua adalah membantu anaknya serta menyediakan yang terbaik untuk anaknya. Namun demikian, ada saat dimana Mums harus membiarkan si Kecil mencoba sendiri hal-hal yang dikerjakannya. Tanpa bermaksud untuk menelantarkan dan mengabaikan si Kecil, hal ini bisa menjadi latihan yang baik untuk kemandirian si Kecil.
Sesekali berikan bantuan agar si Kecil merasa didukung. Namun Mums sebaiknya lebih sering mendampingi saja dan memberikan semangat pada si Kecil. Menemui masalah dan mencoba memecahkannya adalah proses belajar yang efektif untuk si Kecil. Jika terus menerus dibantu, si Kecil malah bisa menjadi anak yang tidak mandiri dan selalu bergantung pada orang tua.

Berikan Apresiasi

Cara parenting anak yang baik adalah fokus pada hal baik yang dilakukan si Kecil. Memang si Kecil mungkin terkadang masih mengompol, atau lupa menggosok gigi, atau kekeliruan kecil lainnya. Daripada Mums fokus membahas apa yang kurang baik, lebih tepat jika Mums memberikan pujian pada hal baik yang dilakukannya .
Ketika si Kecil bisa bangun pagi dan mandi dengan bersih, berikan pujian pada hal tersebut. Baru kemudian sisipkan pesan, bahwa Mums akan lebih bangga jika si Kecil bisa buang air kecil di kamar mandi dan tidak mengompol lagi. Cara ini lebih efektif untuk mengubah perilaku si Kecil yang masih melakukan kesalahan-kesalahan minor.

Waktu  Bermain Bersama

Kursus dan pendidikan formal yang mulai diberikan pada si Kecil bertujuan untuk mengasah kemampuan si Kecil sedini mungkin. Meski tidak salah, hal ini jangan sampai mengganggu aktivitas utama si Kecil. Bermain sebenarnya merupakan aktivitas utama yang harus dilakukan si Kecil pada usia ini. Akan lebih baik jika didampingi oleh Mums atau orang terdekatnya, karena pengalaman yang si Kecil dapatkan bersama Mums dan orang terdekatnya adalah guru yang utama.
Aktivitas bermain memberikan si Kecil kesempatan untuk melakukan apa yang diinginkannya. Selain itu, dengan bermain si Kecil juga akan belajar berbagai hal baru dan cara menyelesaikan masalah yang dihadapinya. Perkembangan si Kecil akan terjadi lebih alami serta sesuai dengan usianya, tanpa harus merasa terpaksa melakukan hal-hal yang sebenarnya tidak ingin ia lakukan. 

Menjadi orang tua memang bukan pekerjaan mudah, terlebih menghadapi si Kecil pada usia 3 hingga 6 tahun. Kesabaran ekstra selalu diperlukan, agar si Kecil tetap dapat tumbuh dan berkembang sesuai dengan usianya. Berikan pendampingan dan pengertian pada hal-hal yang mungkin kurang sesuai, dan upayakan tidak memarahinya dengan terlalu keras.
selain cara parenting anakyang baik seperti yang telah dijelaskan di atas, Mums juga harus memastikan nutrisi yang diperlukan si Kecil terpenuhi. Untuk usia 3 hingga 6 tahun, berikan Friso Gold 4 untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Teknologi Locknutri yang ada dalam  Friso Gold 4, menjaga kualitas alami nutrisi yang ada di dalam susu sehingga mudah dicerna oleh tubuh si Kecil. Mums juga bisa berkonsultasi dengan Ahli Nutrisi Alami Friso (ANA) langsung pada situs Friso jika ingin bertanya lebih lanjut mengenai nutrisi si Kecil.

Selamat! Mums beruntung berkesempatan mendapatkan Free Sample dari Friso!

Daftar Sekarang