Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Pastikan Jam Tidur Anak Ideal dan Berkualitas demi Tumbuh Kembangnya

Pastikan Jam Tidur Anak Ideal dan Berkualitas demi Tumbuh Kembangnya

Apakah Mums masih ingat apa yang orang tua Mums katakan ketika Mums kecil? Setidaknya salah satu hal paling sering dikatakan tentu adalah untuk tidur tepat waktu dan tidak terlalu larut malam karena tidak baik untuk anak-anak. Lalu apakah hal ini memiliki dasar ilmiah? Apakah kemudian jam tidur anak berpengaruh pada tumbuh kembangnya?
Mungkin perkataan yang dahulu Mums dengan hanya dianggap sebagai mitos belaka. Namun demikian, ternyata tidur tidak terlalu larut dan dalam jangka waktu yang tepat benar-benar dapat berpengaruh pada tumbuh kembang, baik fisik maupun otak si Kecil. Mums juga menerapkannya pada si Kecil bukan terkait jam tidur ini?

Dalam artikel yang dilansir, dituliskan bahwa si Kecil harus memiliki jam tidur yang baik serta tidur dalam keadaan nyenyak ketika malam hari. Hal ini diungkapkan oleh Dokter Anak Sub Spesialis Nutrisi dan Penyakit Metabolik pada Anak, dr. Damayanti R.

Istirahat dan Hormon Tumbuh Kembang

Penelitian menunjukkan bahwa ketika si Kecil terlelap di malam hari, memiliki kerja hormon pertumbuhan lebih baik dan optimal. Hormon ini yang nantinya berpengaruh pada tumbuh tumbuh kembang si Kecil, baik secara fisik maupun otaknya. Sehingga dapat dikatakan ketika si Kecil bisa tidur nyenyak dan dalam durasi yang tepat, tumbuh kembangnya dapat optimal.
Secara spesifik, diungkapkan pula bahwa waktu terbaik untuk kerja hormon tumbuh kembag terjadi pada pukul 24.00 hingga pukul 02.00. Ketika si Kecil terlelap dengan nyenyak dan nyaman pada waktu ini, hormon pertumbuhannya akan bekerja secara optimal dan memberikan output yang juga maksimal.
Penting untuk memberikan kenyaman pada si Kecil ketika terlelap. Mums bisa mulai dari kebersihan tempat tidur si Kecil, memastikan kebersihan tubuh si Kecil sebelum tidur (bisa dengan mencuci kaki dan tangan, serta menggosok gigi), serta memberikan si Kecil susu yang memiliki nutrisi lengkap seperti Friso Gold 3 sebelum tidur.

Aktivitas dan Rangsangan Pertumbuhan

Idealnya si Kecil akan terlelap ketika ia melakukan aktivitas pada waktu pagi hingga sore hari. Aktivitas ini bisa berupa bermain, belajar, dan aktivitas fisik lainnya. Setelah malam tiba, si Kecil akan merasakan kantuk dengan cepat sehingga ia akan lebih cepat tidur.
Namun yang perlu diingat adalah aktivitas yang dilakukan si Kecil sebaiknya tidak berlebihan atau kurang. Ketika aktivitas yang dilakukan berlebihan, maka tidurnya justru akan menjadi tidak nyenyak. Kelelahan yang dirasakannya serta rasa pegal pada bagian tubuh tertentu akan membuatnya kurang nyaman.
Ketika aktivitas yang dilakukan kurang, si Kecil akan memiliki energi yang banyak ketika waktu tidur tiba. Apa yang akan terjadi selanjutnya? Well, Mums tentu tahu, si Kecil yang sulit tidur dan harus ditemani agar tidak rewel. Hal ini bisa disiasati dengan memberikan aktivitas ringan untuk si Kecil sebelum tidur, dengan tujuan menggunakan tenaganya yang belum habis.
Aktivitas fisik yang dilakukan si Kecil ketika siang hari juga akan merangsang tumbuh kembang fisik dan otaknya secara aktif. Ketika bermain dan bergerak, tubuh si Kecil akan terus menyerap nutrisi yang berasal dari makanan dan minuman, sehingga nutrisi dapat terserap maksimal menjadi perkembangan fisik dan kecerdasannya.

Nutrisi dari Makanan dan Minuman

Asupan utama nutrisi yang dibutuhkan si Kecil berasal dari makan dan minuman yang Mums berikan. Tentu untuk membahas makanan dan minuman apa yang mengandung nutrisi dan baik untuk tumbuh kembang, tak lagi diperlukan karena Mums pasti sudah mengetahui banyak seputar hal ini.
Yang harus selalu diingat, adalah jumlah porsi makanan dan minuman yang diberikan untuk si Kecil. Upayakan untuk selalu menyesuaikan porsi makanan dengan kebutuhan si Kecil sehingga si Kecil tidak merasa kekenyangan dan mengganggu aktivitasnya.
Pada porsi yang tepat, si Kecil akan merasa cukup kenyang dan mendapat tenaga dari makanan tersebut. Jika si Kecil memerlukan makanan kembali, idealnya si Kecil akan memberikan tanda sehingga Mums bisa memberi asupan tambahan untuk si Kecil.

Tumbuh kembang si Kecil bisa berlangsung optimal jika setiap variabel di atas dapat dipenuhi dengan tepat. Tidak kurang, dan tidak lebih. Mulai dari jam tidur anak yang cukup dan berkualitas, aktivitas fisik dan stimulasi kecerdasan efektif, serta keterpenuhan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh mungilnya.
Untuk membantu Mums dalam memenuhi jam tidur anak ideal, aktivitas efektif serta terpenuhinya nutrisi, Mums bisa memberikan Friso Gold 3 untuk si Kecil. Kandungan nutrisi yang diolah dengan teknologi Locknutri akan memudahkan penyerapan oleh tubuhnya sehingga membantu si Kecil kuat dari dalam. Selain itu, Mums juga bisa berkonsultasi dengan Ahli Nutrisi Alami Friso (ANA) terkait berbagai hal secara langsung melalui fitur live chat pada situs resmi Friso.