Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Penanganan Kolik

Penanganan Kolik

Bayi yang mengalami kolik, biasanya terlihat seperti sedang kesakitan dan sulit untuk ditenangkan. Hal ini merupakan masalah umum pada bayi mulai usia 2-3 minggu, sampai masa terburuknya yaitu pada usia 6 minggu, hingga akhirnya sembuh dengan sendirinya ketika bayi berusia 3-4 bulan.

Penyebab Kolik

Masih belum diketahui apa yang menyebabkan kolik. Para ahli berasumsi bahwa bayi mengalami kolik karena sistem pencernaan dan sarafnya sedang berkembang.

Bayi yang ibunya merokok saat hamil atau merokok di dekat bayinya, biasanya memiliki risiko lebih tinggi terkena kolik.

Cara Menangani Kolik

  • Yakinkan diri Mum sendiri,bahwa ini adalah masalah yang biasa dialami bayi, yang nantinya akan membaik dengan sendirinya.
  • Buat bayi Mum merasa nyaman dengan memeluknya, menimang-nimang, jalan-jalan, mandi air hangat dan berikan pijatan lembut.
  • Baringkan bayi Mum dan biarkan ia menangis untuk beberapa saat. Atau biarkan ia bermain dengan anggota keluarga lainnya ketika Mum sedang istirahat.
  • Bersabarlah. Keadaan iniakan membaik sejalan bertumbuhnya bayi Mum.
  • Hindari berganti-ganti susu formula untuk bayi Mum.

Segera periksakan kepada dokter jika bayi Mum mengalami demam, muntah-muntah, berat badannya tidak mengalami kenaikan atau tangisnya tidak berhenti ketika usianya menginjak 3-4 bulan.