Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Penasaran Apa yang Mempengaruhi Pertumbuhan Anak? SImak Penjelasan Berikut Ini Ya Mums

Penasaran Apa yang Mempengaruhi Pertumbuhan Anak? SImak Penjelasan Berikut Ini Ya Mums

‘Orang tua yang pintar akan menghasilkan anak yang pintar’. Ungkapan ini tentu tak asing lagi di telinga Mums bukan? Ternyata ungkapan ini tidak hanya sekedar ungkapan normatif saja. Terdapat dasar penelitian yang jelas, yang menjadi asal dari frasa ini. Pertumbuhan anak, nyatanya dipengaruhi beberapa faktor.
Faktor-faktor ini kemudian akan memiliki porsinya masing-masing dalam pengaruhnya pada tumbuh kembang si Kecil. Terdapat faktor yang bersifat fundamental dan tidak dapat diubah, kemudian juga terdapat faktor yang bersifat fleksibel dan sangat tergantung pada apa yang si Kecil alami semasa hidupnya.
Secara ringkas, beberapa faktor ini adalah faktor genetis, faktor rangsangan yang diberikan Mums dan orang sekitar, faktor nutrisi yang diperlukan si Kecil serta yang terakhir faktor lingkungan hidup si Kecil. Setiap faktor ini memiliki sifat unik, yang berpengaruh satu sama lainnya.
Untuk memahami lebih jauh mengenai faktor yang berpengaruh pada pertumbuhan anak, simak penjelasan di bawah ini ya Mums.

Faktor Genetik

Ungkapan yang dijelaskan pada bagian awal artikel tadi, merupakan ungkapan klasik yang dipercaya benar oleh banyak orang. Nyatanya, hal ini memang benar. Penelitian di bidang ini, secara khusus, menemukan bahwa terdapat pengaruh langsung antara kecerdasan orang tua yang menurun ke anak biologisnya.
Faktor genetislah yang menyebabkan hal ini terjadi. Ketika kedua orang tua memiliki kecerdasan atau kelebihan di bidang intelegensi, maka gen yang diturunkan pada anak akan memiliki kecenderungan kualitas yang hampir sama. Faktor genetis ini di masyarakat kita sering disebut dengan ‘bibit unggul’.
Faktor genetis cenderung bersifat fundamental dan mendasar. Mengapa demikian? Sebab faktor ini sangat sulit untuk diubah. Faktor genetis menempel pada kedua orang tua, dan menurun secara langsung pada anak yang dilahirkan

Faktor Rangsangan Mums

Faktor selanjutnya adalah rangsangan dari Mums dan orang sekitar si Kecil. Tumbuh kembang si Kecil sangat dipengaruhi oleh faktor eksternal ini. Mengapa demikian? Sebab ketika si Kecil mendapatkan rangsangan yang optimal dari orang-orang disekitarnya, terlebih dari Mums, maka tumbuh kembangnya akan optimal.
Ketika menjalani masa awal kehidupan, si Kecil akan belajar dan menyerap banyak hal baru dari Mums dan orang disekitarnya. Hal yang dilihat dan dirasakannya inilah yang memiliki peran besar sebagai rangsangan pada tumbuh kembangnya. Maka dari itulah, rangsangan dari Mums pada tumbuh kembangnya baik secara fisik atau secara emosional, sangat berpengaruh pada optimalnya tumbuh kembang si Kecil.

Faktor Lingkungan

Selain rangsangan yang didapatkan si Kecil ketika masa tumbuh kembangnya, faktor selanjutnya yang juga memiliki pengaruh adalah lingkungan si Kecil. Secara alami, keadaan lingkungan yang ada disekitar si Kecil turut berpengaruh padanya. Karena si Kecil dilahirkan ke dunia dalam keadaan seperti selembar kertas kosong, setiap hal yang ditemui, dialami dan dirasakan akan memberikan goresan dalam kertas tersebut.
Ketika si Kecil dibesarkan pada lingkungan yang memiliki vibe positif, maka kecenderungan yang muncul adalah si Kecil akan memiliki karakter yang juga positif. Demikian pula sebaliknya. Ini mengapa, sangat penting untuk menciptakan suatu kondisi yang positif di sekitar si Kecil setiap saat sehingga apapun yang masuk dan si Kecil alami akan memberikan efek positif.
Lingkungan yang terpenting untuk membangun karakter si Kecil merupakan lingkungan keluarga kecil. Ketika si Kecil mendapatkan masukan positif dari lingkungan terkecilnya, maka ia akan memiliki bekal karakter yang kuat untuk bersosialisasi di lingkungan lebih besar.

Faktor Nutrisi

Terakhir dan tidak kalah pentingnya, adalah nutrisi. Ya, tumbuh kembang si Kecil memerlukan ‘bahan bakar’ yang cukup banyak. Nutrisi ini yang kemudian menjadi ‘bahan bakar’ tersebut. Tubuh si Kecil memerlukan nutrisi dalam jumlah tertentu agar dapat terjadi secara optimal.
Keterpenuhan nutrisi berasal dari asupan makanan dan minuman yang dikonsumsi si Kecil. Tentu saja Mums sudah memahami benar apa makanan yang memiliki nutrisi yang diperlukan si Kecil. Menu buah dan sayuran misalnya, atau makanan dengan kandungan karbohidrat dan lemak, sangat diperlukan si Kecil dalam rangka tumbuh kembangnya.

Keempat faktor yang dijelaskan di atas, memiliki peran dan porsinya masing-masing dalam tumbuh kembang si Kecil. Misalnya saja, untuk faktor lingkungan, akan membentuk karakter si Kecil. Untuk nutrisi, akan memenuhi keperluan si Kecil untuk menambah volume badan serta otak, dan sebagainya.

Untuk membantu Mums dalam memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya, Mums bisa memberikan Friso Gold 3. Dengan adanya teknologi Locknutri, kualitas alami nutrisi di dalam susu akan terjaga dan lebih mudah diserap tubuh si Kecil. Ini akan membantu si Kecil agar kuat dari dalam. Ingin mengetahui lebih lanjut mengenai nutrisi si Kecil? Mums dapat berkonsultasi secara langsung dengan Ahli Nutrisi Alami Friso (ANA) pada situs resmi Friso dengan fitur live chat yang ada di pojok kanan bawah.

Selamat! Mums beruntung berkesempatan mendapatkan Free Sample dari Friso!

Daftar Sekarang