Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Penasaran Penyebab Anak Melawan Orang Tua? Ini 3 Poin Pentingnya

Penasaran Penyebab Anak Melawan Orang Tua? Ini 3 Poin Pentingnya

Perilaku anak-anak memang terkadang unik dan mungkin terkesan aneh, untuk orang tua. Satu kali iya akan naik ke kursi makan, dan kali selanjutnya ia akan mencoba meloncat turun. Meski berbahaya, tidak sedikit anak-anak yang mencoba hal semacam ini. Tak jarang pula, Mums akan memarahi anaknya karena hal tersebut berbahaya. Anak yang merasa tidak nyaman mungkin saja akan melawan. Ini satu hal yang jadi penyebab anak melawan orang tua.
Kelakukan unik dan aneh yang terkadang ditunjukkan si Kecil bukan lantaran ia tidak peduli atas apa yang Mums katakan. Tentu berbagai hal telah disampaikan kepada si Kecil agar si Kecil berhati-hati ketika bermain, agar si Kecil mengetahui tanggung jawabnya dan agar si Kecil mendapatkan nutrisi dari makanan yang disiapkan Mums.
Namun demikian, ada beberapa hal yang menyebabkan si Kecil kemudian terkesan acuh atau melawan apa yang Mums katakan padanya. Jangan salah paham terlebih dahulu. Hal ini bukan berarti si Kecil tidak menyayangi Mums atau tidak mempedulikan apa yang Mums sampaikan. Si Kecil hanya menjadi anak-anak pada umumnya.
Anak-anak cenderung memiliki naluri dasar ketika ia beraktivitas. Naluri ini yang kemudian memunculkan kesan si Kecil tidak mengingat apa yang disampaikan orang tuanya. Untuk mengetahui lebih jauh penyebab anak melawan orang tua, simak beberapa poin berikut beserta tips menghadapinya.

Rasa Ingin Tahu yang Besar

Pernahkan Mums mendapati si Kecil sedang menaiki kursi dan berdiri di atasnya tanpa berpegangan? Atau mungkin mencoba memegang serangga yang ditemuinya di halaman? Kedua hal ini tentu berbahaya untuk si Kecil, dan pasti akan memicu reaksi untuk melarang dari Mums. Mungkin bahkan secara spontan Mums akan memarahi si Kecil karena melakukan sesuai yang berbahaya. 
Hal seperti ini didorong oleh rasa ingin tahunya yang besar. Ingat, anak-anak baru menjalani masa hidup yang sebentar dan tentu banyak yang ingin diketahuinya. Rasa ingin tahu ini belum disertai dengan pengetahuan akan konsekuensi yang akan diterima. Oleh sebab itu, alih-alih memarahinya, lebih baik Mums memberikan penjelasan dan batasan yang jelas pada hal-hal yang tidak boleh dilakukannya. Si Kecil akan lebih mudah menerima dan akan terbangun kewaspadaan dalam dirinya.

Prinsip Kebahagiaan

Dalam masa hidupnya yang masih sebentar, yang dipahaminya adalah kesenangan yang didapat ketika melakukan suatu hal. Bermain dengan mainannya hingga lupa waktu, meloncat-loncat di sofa atau tempat tidur, dan lain sebagainya. Hal yang dilakukannya akan selalu berorientasi pada kesenangan dan kebahagiaan. Hal ini juga yang jadi penyebab anak melawan orang tua ketika diberi nasehat.

Untuk menyikapi hal ini, Mums sebaiknya memberikan nasihat beserta alasan lengkapnya. Terkadang alasan yang disampaikan tidak harus masuk akal di logika Mums, namun tetap dapat diterima oleh si Kecil. Misalnya ketika ia meloncat dari kursi ke lantai. Berikan nasehat bahwa si Kecil memiliki tanggung jawab untuk menjaga kursi tetap aman, sehingga tidak diperbolehkan untuk meloncat dari kursi tersebut karena dapat melukai si kursi.

Makhluk Impulsif

Anak-anak terkadang akan marah ketika apa yang diinginkannya tidak dapat didapatkan. Keinginan impulsif seperti membeli mainan, memakan kue atau jajan di luar tentu tidak serta merta dapat dituruti dan diberikan oleh orang tua. Selain mempertimbangkan kesehatan, orang tua juga memiliki skala prioritas atas apa yang dibutuhkan oleh si Kecil.
Ketika harus menolak keinginan si Kecil dan menghadapi kemarahannya, jangan benturkan dengan emosi Mums secara langsung. Bicara dengan lembut dan sampaikan bahwa memang saat ini keinginannya tersebut belum dapat dipenuhi karena beberapa hal. Keinginan tersebut bisa dimasukkan ke dalam wishlist, sehingga bisa dilakukan lain kali.
Ketika kemudian si Kecil melakukan tindakan fisik seperti memukul atau melempar barang, di sini Mums harus bertindak tegas. Tetapkan batasan jelas untuk apa yang benar-benar tidak boleh dilakukan. Sampaikan padanya bahwa ketika marah, aturan yang ada adalah tidak memukul atau melempar barang, namun mengungkapkan perasaannya secara langsung.

Ketiga hal di atas lah yang biasanya menjadi penyebab si Kecil melakukan hal-hal kurang sesuai dengan harapan dan nasehat Mums. Sebagai orang dewasa, pemahaman dan pengertian pada ketiga hal dasar tersebut harus dimiliki agar Mums tidak langsung memarahi ketika si Kecil melakukan kekeliruan. Terlebih, masa belajar si Kecil tentu akan diisi dengan berbagai bentuk kekeliruan. Jika ia selalu melakukan hal yang benar, bukankah itu bukan cara belajar yang baik?
Penyebab anak melawan orang tua tidak selalu karena anak acuh pada nasehat dan pesan dari orang tua. Sebagai orang tua, kewajiban Mums untuk senantiasa melindungi dan mendampingi si Kecil untuk terus belajar. Pastikan juga asupan nutrisinya terpenuhi dengan Friso Gold 4. Dengan teknologi Locknutri yang menjaga kualitas alami nutrisi tidak berubah saat proses pemanasan sehingga mudah dicerna oleh tubuh si Kecil. Untuk pertanyaan lebih lanjut mengenai Nutrisi si Kecil, Mums juga bisa berkonsultasi dengan Ahli Nutrisi Alami Friso (ANA) langsung di pojok kanan website resmi Friso.