Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Penerapan Pola Makan Sehat dalam Menghadapi New Normal

Penerapan Pola Makan Sehat dalam Menghadapi New Normal

Selain menerapkan pola hidup sehat, selama era new normal sekarang ini Mums juga wajib untuk menerapkan pola makan sehat. Tak hanya untuk Mums dan si Kecil, namun juga untuk setiap anggota keluarga yang Mums sayangi. Jadi upaya pencegahan dan meminimalisir resiko kesehatan akibat infeksi virus dan bakteri jahat bisa benar-benar ditekan hingga ke angka minimal.

Secara resmi, sebenarnya Badan Pangan dan Pertanian dari Perserikatan Bangsa-Bangsa sudah mengeluarkan edaran dan panduan mengenai pola makan sehat yang direkomendasikan. Pola makan yang dijadikan acuan ini sifatnya umum, sehingga bisa diikuti oleh setiap warga negara di bagian dunia manapun.

Untuk mengetahui sedikit penjelasan mengenai rekomendasi yang diberikan badan tersebut, Mums bisa melihat beberapa penjelasannya berikut ini.

Komposisi Makanan yang Lengkap

Komposisi Makanan yang Lengkap

Ingat, lengkap tidak berarti harus mengeluarkan uang yang besar. Lengkap dalam artian setiap jenis makanan yang mengandung nutrisi penting wajib ada. Asupan pokok seperti Karbohidrat, Protein, Mineral, Kalsium, serta Lemak sehat dan nutrisi lain wajib ada. Variasi makanan, dalam hal ini menjadi penting karena setiap bahan makanan memiliki nutrisi dominannya masing-masing.

Makanan sehat sebenarnya bisa dengan mudah ditemukan bahkan di pasar tradisional sekalipun. Namun jika Mums lebih nyaman berbelanja di swalayan yang memiliki prosedur kesehatan lebih jelas, tidak ada masalah. Yang terpenting adalah selalu pilih bahan makanan segar, bervariasi, dan olah dengan higienis dan sajikan matang.

Selain Daging, Perbanyak Buah dan Sayuran

Daging akan menjadi sumber asupan Protein hewani yang baik untuk si Kecil. Namun demikian, perbanyak juga konsumsi buah dan sayur untuk setiap anggota keluarga. Pola makan sehat akan kurang optimal efeknya jika tidak disertai dengan organ pencernaan yang bisa bekerja optimal.

Kandungan serat dalam buah dan sayuran bisa membantu melancarkan kerja organ pencernaan. Logikanya, ketika saluran pencernaan sehat dan bekerja optimal, maka penyerapan nutrisi yang terjadi juga akan semakin baik. Selain itu buah dan sayuran juga mengandung nutrisi lengkap, seperti VItamin, Mineral, dan juga Serat untuk tubuh. Selalu usahakan sayur dan buah yang diberikan adalah bahan segar ya Mums, karena produk sayur dan buah kalengan nutrisinya masih kalah dibandingkan dengan yang alami.

Lemak, Gula, Garam, Batasi Ketiganya!

Lemak, Gula, Garam, Batasi Ketiganya!

Siapa yang tak menikmati tambahan lemak, gula, dan garam pada setiap makanan yang dikonsumsi? Rasa yang nikmat akan jadi godaan besar untuk siapapun yang memakannya. Namun demikian menurut rekomendasi yang diberikan oleh badan tersebut, ketiga bahan ini harus dikurangi untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Untuk ukuran orang dewasa, setiap hari direkomendasikan untuk mengkonsumsi ketiga bahan tersebut dalam batasan seperti ini. Gula sebanyak 4 sendok makan (50 gram atau 200 kkal), untuk garam sebanyak 1 sendok teh (5 gram atau 2000 miligram Natrium), dan untuk lemak sebanyak 5 sendok makan (67 gram atau 702 kkal).

Jadi untuk si Kecil, asupan dan takaran tersebut harus disesuaikan kembali. Ada baiknya Mums berkonsultasi dengan dokter anak kepercayaan Mums atau ahli gizi, sehingga mendapat takaran yang tepat.

Mencukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Menerapkan pola makan sehat juga berarti menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dengan baik. Kebutuhan cairan tubuh, baik untuk si Kecil maupun Mums, wajib selalu dipenuhi agar setiap organ di dalam tubuh dapat bekerja dengan optimal. Ketika semua organ dalam tubuh bekerja optimal, idealnya tumbuh kembang dan daya tahan tubuh si Kecil juga akan dapat benar-benar optimal.

Selain konsumsi air putih<, Mums juga dapat memberikan jus buah serta susu (baik susu sapi alami atau susu formula). Asupan cairan yang bervariasi juga dapat membantu menopang kebutuhan nutrisi harian si Kecil, sehingga tumbuh kembangnya tetap optimal meski dalam era new normal.

Higienitas dan Kebersihan Makanan

Higienitas dan Kebersihan Makanan

Pola makan sehat akan semakin lengkap dan bermanfaat ketika setiap makanan dan minuman yang disajikan untuk si Kecil dan seluruh anggota keluarga terjaga kesehatan dan higienitasnya. Dengan menjaga kebersihan dan higienitas makanan, Mums sudah menutup satu celah resiko infeksi bakteri dan virus jahat yang bisa mengganggu kesehatan dan tumbuh kembang si Kecil.

Pastikan mencuci bahan makanan, dimanapun Mums membelinya. Olah dengan peralatan yang bersih, dan masak hingga makanan matang. Idealnya bakteri dan kuman akan mati pada suhu kurang lebih 100 derajat Celcius. Maka dari itu, sangat disarankan mengkonsumsi makanan yang matang sempurna.

Baca Juga : Mencuci Tangan, Kebiasaan Sederhana dengan Manfaat Luar Biasa

Menerapkan pola makan sehat, sebagai pendukung pola hidup sehat yang harus dilakukan saat ini, adalah cara terbaik untuk membantu membentuk daya tahan tubuh si Kecil. Dengan daya tahan tubuh yang kuat, si Kecil akan sulit terinfeksi virus dan bakteri. Terapkan pola makan dan pola hidup sehat setiap saat ya Mums, agar si Kecil bisa tumbuh optimal dan setiap anggota keluarga tetap terjaga kesehatanya. Sebagai tambahan, Mums dapat memberikan Friso Gold 4 dalam menu si Kecil. Friso dengan teknologi Locknutri, menjaga kualitas nutrisi alami susu sehingga mudah diserap tubuh si Kecil dan membantunya kuat dari dalam.

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang