Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Pengalaman Berkendara untuk si Kecil

Pengalaman Berkendara untuk si Kecil

Akhir minggu merupakan momen di mana Mum dan Dad menyediakan waktu sepenuhnya bagi si Kecil. Oleh karena itu. hari keluarga tentu akan terasa lebih menyenangkan apabila waktu tersebut dimanfaatkan untuk bepergian. Saat jalan-jalan, tidak ada salahnya lho, untuk mengenalkan serunya berkendara pada si Kecil di usia ini. Ayo, ajak si Kecil bersenang-senang dengan memberikannya pengalaman berkendara yang menyenangkan!

Aktivitas Bersama si Kecil

  1. Yuk, mulai dengan mencetak template Friso Fun Steering Wheel yang tersedia di bagian Info Pendukung Aktivitas.
  2. Sediakan piring plastik/kertas berbentuk bundar, kemudian rekatkan hasil cetakan template Friso Fun Steering Wheel pada piring plastik/kertas tersebut dengan menggunakan lem. Setir pun siap digunakan!
  3. Kini, mari ajak si Kecil untuk berjalan-jalan bersama Mum dan Dad. Saat mobil masih dalam posisi parkir, pangkulah si Kecil di belakang setir. Kemudian, jelaskan fungsi setir padanya sambil menunjukkan cara memutar setir ke kanan dan ke kiri. Biarkan si Kecil bereksplorasi dengan setir, mulai dari memutarnya hingga menekan klakson.
  4. Saatnya berjalan-jalan! Meski begitu, si Kecil tetap dapat melanjutkan pelajarannya dari jok belakang. Berikan Friso Fun Steering Wheel pada si Kecil kemudian ajak ia untuk meniru gaya Dad kala menyetir.
  5. Berikan aba-aba pada si Kecil saat mobil akan berbelok ke kanan atau ke kiri. Mum bisa menirukan suara mobil saat melaju pelan atau kencang, atau juga bunyi klakson mobil saat sedang mengerem. Setelah itu, ajak si Kecil untuk menirukan suara yang Mum buat.
  6. Agar perjalanan semakin meriah, yuk ajak si Kecil untuk menyanyikan lagu anak-anak bersama Mum, misalnya “Naik-naik ke Puncak Gunung”. Meski belum dapat mengikuti nyanyian Mum dengan baik, si Kecil pasti merasa senang dan tidak bosan selama perjalanan.
  7. Jadikan momen mengemudi si Kecil sebagai kenang-kenangan untuk keluarga. Abadikan aksi si Kecil, kemudian ceritakan keseruannya dengan mengunggah foto atau video si Kecil di halaman Facebook kami di Friso Indonesia dan twitter @FrisoID dengan menggunakan hashtag #FrisoMoments. Siapa tahu, pengalaman Mum bisa menjadi inspirasi bagi Mum lainnya dalam beraktivitas bersama si Kecil.

Info Pendukung Aktivitas

Untuk membuat Friso Fun Steering Wheel, Mum hanya perlu menyiapkan:

  • Template Friso Fun Steering Wheel .
  • Piring plastik
  • Lem
  • Gunting

Donwload Disini:

wheel 1

wheel 2

Jika Mum sedang tidak bepergian, aktivitas di atas juga dapat dilakukan di rumah, lho. Cobalah manfaatkan kardus besar yang tidak terpakai sebagai “mobil” si Kecil. Minta ia untuk masuk ke dalamnya, kemudian tuntun si Kecil mengelilingi rumah dengan “mobil” tersebut. Mum bisa mendorong dari belakang sambil memberikan arahan pada si Kecil.

Manfaat Bagi Mum

Selain bisa menikmati hiburan lucu saat melihat ekspresi “supir cilik” Mum yang begitu menggemaskan, aktivitas di atas merupakan salah satu cara yang menyenangkan untuk menghabiskan waktu bersama si Kecil dan juga keluarga.. Lebih dari itu, instruksi serta dorongan yang Mum berikan pada si Kecil untuk menirukan bunyi laju atau klakson mobil merupakan bentuk stimulasi yang baik, guna mendukung perkembangan kemampuan bahasanya. Jadi, sambil bermain, Mum pun tetap dapat ikut mengembangkan kemampuan si Kecil.

Manfaat Bagi si Kecil

Aktivitas berkendara memacu si Kecil untuk berimajinasi seakan ia sedang mengemudikan sebuah mobil. Rhoda Erhardt, spesialis serta terapis anak di St. Paul, menjelaskan bahwa kegiatan seperti ini amatlah penting untuk si Kecil sebab, melalui latihan koordinasi tangan, ia dapat memahami hubungan antara pikiran dan aksi. Saat ia mencoba mengarahkan setir ke kiri dan ke kanan sesuai arahan Mum, si Kecil juga belajar untuk mendengarkan instruksi sederhana dan menerapkannya lewat gerakan. Kegiatan tersebut juga membantu menstimulasi koordinasi tangan dan lengan si Kecil.

Info Gizi dan Nutrisi

Pengalaman memang cara yang paling tepat bagi si Kecil untuk dapat memahami cara kerja hal-hal di sekitarnya, terutama melalui bahasa. Kegiatan berkendara seperti ini ikut memberikannya pengalaman untuk memahami cara kerja mobil yang biasa membawanya pergi setiap hari. Oleh sebab itu, teruslah mendukung pengalaman belajar si Kecil dengan memberikannya nutrisi yang tepat untuk pertumbuhannya.

Susu merupakan salah satu sumber nutrisi yang dibutuhkan si Kecil di masa tumbuh kembang ini. Kandungan kalsium dan serta vitamin di dalamnya ikut berperan penting dalam membentuk tulang serta bagian tubuh si Kecil yang lain. Untuk memenuhi kebutuhannya, si Kecil setidaknya membutuhkan 700 miligram kalsium setiap hari. Selain dari susu, kandungan tersebut juga bisa ditemui dalam jenis sayuran berdaun hijau gelap seperti brokoli, bayam, dan kacang polong.

Agar kebutuhan gizinya dapat terpenuhi dengan baik, pilihlah susu pertumbuhan dengan kandungan nutrisi yang lengkap dan mudah dicerna oleh si Kecil. Friso Gold 3 dilengkapi dengan kandungan Nukleotida, Prebiotik, Zinc, Zat Besi, Selenium serta vitamin untuk mendukung pertumbuhannya saat ini. Dengan proses produksi yang menggunakan “Grass to Glass” , kualitas kandungan nutrisi alami dalam Friso Gold 3 pun tetap terjaga dan mudah diserap oleh tubuhnya. Si Kecil sehat, ia pun bisa leluasa untuk merasakan berbagai pengalaman seru lainnya.