Lompat ke isi utama
manfaat kedelai

Pentingkah Manfaat Kedelai untuk Anak? Ini Faktanya!

Apakah manfaat kedelai cukup penting bagi tumbuh kembang anak? Seperti apa efeknya jika anak terlalu sering mengonsumsi kacang kedelai?

Mums pasti sudah sering mendengar manfaat kedelai bagi tubuh. Sebab, jenis kacang yang satu ini merupakan sumber protein nabati yang mendukung kesehatan anak. Manfaat kedelai ini bisa didapatkan oleh buah hati Mums berkat kandungan nutrisi di dalamnya. 

Kacang kedelai mengandung sejumlah nutrisi penting, mulai dari protein, karbohidrat, serat, lemak, kalsium, kalium, zat besi, zinc, magnesium, omega 3, omega 6, vitamin B9 (asam folat), vitamin A, vitamin B1, dan vitamin C. 

Namun, apakah kandungan nutrisi dalam manfaat kedelai cukup efektif untuk memaksimalkan tumbuh kembang anak? Seberapa penting manfaat kedelai ini? Nah, untuk mengetahui hal tersebut, kita simak penjelasannya dalam artikel ini, yuk!

Seberapa Penting Manfaat Kedelai untuk Tumbuh Kembang Anak?

Kacang kedelai merupakan salah satu sumber protein nabati yang sering diolah menjadi berbagai jenis makanan maupun minuman lezat, salah satunya adalah sari kacang kedelai atau susu soya. Bahkan, sari kacang kedelai ini dianggap bisa menjadi pengganti susu sapi. Namun, apakah kandungan nutrisi dan manfaat kedelai sama seperti susu sapi?

Faktanya, manfaat kedelai kurang optimal untuk mendukung tumbuh kembang anak. Sebab, protein nabati tidak mengandung asam amino esensial yang lengkap, sehingga kekurangan jenis asam amino esensial dapat berisiko mengganggu pertumbuhan dan perkembangan anak.

Lantas, dari mana kandungan asam amino esensial bisa didapatkan secara lengkap? Tentunya dari sumber protein hewani, seperti susu sapi, telur, ikan, daging sapi, domba, kambing, ayam, bebek, serta produk olahan lainnya. 

Meskipun susu sapi lebih optimal meningkatkan tumbuh kembang anak, tetapi bukan berarti manfaat kedelai tidak penting. Kehadiran kacang kedelai dibutuhkan sebagai nutrisi pendukung untuk memenuhi kebutuhan gizi harian anak.

Nah, berikut ini beberapa manfaat kedelai yang perlu Mums ketahui, antara lain: 

  • Membantu meningkatkan daya tahan tubuh

    Manfaat kedelai dipercaya dapat membantu meningkatkan sistem imun sehingga mendukung daya tahan tubuh anak agar tidak mudah terserang penyakit. Manfaat kedelai ini hadir berkat kandungan protein yang cukup tinggi di dalamnya. 

    Seperti yang Mums ketahui, protein berperan untuk membangun dan memelihara sel-sel serta jaringan tubuh, sehingga salah satu perannya cukup penting untuk mencegah radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. 

    Namun, perlu diingat kembali bahwa protein yang lebih penting dalam masa tumbuh kembang yaitu protein hewani, salah satunya bisa Mums dapatkan dalam susu pertumbuhan FRISO Gold 3 yang diformulasi khusus anak usia 1-3 tahun. 

  • Membantu menjaga kesehatan tulang

    Manfaat kedelai juga penting untuk membantu memperkuat tulang anak. Ini karena kacang kedelai mengandung isoflavon yang berperan penting untuk mencegah pengeroposan tulang. 

    Perlu Mums ketahui, isoflavon merupakan senyawa molekul bioaktif yang memiliki struktur dan fungsi yang mirip dengan hormon estrogen. Maka dari itu, peran isoflavon dalam manfaat kedelai bisa menjaga kepadatan tulang, terutama bagi anak-anak yang sedang dalam masa tumbuh kembang. 

    Peran isoflavon tak hanya penting bagi anak, Mums juga bisa merasakan manfaatnya karena isoflavon penting untuk membantu menurunkan gejala menopause, mengurangi kadar kolesterol, dan menurunkan risiko kanker payudara. Itulah sebabnya, manfaat kedelai bisa didapatkan oleh anak dan Mums sekaligus. 

    Dalam jurnal Nutrients dijelaskan bahwa konsumsi isoflavon yang berlebihan dalam jangka waktu yang lama bisa meningkatkan beberapa risiko penyakit, di antaranya perut kembung, penyakit ginjal, reaksi alergi, mual, dan lain sebagainya. 

  • Memelihara kesehatan organ tubuh

    Manfaat kedelai yang tak kalah penting yaitu dapat memelihara kesehatan organ tubuh, seperti ginjal. Sebab, kacang kedelai kaya akan protein, kalium, lemak sehat, antioksidan, dan serat yang dapat mengontrol tekanan darah dan mencegah terjadinya penyumbatan di pembuluh darah.

    Manfaat kedelai juga dapat membantu meningkatkan perkembangan otak anak lho, Mums. Manfaat kedelai ini sangat penting guna mengoptimalkan kecerdasan anak di masa mendatang. Akan tetapi, kacang kedelai bukan satu-satunya sumber nutrisi yang penting untuk otak, ada pula berbagai sumber nutrisi lain yang dibutuhkan oleh otak, seperti minyak ikan dan lain sebagainya.

  • Menjaga kesehatan pencernaan

    Dalam masa tumbuh kembang, sistem pencernaan anak masih belum sempurna dan terus mengalami penyesuaian. Ada banyak hal yang memengaruhi kesehatan pencernaannya, termasuk makanan yang anak konsumsi. Oleh karena itu, penting bagi Mums untuk memilih makanan dan minuman yang kaya nutrisi agar anak terhindar dari gangguan pencernaan. 

    Nah, salah satu manfaat kedelai yaitu dapat membantu melancarkan pencernaan anak karena di dalamnya mengandung serat yang baik. Namun, kesehatan pencernaan anak juga harus didukung dengan asupan nutrisi lain, seperti prebiotik, probiotik, serta berbagai vitamin dan mineral.

    Susu FRISO Gold 3 termasuk susu pertumbuhan yang mengandung probiotik dan prebiotik GOS yang berperan seperti serat untuk menjaga kesehatan pencernaan anak, sehingga membantu mengoptimalkan penyerapan nutrisi yang ia konsumsi. Tak hanya itu, FRISO Gold 3 merupakan susu yang melalui proses pengolahan satu kali (single process), sehingga kandungan nutrisi alami di dalamnya tidak rusak dan lebih mudah dicerna oleh anak.. 

Seperti yang telah disebutkan, manfaat kedelai memang baik bagi kesehatan anak, namun akan lebih baik jika Mums memberikan susu sapi sebagai sumber protein hewani agar mendukung tumbuh kembang buah hati Mums lebih maksimal.

Melansir laman resmi parents.com, pakar kesehatan anak, Dr. William Sears mengungkapkan bahwa manfaat kedelai tidak cukup efektif untuk dijadikan nutrisi utama bagi anak-anak. Ia tidak menganjurkan produk olahan kacang kedelai, seperti susu soya atau sejenisnya untuk dijadikan asupan utama dalam menu makanan sehari-hari karena manfaatnya kurang begitu optimal jika dibandingkan susu sapi. 

Apabila Mums sudah terbiasa memberikan susu soya untuk anak dalam jumlah banyak, dikhawatirkan hormon pertumbuhannya akan terhambat karena dalam sari kedelai terdapat asam amino pembatas yang menghambat fungsi optimal yang dibutuhkan oleh tubuh.

Sementara itu, pada susu sapi atau susu pertumbuhan mengandung protein dengan asam amino esensial yang lengkap, sehingga tubuh anak mendapatkan asupan nutrisi tersebut dengan lebih maksimal. Oleh karena itu, pemberian susu sapi kepada anak sejak dini terbukti efektif untuk meningkatkan tinggi badan, kecerdasan, daya tahan tubuh, dan lain sebagainya. 

Susu FRISO Gold 3 hadir untuk membantu mengoptimalkan tumbuh kembang anak karena di dalamnya mengandung nutrisi alami, tanpa perisa, bebas sukrosa, dan tetap memiliki rasa yang enak, sehingga pasti disukai oleh anak-anak. Susu FRISO Gold 3 juga didukung oleh teknologi Locknutri yang menjaga kualitas nutrisi alami susu sehingga mudah diserap tubuh si Kecil agar membantunya kuat dari dalam. 

Di samping pemberian kedelai dan susu sapi, Mums juga tetap perlu memberikan anak asupan nutrisi berkualitas dari makanan yang bergizi. Pastikan untuk memberikan anak menu makanan yang sesuai dengan Pedoman Gizi Seimbang dari Kementerian Kesehatan RI, yaitu dalam 1 piring mencakup porsi makanan pokok (karbohidrat), porsi lauk pauk (protein dan lemak sehat), porsi buah dan sayuran (vitamin dan mineral), mencukupi kebutuhan cairan harian anak dengan minum air putih yang cukup, serta menjalani pola hidup sehat dan aktif dengan rutin melakukan aktivitas fisik yang menyenangkan. 

 

Disadur dari berbagai sumber dan ditinjau Oleh: dr. Rulli P.A Situmorang