Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Pentingnya Mengajak Anak Bermain Bersama-Sama

Pentingnya Mengajak Anak Bermain Bersama-Sama

Mendampingi anak bermain menjadi salah satu aktivitas yang wajib dilakukan oleh Mums. Bermain jadi salah satu cara si Kecil untuk terus belajar dan mengembangkan kemampuan yang dimilikinya. Kemampuan kognitif, fisik, sosial, serta emosional si Kecil akan dapat terasah dengan optimal ketika ia memiliki waktu bermain yang berkualitas.

Permainan yang baik tentu akan memberikan manfaat yang sangat besar untuk tumbuh kembang si Kecil. Bergerak, memainkan mainan yang dimiliki, berkomunikasi dengan orang lain atau teman bermainnya, serta mengembangkan imajinasi dan kreativitas yang dimiliki. Aktivitas anak bermain harus selalu didukung penuh oleh Mums dengan pendampingan yang intens.

Manfaatkan waktu yang Mums miliki ketika di rumah, bersama setiap anggota keluarga, untuk mengajak si Kecil bermain. Permainan yang dimainkan tentu bebas, tergantung apa yang si Kecil mau. Tinggal nantinya Mums mendampingi agar ia mendapatkan manfaat terbaik dari permainan yang dilakukan bersama-sama.

Mendampingi dan Bukan Memimpin Permainan

Dalam mendampingi anak bermain, Mums disarankan memposisikan diri sebagai pengawas dan pendukung si Kecil. Artinya, Mums tidak perlu mengarahkan si Kecil mengenai apa yang harus dilakukan secara tegas. Cukup beritahukan saja cara bermain atau aturan permainannya. 

Bebaskan si Kecil untuk bermain dengan cara yang ia inginkan, dan pastikan si Kecil tidak melakukan hal berbahaya. Membebaskan si Kecil untuk bermain dapat menjadi stimulus yang baik untuk perkembangan kreativitas dan daya imajinasinya. Berikan dukungan seperti tawa atau sorakan gembira ketika si Kecil melakukan sesuai agar ia merasa senang.

Perasaan senang dan nyaman yang dirasakan si Kecil bisa menjadi hal positif untuk mendukung tumbuh kembangnya. Idealnya, ketika ia merasa nyaman maka setiap rangsangan tumbuh kembang yang diterima si Kecil akan dapat terserap dengan maksimal.

Bantu si Kecil dengan Ide-Ide Baru

Mengajak si Kecil bermain tidak selalu harus terlibat secara langsung dan terus menerus, namun Mums bisa memberikan ide-ide baru untuk bermain. Misalnya, dengan mainan terompet kecil, Mums dapat membuat seakan-akan terompet tersebut adalah es krim yang nikmat. Memberikan ide seperti itu dapat merangsang kreativitas dan imajinasi si Kecil secara efektif.

Memberikan ide baru dan mengajaknya bermain juga dapat menumbuhkan inisiatif si Kecil untuk memulai hal baru. Nantinya jika ia terbiasa dengan ide-ide baru, ia akan tumbuh jadi pribadi yang kreatif mudah memecahkan masalah. Terdengar cukup sederhana bukan untuk memberikan ide baru? Namun manfaatnya tidak hanya untuk jangka pendek saja lho.

Berikan Variasi dan Pilihan Permainan

Anak bermain tentu tidak akan puas dengan satu permainan saja. Ada kalanya si Kecil bosan dan perlu untuk mencoba permainan lainnya. Nah, disinilah peran penting Mums untuk selalu memberikan penyegaran jenis permainan atau hal-hal baru lain agar menjaga si Kecil tetap antusias dalam melakukan berbagai permainan.

Misalnya saja, Mums sering mengajak si Kecil untuk bermain mobil-mobilan di bak pasir yang ada di sekitar rumah. Untuk memberikan penyegaran, Mums dapat mengajaknya bermain mobil-mobilan ketika mandi, sehingga ia dapat merasakan sensasi baru meski sama-sama memainkan mobil-mobilan. Meski perubahannya tidak secara total, namun kebaruan seperti ini dapat menjaga gairah bermain si Kecil.

Jangan Lupa Waktu dan Konsisten pada Jadwal Aktivitas

Mengajak anak bermain memang penting untuk memberikan rangsangan tumbuh kembangnya. Namun demikian, Mums tetap harus konsisten dengan jadwal aktivitas atau kegiatan yang sudah dibuat. Jangan sampai karena terlalu seru bermain, si Kecil jadi kehilangan waktu istirahat atau terlambat untuk waktu makannya. Semua harus dilakukan secara seimbang agar si Kecil benar-benar tumbuh dengan optimal.

Buat jadwal aktivitas untuk si Kecil agar ia terbiasa dengan pola hidup teratur. Jika tidak dibiasakan sejak dini, nantinya si Kecil akan sangat sulit mengatur pola aktivitasnya. Namun jika sejak usia dini sudah dikenalkan dan dibiasakan untuk memiliki pola aktivitas teratur, maka nantinya ia akan lebih mudah dalam menerapkan pola hidup yang baik. 

Nah, anak bermain juga harus dipadukan dengan pola hidup sehat agar tidak hanya tumbuh kembangnya yang berjalan optimal namun juga kesehatannya selalu terjaga. Aktivitas fisik intens serta konsumsi makanan yang bernutrisi harus menjadi hal utama untuk si Kecil, mengingat kebutuhan nutrisi hariannya akan meningkat ketika ia beranjak dewasa.

Untuk mendukung manfaat anak bermain, Mums juga harus memastikan kebutuhan nutrisi hariannya tercukupi. Bagaimana caranya? Dengan konsumsi makanan bernutrisi tinggi serta susu pertumbuhan yang tepat. Friso Gold 4 dapat menjadi pilihan utama Mums dalam mendukung tumbuh kembang si Kecil pada usia 3 hingga 6 tahun. Tidak hanya dapat membantu mencukupi kebutuhan nutrisi harian, Friso dengan teknologi Locknutri juga memastikan kualitas alami nutrisi selalu terjaga sehingga lebih mudah untuk diserap oleh tubuh si Kecil dan membantunya kuat dari dalam. Selalu berikan yang terbaik untuk si Kecil, dan terus pantau tumbuh kembangnya di setiap fase!

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang