Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Pentingnya-Menjaga-Kesehatan-Saluran-Pencernaan-Anak

Pentingnya Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan Anak

Saluran pencernaan berfungsi mengolah makanan dan minuman yang dikonsumsi menjadi nutrisi maupun energi. Nutrisi dan energi ini sangat dibutuhkan oleh tubuh agar dapat menjalankan proses metabolisme, meningkatkan fungsi organ, pembentukan dan perbaikan jaringan tubuh yang rusak, hingga dibutuhkan untuk aktivitas sehari-hari, seperti bergerak, bernapas, belajar, dan bekerja.

Proses perubahan makanan dan minuman menjadi nutrisi dan energi harus melalui perjalanan yang panjang, urutan sistem pencernaannya mulai dari mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, hingga anus. Kerja saluran pencernaan ini dipengaruhi oleh sistem saraf, peredaran darah, enzim, dan hormon. Selain itu, proses pencernaan juga dibantu oleh beragam bakteri baik di dalam usus yang biasa disebut mikrobioma. Oleh karena itu, saluran pencernaan memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh lho, Mums. Jika saluran pencernaan mengalami gangguan, maka kesehatan organ tubuh lain pun akan terganggu.

Penting bagi Mums untuk selalu menjaga saluran pencernaan si kecil dengan memberikannya asupan bernutrisi tinggi, menjaga kebersihan, serta menjalani pola hidup sehat aktif. Kebiasaan ini perlu Mums tanamkan sedini mungkin untuk menghindari risiko penyakit berbahaya di kemudian hari.

Manfaat Saluran Pencernaan yang Sehat Bagi Anak

Anak akan mendapatkan berbagai manfaat jika saluran pencernaannya sehat, di antaranya:

a. Meningkatkan daya tahan tubuh

Penelitian dalam jurnal Clinical & Experimental Immunology menyebutkan bahwa sistem pencernaan memegang peranan penting sebesar 70 persen untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Anak yang memiliki sistem pencernaan yang sehat cenderung memiliki daya tahan tubuh yang baik.

b. Mendukung tumbuh kembang optimal

Saluran pencernaan yang sehat bisa membantu penyerapan nutrisi dengan baik, sehingga dapat membantu tumbuh kembang anak lebih optimal.

c. Membantu menjaga kesehatan organ tubuh

Saluran pencernaan yang sehat juga bisa membantu meningkatkan kesehatan kulit, rambut, kuku, dan organ lainnya. Pola hidup yang sehat dan aktif bisa mengurangi risiko adanya peradangan di dalam saluran pencernaan, sehingga tubuh lebih sehat.

d. Membantu meningkatkan fungsi otak

Pengaruh kondisi saluran pencernaan terhadap perkembangan otak kini makin mendapat perhatian. Diketahui bahwa anak yang memiliki pencernaan yang baik, lebih cepat dalam menanggapi sesuatu.

e. Menjaga suasana hati

Kesehatan saluran pencernaan juga memengaruhi suasana hati. Anak yang mengalami gangguan pencernaan biasanya akan lebih rewel, sehingga aktivitas belajar dan bermain, bahkan waktu tidurnya, dapat terganggu.

Untuk menjaga saluran pencernaan anak tetap sehat, pastikan untuk selalu memberi asupan yang mudah dicerna. Formula yang mudah dicerna ini sangat cocok untuk saluran pencernaan anak yang masih belum sempurna.

Teknologi Locknutri Bantu Menjaga Kesehatan Pencernaan Anak

Teknologi Locknutri menjaga sekitar 90 persen nutrisi alami selama proses produksi susu dengan teknik pemanasan satu kali (single process) tanpa suhu berlebih. Dengan Locknutri, kandungan protein di dalam susu tetap terjaga, sehingga nutrisi alaminya mudah diserap oleh saluran pencernaan si kecil.

Sedangkan, proses pemanasan yang berlebih bisa berisiko merusak struktur alami protein sehingga sulit diserap oleh tubuh. Hal ini bisa menyebabkan gangguan saluran pencernaan, seperti kolik, sembelit (konstipasi), atau perut tidak nyaman pada anak.

Kenapa Proses Pemanasan Susu Satu Kali Lebih Baik?

Kenapa Proses Pemanasan Susu Satu Kali Lebih Baik

Dalam mengolah susu pertumbuhan, ada industri atau perusahaan yang mengolah dengan teknik pemanasan satu kali dan dua kali. Saat membeli susu bubuk pertumbuhan ini, Mums perlu mengetahui bahwa dua teknik ini berbeda dan dapat memengaruhi kandungan nutrisi di dalamnya lho. Artinya, teknik single process merupakan proses pemanasan susu satu kali tanpa suhu yang berlebihan. Dengan begitu, kualitas nutrisi di dalamnya pun bisa tetap terjaga dan mudah diserap oleh tubuh si kecil. Sementara, teknik pemanasan dua kali atau disebut juga double process bisa mengurangi nutrisi di dalamnya. Sebab, semakin lama susu diproses dengan suhu tinggi, kemungkinan semakin banyak pula nutrisi yang akan hilang . Oleh karena itu, saat Mums membeli susu bubuk pertumbuhan untuk anak, dianjurkan memilih produk yang menggunakan teknik pemanasan satu kali (single process) ya.

Proses Pemanasan Satu Kali (Single Process)

● Langkah 1

1

Susu segar bersumber dari peternakan Friso di Belanda.

● Langkah 2

2

Dikirim ke pabrik untuk diolah dengan formulasi berkualitas tinggi.

● Langkah 3

3

Diolah menjadi susu bubuk pertumbuhan dengan teknik pemanasan yang sedang supaya nutrisinya tetap terjaga dengan optimal.

● Langkah 4

4

Formula Friso Gold hadir dengan teknologi Locknutri yang menjaga kualitas nutrisi alami sehingga mudah diserap tubuh si kecil dan membantunya kuat dari dalam.

Proses Pemanasan Dua Kali (Double Process)

● Langkah 1

Proses Pemanasan Dua Kali - Langkah 1

Susu segar berasal dari peternakan A

● Langkah 2

Proses Pemanasan Dua Kali - Langkah 2

Dibawa ke pabrik A.

● Langkah 3

Proses Pemanasan Dua Kali - Langkah 3

Diolah dan dipanaskan untuk menjadi susu bubuk.

● Langkah 4

4

Susu tersebut dikirim lagi ke pabrik B.

● Langkah 5

5

Dicairkan lagi untuk membuat susu formula.

● Langkah 6

6

Dipanaskan lagi untuk diubah menjadi susu bubuk.

● Langkah 7

Proses Pemanasan Dua Kali - Langkah 7

Akhirnya, susu formula dengan teknik pemanasan dua kali pun jadi, namun kemungkinan besar nutrisi di dalamnya tidak terjaga kealamiannya karena susu formula tersebut sudah melalui proses pengolahan yang panjang.

Pentingnya Formula yang Mudah Dicerna Untuk Saluran Pencernaan Anak

Sebagaimana yang Mums ketahui, saluran pencernaan si kecil masih belum matang sehingga membutuhkan asupan yang terjaga kealamiannya agar lebih mudah diserap dan dicerna oleh saluran pencernaannya. Oleh karena itu, susu pertumbuhan dengan formula yang mudah dicerna sangat cocok untuk mendukung tumbuh kembangnya. Dengan memberikan susu formula yang tepat, saluran pencernaan si kecil akan terhindar dari risiko gangguan atau penyakit yang berbahaya.

solusi untuk membantu meningkatkan tumbuh kembang anak

Susu Friso Gold 4 hadir sebagai solusi untuk membantu meningkatkan tumbuh kembang anak di usia 3-12 tahun, dengan teknologi Locknutri yang dapat menjaga kualitas nutrisi alami sehingga mudah diserap tubuh si kecil dan membantunya kuat dari dalam. Susu Friso Gold 4 juga diperkaya dengan beragam nutrisi yang diperlukan oleh tubuh anak, seperti ALA & LA, prebiotik & probiotik, serta nukleotida, vitamin A, C, E, zinc, selenium, serta 0 persen sukrosa yang membantu mendukung pertumbuhan si kecil untuk bereksplorasi bersama Mums.

 

frisogold-3