Lompat ke isi utama
Pentingnya Milestone Bayi untuk Pantau Tumbuh Kembang Si Kecil

Pentingnya Milestone Bayi untuk Pantau Tumbuh Kembang Anak

Penting bagi Mums untuk mengetahui kemampuan anak pada milestone bayi di setiap bulannya. Milestone, istilah menunjukkan serangkaian tahapan.

Mums pasti ingin melihat buah hati tumbuh menjadi anak yang sehat dan cerdas, bukan? Tumbuh kembang anak terbagi ke dalam beberapa fase sesuai dengan rentang usianya. Penting bagi Mums untuk mengetahui kemampuan anak pada milestone bayi di setiap bulannya. Milestone merupakan istilah untuk menunjukkan serangkaian tahapan atau masa tumbuh kembang yang penting sejak dalam kandungan hingga usia pertumbuhan. Adanya rentang usia dalam milestone bayi ini bisa menjadi acuan bagi Mums untuk memahami sejauh mana perkembangan dan pertumbuhan anak sesuai usianya. Jika Mums memantau tumbuh kembang dengan baik, Mums akan mengetahui perubahan yang dialami anak, apa saja yang dapat merangsang tumbuh kembangnya, serta Mums juga dapat menangani gangguan atau masalah yang muncul di setiap milestone bayi. Berikut beberapa tahapan pertumbuhan dan perkembangan bayi yang perlu Mums ketahui:

Milestone Bayi Usia 0-3 Bulan

  • Kemampuan motorik

    Sejak awal dilahirkan, sebenarnya bayi sudah memiliki kemampuan motorik kasar, yaitu mampu menggerakan kaki dan tangannya secara bersamaan. Memasuki usia satu bulan, perkembangan anak akan terlihat dari kemampuannya mengangkat kepala sekitar 45 derajat. 

    Pada milestone bayi usia 2 bulan, biasanya bayi sudah lebih handal untuk mengangkat kepala hingga 90 derajat. Perkembangan ini akan terus berlanjut, di usia bayi 3 bulan, Mums akan melihat kemampuan anak yang sudah bisa duduk secara perlahan. Namun, anak masih membutuhkan sandaran dari bantal atau tangan Mums untuk membantu menopang tubuhnya. 

    Sedangkan, kemampuan motorik halus bisa Mums lihat ketika usia anak 2 bulan. Di usia ini, anak mengerti fungsi kedua tangannya, seperti untuk bertepuk tangan. Perkembangan motorik halus akan semakin baik ketika Mums memberikan anak mainan edukasi pada usia 3 bulan. 

  • Kemampuan komunikasi dan bahasa

    Komunikasi pada bayi baru lahir bisa dilihat dari kemampuannya menangis saat merespon sesuatu. Selanjutnya, Mums akan mendengar perkembangan komunikasi dan bahasa lainnya saat ia mengucapkan “ooh”, “aah”, dan kata singkat lainnya di usia 1 bulan. Kemudian, di usia 2 hingga 3 bulan, anak akan semakin menunjukkan ekspresi tertawa dan memekik keras untuk menunjukkan keinginannya. Dalam memantau milestone bayi sejak lahir, sebaiknya Mums membiasakan diri untuk mengajak anak mengobrol. Hal ini bertujuan sebagai salah satu cara meningkatkan kemampuan komunikasi dan bahasa. 

  • Kemampuan sosial dan emosional 

    Meski setiap bayi menunjukkan perkembangan yang berbeda, namun umumnya bayi baru lahir hingga usia 3 bulan akan senyum dan tertawa sebagai bentuk tanggapan terhadap interaksi yang menyenangkan. 

    Baca juga: Kapan Bayi Bisa Melihat? Ini Tahapan Sesuai Usianya

Milestone Bayi Usia 4-6 Bulan

  • Kemampuan motorik

    Milestone bayi usia 4-6 bulan umumnya sudah mulai menggunakan tangannya untuk menopang dirinya sendiri saat duduk. Di usia ini juga bayi sudah mulai mampu menahan berat tubuhnya dengan kaki. Posisi tengkurap bisa dengan lancar ia lakukan pada usia 4 bulan. Mums juga bisa melihat perkembangan anak yang berhasil bangun dari posisi berbaring ke duduk dengan baik. Kemampuan motorik halus anak akan semakin terlihat ketika memasuki usia 5 bulan, ia mampu meraih atau mengambil objek di sekitarnya. 

  • Kemampuan komunikasi dan bahasa

    Kemampuan komunikasi dan bahasa pada milestone bayi usia 4-6 bulan bisa Mums dengar saat anak berusaha ingin berbicara. Ia akan mulai menggunakan suara konsonan untuk merespon sesuatu, misalnya “Da...da...Da”. Bayi juga menggunakan ocehan untuk mendapatkan perhatian dari Mums atau orang di sekitarnya, mengekspresikan perasaannya, serta memperhatikan mainan yang mengeluarkan suara. 

  • Kemampuan sosial dan emosional 

    Milestone bayi pada usia ini sudah bisa menikmati interaksi menyenangkan dari orang lain. Kemudian anak akan merespon interaksi tersebut dengan suara. Bayi juga sudah bisa memalingkan wajahnya ke arah suara atau sesuatu yang menjadi perhatiannya. Selain itu, anak juga sudah bisa mengangkat tangan untuk digendong, menjaga kontak mata selama interaksi menyenangkan, dan bermain mainan edukasi yang bertekstur. 

Milestone Bayi Usia 7-9 Bulan

  • Kemampuan motorik

    Di milestone bayi usia 7-9 bulan ini, tahap perkembangan bayi sudah terlihat mampu menjaga keseimbangan tubuhnya dengan baik. Hal ini bisa Mums lihat saat anak berusaha bangkit untuk berdiri dari posisi duduk sebelumnya. Kemampuan ini akan terus berkembang dan dapat dilakukan anak dengan lebih lancar saat usianya 9 bulan. 

    Perkembangan kemampuan motorik halus anak terlihat cukup signifikan pada usia 7 bulan, yaitu saat ia sudah bisa menggenggam dua benda sekaligus. Kemampuannya akan terus berkembang saat anak berusaha memukul dua benda tersebut dengan ekspresi yang menyenangkan. 

  • Kemampuan komunikasi dan bahasa

    Kemampuan bahasa bayi akan semakin meningkat jika Mums terus mengajaknya berkomunikasi. Bayi akan tampak mulai lancar mengombinasikan kosa kata sebagai caranya untuk berkomunikasi dengan Mums atau orang yang ia kenal. Di usia 8 bulan, biasanya perkembangan bayi akan terlihat saat ia mulai mengoceh beragam kata yang mampu diucapkannya. 

  • Kemampuan sosial dan emosional 

    Pada milestone bayi 7 bulan, perkembangan sosial dan emosional anak telah memasuki tahap belajar melambaikan tangan. Hanya saja, ia masih butuh bantuan Mums untuk melakukannya karena belum ada refleks yang benar. Barulah di usia 9 bulan, Mums bisa melihat anak mulai bisa melambaikan tangannya sendiri. Ia juga akan menjaga kontak mata dengan orang selama interaksinya menyenangkan. Karena kemampuan sosialnya semakin meningkat, anak pun akan semakin aktif dan senang bergerak. 

Milestone Bayi Usia 10-12 Bulan

  • Kemampuan motorik

    Milestone bayi usia 10-12 bulan sudah menunjukkan perkembangan motorik kasar dari kemampuannya untuk belajar berdiri sendiri tanpa perlu pegangan. Biasanya, anak mampu bertahan sekitar dua detik, sebelum akhirnya perlu berpegangan lagi. Pada milestone bayi di usia ini juga bayi sedang dalam proses belajar membungkukkan tubuhnya, kemudian berdiri kembali. Kemampuan berjalan lebih lancar pun terus dipelajari oleh anak setiap harinya. 

    Kemampuan motorik halus juga semakin terlihat saat ia mengambil barang atau objek kecil dengan ibu jari dan jari telunjuknya. Saat memasuki usia 11 bulan, biasanya anak sedang belajar memasukkan benda ke dalam wadah meskipun belum lancar. 

  • Kemampuan komunikasi dan bahasa

    Kemampuan bahasa pada milestone bayi usia ini terlihat saat ia sudah mulai bisa merespon dan menghampiri ketika Mums mengatakan “ke sini” sebagai ajakan kepadanya. Di usia ini juga anak sudah bisa mengucapkan “mama” “dada” untuk sebutan kepada orang tua. Mums harus terus mengajaknya berkomunikasi karena di usia ini anak akan semakin rajin mengoceh berbagai macam kata meskipun belum begitu jelas kosa kata yang ia ucapkan. 

  • Kemampuan sosial dan emosional 

    Kemampuan sosial pada milestone bayi usia 10-12 bulan terlihat dari ketertarikannya dalam berinteraksi dengan Mums, Dads, atau orang yang sering ia lihat. Anak juga sedang senang-senangnya menirukan aktivitas yang ia lihat. Semakin lama, ia akan semakin mampu menunjukkan keinginannya. Di usia ini, anak akan semakin menikmati bermain dengan mainan tekstur yang bervariasi, serta sering menjelajahi lingkungan untuk meraih suatu barang yang menarik perhatiannya. 

Seperti yang Mums ketahui, tahap perkembangan setiap bayi memang berbeda-beda. Namun, adanya milestone bayi tersebut memudahkan Mums untuk memantau sejauh apa perkembangan kemampuan anak setiap bulannya. Dengan begitu, Mums juga dapat mengetahui dengan cepat bila ada gangguan pertumbuhan yang mungkin dialami anak. 

Nah, Mums salah satu cara praktis dan sederhana untuk memantau tumbuh kembang anak dengan menggunakan aplikasi PrimaKu. Aplikasi PrimaKu adalah aplikasi resmi dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) yang bermitra dengan FrieslandCampina. Dalam memantau masa pertumbuhan dan perkembangan anak, penting bagi Mums untuk selalu memenuhi asupan nutrisi hariannya. Untuk bayi yang masih berusia 0-6 bulan, sebaiknya penuhi asupan dari ASI eksklusif, tanpa ada campuran dari makanan padat. Oleh karena itu, Mums juga harus menjaga kualitas ASI agar gizinya dapat dicerna oleh anak. Mums bisa mengonsumsi susu untuk Ibu menyusui sebagai tambahan nutrisi, seperti susu Frisomum Gold Dualcare+ yang mengandung zat besi, kalsium, ALA/LA, nukleotida, dan prebiotik untuk mendukung kesehatan Mums dan anak. Ketika anak berusia di atas 6 bulan, Mums sudah bisa mengenalkannya dengan MPASI yang sehat dan lezat. 

 

Ditinjau Oleh: dr. Rulli P.A Situmorang