Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Pentingnya Pendidikan Karakter untuk si Kecil pada Masa Pertumbuhan

Pentingnya Pendidikan Karakter untuk si Kecil pada Masa Pertumbuhan

Si Kecil yang cerdas, mandiri serta mampu menyelesaikan masalah  merupakan gambaran ideal bagi hampir setiap orang tua. Jika menginginkan semua hal ini dimiliki si Kecil, tentu Mums harus mengetahui tips dan trik yang tepat. Kecerdasan si Kecil, selain dari sisi intelektual, juga perlu dibangun dari sisi karakternya. Pentingnya pendidikan karakter untuk si Kecil perlu dipahami, sehingga tumbuh kembang si Kecil bisa seimbang dan optimal.
Tidak seperti pendidikan intelektual yang bisa disampaikan secara teoritis, pendidikan karakter bisa disampaikan melalui aktivitas sehari-hari. Misalnya untuk pelajaran matematika yang bisa melatih kemampuan logika dan kemampuan berhitung si Kecil, tentu akan didapatkannya dalam materi pelajaran di sekolah.
Namun demikian, hal berbeda berlaku untuk pendidikan karakter. Karakter si Kecil akan terbentuk dari lingkungan hidupnya. Si Kecil akan melihat apa yang Mums lakukan, apa yang dilakukan gurunya di sekolah, apa yang dilakukan teman-temannya, apa yang dilakukan orang yang ditemuinya, kemudian akan ia serap dan adaptasi dengan nilai dasar yang dipahaminya.
Pendidikan karakter menjadi penting sebab ini yang akan membentuk karakternya. Membentuk sifat dan responnya terhadap masalah, memaksimalkan kemampuan berpikir dan perilakunya. Memang pada akhirnya si Kecil yang memiliki karakter tidak berarti si Kecil yang selalu bertindak benar. Namun lebih kepada si Kecil yang mampu merespons dan menyikapi persoalan yang ditemuinya secara tepat dan mengambil keputusan terbaik.
Pentingnya pendidikan karakter bisa dilihat dari beberapa poin di bawah ini. Tanpa bermaksud menggurui, artikel ini ditujukan agar dapat membuka pengetahuan lebih luas untuk Mums, sehingga dapat mendampingi tumbuh kembang si Kecil lebih baik.

Ketenangan

Memiliki karakter yang baik bisa berarti si Kecil dapat menghadapi persoalan yang ditemuinya dengan kepala dingin. Idealnya ketika si Kecil memiliki ketenangan ketika berhadapan dengan masalah, maka keputusan yang diambilnya akan cenderung yang terbaik. Hal ini bisa dibiasakan sejak saat si Kecil mulai bisa mengenali emosi.
Mums bisa melatih ketenangan si Kecil dengan mendampinginya ketika si Kecil bermain. Ketika si Kecil menghadapi persoalan, bantu secara perlahan dan upayakan agar si Kecil bisa menyelesaikan persoalan tersebut dengan tangannya sendiri. Segera ambil sikap ketika si Kecil mulai menunjukkan tanda-tanda emosi negatif, seperti menangis atau mulai marah.

Kemampuan Berpikir

Kemampuan berpikir yang dimiliki oleh si Kecil, terbangun dari latihan yang dilakukannya setiap hari. Baik melalui pelajaran formal, atau melalui aktivitas yang dilakukannya setiap hari bersama Mums. Melalui perjalanan formal, si Kecil bisa melatih kemampuan berpikir lewat pelajaran seperti matematika dan bahasa,
Sedangkan melalui aktivitas sehari-hari, si Kecil akan berlatih dengan menghadapi persoalan di rumah. Misalnya dengan apa yang harus dilakukan ketika ia kesulitan menemukan barang, atau apa yang harus dilakukan ketika Mums meminta bantuan, atau mungkin saja juga bisa dilatih ketika si Kecil berkebun atau memasak.

Memiliki Tanggung Jawab

Satu hal yang bisa menunjukkan pentingnya pendidikan karakter adalah dengan karakter yang baik si Kecil paham apa yang dinamakan tanggung jawab. Setiap hal yang dilakukannya akan memiliki konsekuensi. Dengan karakter yang kuat, si Kecil akan memahami hal ini, sehingga ia bisa mengambil tanggung jawab dengan baik.
Mungkin saja Mums beranggapan bahwa dengan karakter yang baik si Kecil akan selalu melakukan hal yang benar, menjadi pribadi yang mudah diasuh, dan tidak pernah berbuat onar. Namun demikian, karakter yang kuat yang tertanam dalam diri si Kecil akan memberikan si Kecil kemampuan untuk menyadari apa yang dilakukannya. Mengetahui apakah hal itu benar atau salah, dan mempertanggungjawabkannya.
Karakter yang kuat akan membuat si Kecil mampu bangkit dari kesalahan yang pernah dibuatnya. Tentu saja, dalam konteks ini adalah kesalahan anak-anak seperti misalnya memecahkan gelas, atau menghilangkan botol minum. Si Kecil berani mengakui kesalahannya, dan mau meminta maaf. Ini yang menjadi faktor penting dari karakter yang dimiliki si Kecil.

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, kemampuan dan karakter si Kecil tak bisa semata diserahkan pada lembaga pendidikan formal. Dukungan dari Mums dan orang sekitar yang dekat dengan si Kecil sangat penting, untuk memberikan contoh langsung. Si Kecil lebih mudah menyerap apa yang dilihatnya secara langsung daripada melalui teori-teori dari buku. Tentu saja hal ini tanpa mengesampingkan peran penting pendidikan formal untuk membantu mengoptimalkan pertumbuhan logikanya.
Mums, memahami pentingnya pendidikan karakter untuk si Kecil adalah satu hal penting. Tapi menjamin nutrisi harian si Kecil terpenuhi adalah hal penting lain yang tidak boleh dilupakan. Untuk membantu Mums memenuhi kebutuhan nutrisinya, berikan Friso Gold 4. Dengan kandungan nutrisi yang ada serta teknologi Locknutri, akan menjaga kualitas nutrisi alami yang ada dalam Friso Gold 4 sehingga mudah dicerna tubuh si Kecil  dan membuatnya kuat dari dalam. Selain itu, Mums juga bisa berkonsultasi secara langsung dengan Ahli Nutrisi Alami Friso (ANA) melalui situs resmi Friso dengan fitur live chat yang disediakan.

Selamat! Mums beruntung berkesempatan mendapatkan Free Sample dari Friso!

Daftar Sekarang