Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Pentingnya Vitamin A untuk Masa Tumbuh Kembang si Kecil

Pentingnya Vitamin A untuk Masa Tumbuh Kembang si Kecil

Asupan nutrisi merupakan salah satu kunci periode tumbuh kembang yang optimal. Asupan ini bersumber dari beragam bahan pangan, baik berupa makanan padat maupun cair. Salah satu nutrisi yang penting dalam mendukung tumbuh kembang si Kecil adalah Vitamin A. Pemenuhan kebutuhan nutrisi ini dapat membantu si Kecil tumbuh optimal. Namun bukankah Vitamin A lebih banyak dibahas kaitannya dengan penglihatan?

Sebenarnya, Vitamin A tidak hanya terbatas pada hal tersebut saja perannya. Dalam konteks tumbuh kembang si Kecil, vitamin ini berperan untuk membantu proses pembentukan daya tahan tubuh dan merawat daya tahan tubuh tersebut. Ketika tubuh memiliki daya tahan yang kuat, maka si Kecil tidak akan cepat sakit dan penyerapan nutrisi dari makanan yang dikonsumsinya menjadi lebih optimal.

Manfaat Vitamin A dalam Masa Tumbuh Kembang

Jika dilihat dalam konteks tumbuh kembang, seperti yang disebutkan sebelumnya, Vitamin A tidak hanya berperan dalam membantu menjaga kesehatan organ penglihatan yaitu mata, namun juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan imunitas tubuh si Kecil. Beberapa manfaat nutrisi ini secara umum adalah sebagai berikut.

Mendukung imunitas tubuh, dengan imunitas yang baik si Kecil akan menjadi lebih sehat dan tahan terhadap resiko serangan penyakit yang selalu mengintai.

Menjaga kesehatan kulit, dengan asupan Vitamin A yang cukup kulit si Kecil akan lebih kenyal dan lembab sehingga tidak mudah tergores dan terluka.

Membantu penyembuhan, untuk sakit campak dan mata si Kecil yang kering Mums dapat memberikan asupan Vitamin A agar kondisinya lekas membaik.

Membantu menjaga kesehatan organ pencernaan, organ pencernaan merupakan bagian krusial dalam penyerapan nutrisi yang diperlukan tubuh si Kecil untuk tumbuh. Dengan menjaganya tetap sehat, idealnya penyerapan nutrisi akan semakin optimal dan si Kecil bisa tumbuh sehat dan posturnya ideal.

Tetu di luar manfaat berkaitan dengan daya tahan tubuh atau sistem imunitas si Kecil di atas, VItamin A juga memiliki peran besar dalam menjaga kesehatan serta perkembangan mata. Konsumsi nutrisi ini dengan kadar yang cukup dapat membantu si Kecil memiliki penglihatan yang lebih tajam hingga hari tuanya kelak.

Jenis Makanan Sumber VItamin A 

Dalam rangka pemenuhan kebutuhan nutrisi untuk si Kecil, serangkaian makanan dan minuman sehat bisa Mums berikan. Ada baiknya Mums juga mengetahui ap-apa saja yang menjadi sumber dari vitamin yang satu ini, untuk melakukan variasi menu agar si Kecil tidak cepat bosan dengan makanan sehari-harinya. Beberapa makanan yang menjadi sumber vitamin ini adalah :

  • Wortel (bisa di jus atau diolah menjadi sayur)
  • Ubi rebus
  • Bayam
  • Melon
  • Aprikot
  • Paprika merah
  • Mangga
  • Sereal oatmeal
  • Brokoli
  • Kacang polong
  • Tomat
  • Persik
  • Telur
  • Keju
  • Pepaya
  • Susu

Daftar tersebut bisa Mums kreasikan sesuai dengan selera dan kesukaan si Kecil. Memang beberapa sayuran mungkin tidak terlalu disukainya, namun dengan kreativitas Mums pada menu makanan, dijamin si Kecil akan menjadi lahap dan tercukupi kebutuhan nutrisinya. Tentu bahan makanan tersebut tak hanya mengandung Vitamin A saja, masih banyak nutrisi lain yang baik untuk tumbuh kembang sehingga melakukan variasi menu juga jadi hal yang disarankan.

Jumlah Kebutuhan si Kecil

Pada usia 1 hingga 3 tahun wajarnya si Kecil memerlukan asupan vitamin ini sebanyak 300 mikrogram setiap hari. Jumlah ini adalah jumlah ideal, namun bisa saja lebih tinggi atau lebih rendah tergantung dengan kondisi tubuh si Kecil. Untuk dapat memastikannya, Mums bisa berkonsultasi dengan dokter anak kepercayaan Mums agar dapat mengetahui dengan tepat jumlah yang diperlukan si Kecil.

Dengan asupan jumlah ideal ini, idealnya tubuh si Kecil sudah mendapatkan suplai dalam kadar yang tepat untuk membangun daya tahan tubuh, merawat kesehatan kulit, menurunkan resiko berbagai penyakit serta menjaga kesehatan dan perkembangan organ penglihatan. Kondisi tubuh yang sehat akan membuat masa tumbuh kembangnya semakin maksimal.

Dengan daya tahan tubuh yang kuat, si Kecil dapat tumbuh dengan ideal sesuai dengan usianya. Tentu, tidak kemudian semata hanya dengan memenuhi kebutuhan Vitamin A saja kemudian si Kecil memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Membentuk daya tahan tubuh yang kuat juga harus dilakukan dengan memenuhi asupan nutrisi lainnya serta kegiatan fisik yang intens agar tubuhnya terbiasa bergerak untuk merangsang penyerapan nutrisi dan pembentukan daya tahan tubuh.

Vitamin A merupakan salah satu nutrisi yang terkandung dalam Friso Gold 3. dengan rasa yang nikmat serta kandungan nutrisi yang kaya, Friso Gold 3 dapat menjadi partner Mums dalam memenuhi kebutuhan nutrisi harian si Kecil. Dilengkapi pula dengan teknologi Locknutri yang menjamin kualitas nutrisi alami susu sehingga mudah diserap tubuh, sehingga si Kecil bisa mendapatkan manfaat maksimal dari susu alami yang menjadi bahan dasarnya.