Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Penuhi Vitamin Pencernaan si Kecil untuk Menunjang Proses Tumbuh Kembangnya

Penuhi Vitamin Pencernaan si Kecil untuk Menunjang Proses Tumbuh Kembangnya

Tumbuh kembang yang terjadi pada badan seorang anak, memerlukan bahan bakar berupa nutrisi. Nutrisi ini bisa didapatkan dari berbagai sumber, baik sumber alami maupun buatan seperti misalnya susu pertumbuhan. Tentu, dalam rangka penyerapan nutrisi, yang menjadi faktor pendukung utama adalah sistem pencernaan yang sehat. Untuk mendapat sistem pencernaan yang sehat, diperlukan vitamin pencernaan si Kecil yang tepat pula.

Sistem pencernaan pada si Kecil, dan juga pada orang dewasa, merupakan jalan utama masuknya berbagai asupan makanan yang mengandung nutrisi yang diperlukan tubuh untuk berkembang. Ketika sistem pencernaan ini sehat, maka kerjanya akan optimal dan penyerapan nutrisi berjalan dengan baik. Tubuh yang mendapat asupan nutrisi cukup akan dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal pula.

Selain untuk tumbuh kembang, nutrisi ini juga diperlukan untuk membangun daya tahan tubuh si Kecil. Ketika asupan nutrisi kurang, maka si Kecil akan mudah terserang penyakit atau virus. Selain merepotkan untuk orang tua, lemahnya daya tahan tubuh si Kecil juga akan mengganggu aktivitas dan pertumbuhan si Kecil secara keseluruhan.

Tubuh adalah Serangkaian Sistem Mekanisme Kerja

Kesehatan pencernaan si Kecil menjadi faktor yang sangat penting karena bagian ini menjadi mekanisme pengolahan makanan yang masuk dan membawa nutrisi. Setiap bagian dari tubuh si Kecil yang memerlukan nutrisi akan bergantung pada kemampuan sistem pencernaan untuk mengolah makan yang masuk.

Jadi jelas, ketika sistem ini tidak sehat atau kekurangan vitamin pencernaan si Kecil , maka keseluruhan sistem kerja tubuh si Kecil juga akan terganggu. Pertumbuhan dan perkembangan fisik serta otak yang tidak optimal, mudahnya terserang penyakit hingga semangat beraktivitas yang menurun bisa menjadi akibat yang muncul akibat ketidaksehatan sistem pencernaan.

Analoginya seperti mobil. Ketika sistem pengapian yang ada pada bagian mobil terganggu, maka keseluruhan kinerja dan operasional mobil juga akan ikut terganggu. Pengapian sebagai pemantik utama bertanggung jawab atas berjalannya setiap proses yang diperlukan mobil untuk beroperasi, sehingga harus selalu dijaga agar tetap berfungsi dengan baik dan dalam keadaan ‘sehat’.

Meningkatkan Kesehatan Pencernaan Berarti Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Mengingat pentingnya sistem pencernaan untuk keberlangsungan tumbuh kembang si Kecil dan daya tahan tubuhnya, maka sistem ini harus selalu dijaga kesehatannya. Bagaimana cara paling tepat untuk menjaga kesehatan sistem ini? Tentu jawabannya adalah asupan nutrisi dan jenis makanan yang seimbang sehingga tidak memberatkan kerja sistem pencernaan si Kecil .

Untuk si Kecil berusia 3 hingga 6 tahun, pemenuhan nutrisi menjadi hal yang memerlukan sedikit siasat dan taktik unik. Pasalnya, nutrisi yang diperlukan si Kecil banyak berasal dari buah dan sayuran, yang notabene kurang disukai anak-anak. Kecenderungan si Kecil adalah lebih menyukai makanan dengan komposisi daging, atau memiliki rasa manis, entah itu dari pemanis alami atau buatan.

Menjadi sedikit sulit karena orang tua harus pandai-pandai menyisipkan jenis makanan yang bernutrisi tinggi namun tidak disukai si Kecil seperti buah dan sayuran. Terkadang ada saja alasan si Kecil untuk tidak memakan apa yang sudah disediakan oleh orang tua. Namun biar bagaimanapun caranya, si Kecil memerlukan nutrisi yang terkandung dalam makanan-makanan tersebut.

Kerumitan dan keunikan taktik juga diperlukan, manakala si Kecil malah lebih banyak mengkonsumsi makanan yang cenderung tidak sehat dan tidak bernutrisi. Selain harus memenuhi nutrisi, orang tua juga kemudian harus dapat mengarahkan si Kecil agar mengurangi konsumsi makanan yang tidak sehat dan mengandung terlalu banyak lemak tak baik.

kembali membahas mengenai daya tahan tubuh, nutrisi yang masuk kemudian akan diolah untuk membangun sistem tersebut. Daya tahan tubuh yang kuat dibangun dengan nutrisi yang cukup serta aktivitas yang juga cukup. Ketika si Kecil telah mendapatkan keduanya, maka orang tua sudah bisa mempercayakan tumbuh kembang serta kesehatan si Kecil.

Jenis Makanan Kaya Nutrisi

Sebagai acuan utama untuk asupan makanan si Kecil, sebenarnya orang tua tidak perlu memberikan makanan yang mewah atau dengan kondisi tertentu. Cukup dengan memenuhi porsi makan empat sehat lima sempurna, setiap nutrisi yang diperlukan si Kecil untuk tumbuh dan berkembang serta memiliki daya tahan tubuh yang baik akan terpenuhi.

Tentu saja, vitamin pencernaan si Kecil juga harus diperhatikan dalam komposisi makanan yang diberikan agar sistem pencernaannya tetap terjaga. Nutrisi yang diperlukan biasanya berasal dari makan berserat serta memiliki kandungan FOS dan GOS. Ketiga hal ini menjadi nutrisi pokok yang diperlukan untuk menjaga sehatnya sistem pencernaan milik si Kecil.

Dalam masa pertumbuhan, katakanlah pada usia 3 hingga 6 tahun, keterpenuhan nutrisi menjadi sangat krusial demi tercapainya tumbuh kembang yang optimal. Vitamin pencernaan si Kecil, sebagai satu variabel dari kebutuhan si Kecil, harus senantiasa dipenuhi. Selain itu untuk pemenuhan asupan nutrisi lainnya, orang tua bisa memberikan susu dengan nutrisi lengkap seperti Friso Gold 4. Susu ini memiliki teknologi Locknutri, yang melindungi nutrisi alami selama proses produksinya, sehingga nutrisi lebih mudah diserap tubuh si Kecil, serta membantunya untuk tumbuh kuat dari dalam. Jika ingin berkonsultasi lebih lanjut mengenai nutrisi si Kecil, jangan ragu untuk tanyakan langsung ke Ahli Nutrisi Alami Friso (ANA) yang ada di pojok kanan bawah website Friso.