Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Penyebab Anak Sering Menangis Tengah Malam

Penyebab Anak Sering Menangis Tengah Malam

Anak sering menangis di tengah malam tak hanya akan menimbulkan kekhawatiran bagi Mum. Saat anak sering menangis di tengah malam, Mum juga pasti merasa lelah dan insecure mencoba mencari sumber masalahnya. Waktu malam hari wajarnya merupakan waktu bagi istirahat baik itu untuk Mum maupun untuk anak. Jika anak sering menangis di tengah malam, bisa jadi terjadi sesuatu yang bermasalah terhadap anak entah itu secara fisik maupun secara mental. Nah apa sih sebenarnya yang menjadi penyebab anak sering menangis di tengah malam? Yuk simak artikel ini untuk mencari tahu lebih lanjut.

Mengapa Anak Sering Menangis di Tengah Malam?

Anak sering menangis di tengah malam di satu sisi merupakan bagian dari masa perkembangan anak. Pada umur sekitar 18 bulan hingga enam tahun, anak mengalami perkembangan fisik dan mental yang cukup signifikan. Perkembangan ini menyebabkan mereka terasa kewalahan secara fisik dan mental. Aktivitas-aktivitas yang dilakukan oleh anak pada siang hari dapat menyebabkan kelelahan. Saat anak terlalu kelelahan beraktifitas ini dapat berdampak pada kualitas tidur mereka di malam hari. Lebih lagi, aktivitas lain seperti menonton TV dapat memunculkan imajinasi yang tanpa disadari mempengaruhi kondisi mental si anak. Oleh karena itu, saat mereka istirahat di waktu malam menyebabkan anak merasa tidak nyaman dan menangis di tengah malam.

Anak sering menangis di tengah malam biasanya terjadi karena beberapa hal. Anak sering menangis di tengah malam bisa berlangsung dari 20 sampai 30 menit. Setelah itu biasanya anak akan kembali tertidur lelap. Oleh karena saat anak mengalami teror malam Mum perlu dengan sabar menghadapi dan mendampingi si anak. Teror malam biasanya beberapa gejala diantaranya:

  • tiba-tiba menangis dan berteriak serta terlihat pucat dan takut
  • bernafas berat, berkeringat dan menatap dengan mata terbuka lebar
  • Menendang-nendang dan terlihat histeris

Kondisi ini bisa terjadi karena anak mengalami teror malam atau mimpi buruk. Teror malam dan mimpi buruk merupakan dua kondisi berbeda yang Mum perlu ketahui tanda-tandanya. Teror malam biasanya lebih jarang terjadi. Teror malam bukanlah mimpi buruk sehingga saat Mum menghampiri, anak mungkin tidak dapat memberitahu Mum apa yang menyebabkan mereka merasa takut. Teror malam biasanya terjadi pada masa awal siklus tidur sang anak sekitar 1-2 jam setelah mereka terlelap. Saat mengalami teror malam, anak biasanya tidak benar-benar terbangun. Mereka terlihat setengah sadar namun terlihat seperti sedang takut akan sesuatu. Anak yang mengalami teror malam dapat juga berbicara atau berjalan saat mereka tertidur. Anak sering menangis di tengah malam yang disebabkan oleh teror malam biasanya terjadi karena adanya perubahan pada pola tidur anak karena sesuatu yang membuat stress, atau karena tidak ada stress yang terjadi dalam jangka waktu tertentu.

Sementara itu, mimpi buruk menyebabkan anak terbangun karena merasa takut atau terkejut. Mimpi buruk biasanya terjadi pada fase terakhir siklus tidur anak karena kebanyakan mimpi berlangsung pada akhir malam. Berbeda dengan teror malam, saat Mum menghampiri si anak biasanya anak dapat menceritakan hal apa yang membuat mereka takut. Anak sering menangis di tengah malam yang disebabkan oleh mimpi buruk biasanya dipicu oleh imajinasi-imajinasi seperti mengenai monster, bencana, atau imajinasi lain. 

Menyikapi Anak Sering Menangis di Tengah Malam

Catatan penting yang perlu Mum ketahui mengenai anak sering menangis di tengah malam adalah baik mimpi buruk maupun teror malam bukanlah tanda adanya permasalahan kesehatan mental. Meskipun, mimpi buruk dan teror malam dapat lebih sering terjadi saat anak mengalami stress. Teror malam dapat terjadi secara keturunan sementara untuk mimpi buruk merupakan hal yang lebih umum dialami oleh anak.

Untuk membantu mengurangi anak sering menangis di tengah malam, Mum dapat mengatur aktivitas yang dilakukan oleh anak di siang hari. Mum dapat menghimbau anak untuk tidak menonton terlalu lama. Lebih baik jika Mum bisa membatasi tontonan yang dikonsumsi oleh anak. Jangan sampai anak sudah menonton adegan-adegan yang belum layak ditonton oleh mereka seperti misalnya adegan yang terlalu mengerikan. Selain itu, Mum juga perlu mengawasi aktivitas anak agar tidak terlalu menguras energi mereka. Meskipun masa kecil merupakan waktu bermain, si kecil juga memerlukan asupan energi yang seimbang dan juga istirahat. Terlalu lelah akan mengganggu pola tidur anak di waktu malam.

Untuk anak sering menangis di tengah malam karena teror malam, Mum perlu memperhatikan polanya. Teror malam biasanya tidak hanya terjadi satu atau dua kali dan muncul dalam siklus yang cukup mudah diamati. Maka dari itu Mum dapat memperhatikan kapan waktu anak mengalami teror malam setelah berapa lama mereka tidur. Jika anak berada pada fase dimana mereka sering mengalami teror malam, Mum menghampiri anak di waktu perkiraan mereka akan mengalami teror malam. Mum dapat menenangkannya, mengajak bicara, dan mungkin memberikannya minum atau menawarkan untuk pergi ke toilet. Setelah anak cukup tenang, Mum dapat menidurkan anak kembali seperti sebelumnya. Jika anak mengalami teror malam, Mum perlu memperhatikan apa saja yang sedang terjadi dan dialami oleh anak. Jika dirasa terdapat sesuatu yang dirasa dapat membuat anak stress, Mum dapat mempertimbangkan untuk membicarakan atau mengatasi masalah tersebut.

Sementara untuk anak yang mengalami mimpi buruk, Mum dapat mengatasinya dengan menghampiri sang anak saat ia terbangun karena mimpi buruk. Tenangkan hatinya dan ajak si anak bercerita mengenai apa yang terjadi untuk membantu menenangkan perasaannya. Berikan pemahaman bahwa mimpi yang anak alami bukanlah sesuatu yang nyata dan tidak akan benar-benar terjadi. Seiring waktu anak akan mempelajari bahwa mimpi buruk bukanlah hal yang nyata dan juga belajar menyikapinya. Mum dapat memberikan minuman hangat seperti coklat panas atau susu Friso Gold 4 hangat untuk membantu anak merasa lebih tenang dapat kembali tertidur dengan nyenyak. Friso Gold 4  dengan teknologi Locknutri menjaga kualitas nutrisi dalam keadaan alami sehingga lebih mudah diserap tubuh si Kecil. Jadi itu ya Mum kurang lebih mengenai penyebab anak sering menangis di tengah malam serta bagaimana cara menyikapinya. Semoga dapat menjadi tambahan wawasan bagi Mum, ya!