Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Perbanyak Kosakata Balita dengan Aktivitas Seru Ini ,Yuk!

Perbanyak Kosakata Balita dengan Aktivitas Seru Ini ,Yuk!

Wah, si Kecil tak henti-hentinya membuat kagum ya, Mum! Belum habis kebahagiaan Mum ketika mendengar ia mengucapkan kata pertamanya, kini ia kembali memberi kejutan dengan mengucapkan kalimat sederhana, “Aku mau susu.” Didukung dengan asupan makanan bergizi serta susu balita terbaik, kemampuan verbal si Kecil memang berkembang dengan pesat. Guna memperkaya kosakatanya, berikut adalah beberapa kegiatan yang bisa Mum lakukan bersama si Kecil. Yuk, kita simak sama-sama!

  • Melakukan Percakapan

    Selain membantu menambah kosakatanya, mengajak si Kecil bercakap-cakap juga dapat mengenalkannya pada struktur kalimat yang lebih kompleks lho, Mum. Baiknya lagi, percakapan bisa dilakukan kapan dan dimana saja; misalnya ketika memakaikan si Kecil baju, membuatkannya makanan, atau saat menemani ia bermain. Percakapan pun bisa dimulai dengan menanyakan hal-hal sederhana; seperti makanan apa yang ia suka, berapa jumlah sepatu yang ia miliki, atau dimana ia biasa menyimpan mainan.

  • Membacakan Buku Cerita

    Membacakan si Kecil buku cerita, merupakan salah satu cara yang efektif untuk menambah kosakatanya. Namun, sebaiknya sediakan buku cerita yang dilengkapi gambar ya, Mum. Selain dapat membuat si Kecil lebih tertarik, buku cerita bergambar juga bisa membantu ia memahami cerita yang Mum bacakan. Tidak berhenti sampai di situ, Mum juga bisa, lho, mengajak si Kecil untuk menyampaikan pendapatnya. Misalnya, dengan menanyakan karakter mana yang baik dan jahat dalam cerita tersebut. Selain buku cerita, Mum juga bisa menambah kosakatanya dengan buku berisi gambar makanan balita yang biasa ia konsumsi sehari-hari, seperti susu, buah, sayuran, atau sereal.

  • Bernyanyi Bersama

    Bernyanyi bisa menjadi metode belajar yang menyenangkan sekaligus efektif lho, Mum. Pasalnya, pengulangan lirik dalam sebuah lagu dapat memudahkan si Kecil untuk mengingat kata-kata baru. Apalagi jika lagu tersebut diikuti dengan gerakan tertentu, seperti lagu Kepala Pundak Lutut Kaki atau Topi Saya Bundar. Jenis lagu seperti ini tidak hanya mampu menambah kosakatanya, tapi juga bisa membuat tubuhnya lebih aktif bergerak. Setelah melakukan aktivitas ini, kembalikan energi si Kecil dengan memberikannya asupan balita yang bergizi ya, Mum.

  • Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan

    Setelah mengetahui kegiatan apa saja yang bisa Mum lakukan untuk menambah kosakata si Kecil, berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika mengajarkan ia kata-kata baru.

  • Membicarakan Hal yang Menarik bagi si Kecil

    Agar si Kecil lebih antusias untuk menambah kosakata baru, sebaiknya pilih kata-kata yang berhubungan dengan sesuatu yang disukainya. Sebagai contoh, jika mainan favoritnya adalah mobil-mobilan, Mum bisa mengenalkan kata yang berhubungan dengan objek tersebut, seperti “roda”, “mesin”, atau “setir”. Kemudian, gunakan dalam kalimat seperti “Mobil rodanya ada empat.” atau “Setir mobil bentuknya lingkaran.” Menjelaskan tentang makanan favorit atau susu balita terbaik yang biasa ia konsumsi juga bisa dilakukan lho, Mum, misalnya “Makanan dan susu itu bisa membuat kamu jadi sehat. Kalau kamu sehat, kamu bisa bermain dan jalan-jalan. Jadi, jangan malas makan dan minum susu, ya.”

  • Tidak Melakukan Percakapan secara Berlebihan 

    Sering melakukan percakapan dengan si Kecil memang baik untuk memperkaya kosakatanya. Namun, sebaiknya jangan berlebihan ya, Mum. Lihat kondisi si Kecil terlebih dahulu, apakah ia sedang bersemangat untuk bercakap-cakap atau tidak. Selain itu, memberi si Kecil waktu untuk merespon apa yang Mum katakan juga penting untuk diperhatikan, mengingat ia butuh beberapa saat untuk merangkai kalimat.

  • Bantu si Kecil Memahami Arti Kata Baru

    Guna memastikan si Kecil benar-benar memahami arti sebuah kata baru, Mum bisa membantunya dengan memberikan penjelasan mengenai kata tersebut. Misalnya, ketika mengenalkan kata “setir”, Mum bisa memberi penjelasan seperti “Setir itu gunanya untuk mengendalikan arah mobil. Kalau kamu mau belok, setir diputar ke kiri atau kanan.”

    Menambah kosakata si Kecil ternyata bisa dilakukan dengan cara sederhana kan, Mum? Guna mendukung proses belajarnya, berikan Friso Gold 3 yang diformulasikan dengan Vitamin A, C, dan E, serta kandungan Prebiotik, Nukleotida, Zink, Zat Besi, dan Selenium. Susu Friso diproduksi dengan konsep Single Process tanpa pemanasan berlebih, sehingga nutrisi alami susu balita terbaik ini tetap terjaga dan lebih mudah dicerna tubuh.