Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Perhatikan 5 Hal Ini untuk Menjaga SIstem Imun si Kecil!

Perhatikan 5 Hal Ini untuk Menjaga SIstem Imun si Kecil!

Si Kecil yang mudah terserang penyakit tidak selalu dikarenakan musim atau cuaca, namun juga menurunnya sistem imun yang dimiliki. Sistem imun ini sendiri bekerja sebagai benteng pertahanan tubuh si Kecil terhadap serangan virus dan bakteri jahat yang membawa penyakit. Jika sistem ini menurun kerjanya, maka tidak heran jika si Kecil jadi mudah terserang penyakit.

Daya tahan tubuh dan sistem imun dibentuk dengan berbagai faktor. Misalnya dengan imunisasi, yang secara teratur dapat memberikan kekebalan pada penyakit tertentu. Namun demikian, sistem kekebalan tubuh ini juga perlu tetap dijaga agar dalam kondisi terbaik dan dapat bekerja sempurna. Secara tidak sengaja, terkadang menurunnya sistem imun disebabkan beberapa hal yang sebenarnya sederhana namun kurang mendapat perhatian.

Setidaknya ada 5 penyebab menurunnya performa sistem kekebalan tubuh si Kecil. Simak penjelasannya berikut ini ya Mums!

Lingkungan Terlalu Bersih

Bagaimana bisa? Bukannya lingkungan yang bersih justru jadi syarat untuk kesehatan si Kecil? Ya, secara ideal, lingkungan yang bersih diperlukan untuk si Kecil tumbuh dan berkembang. Namun jika si Kecil berada di lingkungan yang terlalu bersih secara terus-menerus maka daya tahan tubuhnya tidak akan dapat mengenali berbagai bakteri atau virus jahat yang ada di sekitarnya.

Sesekali Mums perlu mengajak si Kecil berkegiatan di luar ruangan, seperti di taman, menjelajah alam dan sebagainya. Bahkan nyatanya anak-anak yang banyak beraktivitas di luar ruang, yang cenderung terpapar banyak bakteri di alam, memiliki daya tahan tubuh yang lebih kuat dan mood yang jauh lebih baik daripada anak-anak yang setiap hari berada di dalam ruangan tertutup.

Aktivitas FIsik

Kegiatan luar ruang juga biasanya dibarengi dengan aktivitas fisik yang intens. Mulai dari berjalan, berlari, memanjat, mendaki dan berbagai gerakan lainnya, dapat membantu tubuh si Kecil tumbuh dan berkembang serta memperkuat daya tahan tubuhnya. Gerakan fisik yang aktif dapat memberikan stimulus pada kelancaran aliran darah si Kecil, sehingga tubuhnya senantiasa sehat.

Lancarnya peredaran darah juga akan membantu sel darah putih, yang berperan sebagai pertahanan pada virus dan bakteri, untuk beredar ke setiap bagian tubuh si Kecil. Dengan begini, sel darah putih dapat melawan virus atau bakteri yang masuk dan akan menimbulkan penyakit. Selain itu gerakan fisik juga membantu tubuh si Kecil menyerap nutrisi dan mengolahnya menjadi zat yang diperlukan untuk tumbuh kembang fisik dan kecerdasannya.

Konsumsi Gula

Di antara hampir semua anak-anak di dunia, rasa manis merupakan rasa yang paling banyak disukai. Tentu Mums akan setuju dengan kalimat pertama tersebut karena memang nyatanya demikian bukan? Konsumsi makanan manis seperti permen, es krim, coklat dan yang lainnya memberikan asupan gula yang memang diperlukan si Kecil. Namun tidak demikian jika gula yang digunakan bukan gula alami dan kadarnya berlebihan.

Gula buatan yang terkandung dalam makanan seperti yang disebutkan di atas dapat mengurangi kemampuan sel darah putih dalam memerangi kuman dan virus. Akibatnya pertahanan dan sistem imun tubuh si Kecil akan menurun dan mudah terserang penyakit. Upayakan si Kecil mendapat asupan gula alami dalam jumlah yang tidak berlebihan agar dapat bermanfaat secara maksimal.

Antibiotik

Ketika si Kecil sedang sakit, tidak jarang dokter memberikan antibiotik beserta dengan obat yang harus dikonsumsinya. Antibiotik ini harus dikonsumsi hingga habis meskipun sakit yang dideritanya sudah sembuh. Tujuannya jelas, agar tubuh si Kecil mampu bertahan dari serangan penyakit yang sama di kemudian hari. Selalu gunakan antibiotik sesuai petunjuk dokter dan sebisa mungkin jangan gunakan antibiotik jika memang tidak diperlukan atau tidak direkomendasikan dokter.

Nutrisi Harian

Kecukupan nutrisi harian sangat diperlukan oleh si Kecil. Tidak hanya untuk tumbuh kembangnya, namun juga untuk membangun sistem pertahanan tubuh yang kuat. Nutrisi yang diserap oleh tubuh si Kecil juga berperan besar dalam pembentukan sistem imun yang dimilikinya, sehingga nutrisi harian harus dipenuhi setiap hari.

Untuk memenuhi nutrisi harian ini, Mums harus memberikan banyak makanan dan minuman bernutrisi sesuai dengan usia si Kecil. Buah dan sayur misalnya, untuk memberikan asupan vitamin dan serat. Lalu nasi atau roti, untuk memberikan asupan karbohidrat. Dan masih banyak lagi. Kombinasikan berbagai makanan dan minuman agar si Kecil tetap memiliki nafsu makan yang tinggi dan tidak mudah bosan.

Untuk membantu Mums dalam mencukupi kebutuhan nutrisi harian si Kecil demi memiliki sistem imun yang kuat, Mums bisa memberikan Friso Gold 4. Dengan teknologi Locknutri, kualitas alami nutrisi akan terjaga dan lebih mudah diserap tubuh si Kecil. Ini akan membantu si Kecil agar kuat dari dalam sehingga tidak mudah terserang penyakit dan bisa sembuh lebih cepat dari penyakit yang dideritanya. Mums juga bisa berkonsultasi dengan Ahli Nutrisi Alami Friso (ANA) secara langsung dengan fitur live chat.

Selamat! Mums beruntung berkesempatan mendapatkan Free Sample dari Friso!

Daftar Sekarang