Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Perhatikan 6 Hal Ini agar Anak 1 Tahun Aman Bermain di Rumah

Perhatikan 6 Hal Ini agar Anak 1 Tahun Aman Bermain di Rumah

Susu anak 1 tahun dan makanan bergizi penting untuk diberikan secara rutin guna mendukung proses tumbuh kembang si Kecil. Apalagi di usianya saat ini, ia bisa jadi sudah mampu berjalan dan menjelajahi seisi rumah tanpa bantuan. Guna mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, Mum harus selalu mengawasi si Kecil supaya ia tidak meraih benda-benda yang mungkin dapat membahayakannya. Selain itu, beberapa hal berikut juga perlu diperhatikan agar si Kecil tetap aman ketika bermain di rumah. Apa saja? Yuk simak informasi lengkapnya!

  1. Tepi Perabot Rumah Tangga

    Perabot rumah tangga dengan tepi yang lancip seperti meja, rak buku, atau lemari, tentu dapat membahayakan si Kecil. Oleh karenaitu, Mum sebaiknya menutup setiap tepi perabot tersebut dengan pengaman khusus yang terbuat dari karet atau material lembut lainnya. Hal ini berguna untuk meminimalisir risiko cedera jika kepala si Kecil tanpa sengaja terbentur.

  2. Jendela

    Guna mencegah si Kecil keluar melalui jendela, Mum disarankan untuk memasang pagar pelindung jendela dengan besi yang berjarak tidak lebih dari 10 sentimeter. Jika jendela di rumah Mum dipasangi tirai atau kerai, pastikan juga tali penariknya tidak bisa dijangkau oleh si Kecil guna mencegah risiko ia terlilit.

  3. Tangga dan Pintu

    Memasuki usia satu tahun, rasa ingin tahu si Kecil akanbenda-benda di sekitarnya semakin besar. Sehingga, ia bisa saja mencoba untuk menaiki tangga yang ada di rumah. Untuk mencegahnya, sebaiknya Mum memasang pagar penghalang di kedua ujung tangga. Selain itu, tutup dan kunci semua pintu menuju ruangan yang berisi barang-barang yang bisa berbahaya bagi si Kecil, misalnya gudang, kamar mandi, dan dapur.

  4. Peralatan Elektronik

    Supaya si Kecil terlindungi, Mum memang disarankan untuk menutup stop kontak atau colokan listrik sejak ia sudah bisa merangkak. Namun ketika si Kecil sudah mampu berjalan seperti sekarang, sebaiknya Mum meletakkan barang-barang elektronik seperti pengering dan pelurus rambut jauh dari jangkauan tangannya agar ia tidak tersengat listrik.

  5. Zat Berbahaya

    Si Kecil yang kini sudah bisa menerima asupan balita bertekstur padat,sering kali memasukkan benda-benda ke dalam mulut karena penasaran dengan rasanya. Oleh karena itu, Mum disarankan agar meletakkan obat, cairan pembersih, dan sejenisnya jauh dari jangkauan si Kecil, sehingga ia tidak berisiko menelan zat yang berbahaya.

  6. Kolam Air

    Genangan air adalah objek yang menarik bagisi Kecil untuk bermain. Oleh karena itu, sebaiknya Mum menutup akses menuju kolam yang ada di rumah guna mencegah si Kecil tercebur ke dalamnya. Tidak hanya itu, tutup juga akses menuju ke kamar mandi ya, Mum, karena terdapat bakatau ember berisi air yang bisa berbahaya baginya.

Itulah enam hal yang perlu diperhatikan untuk melindungi si Kecil supaya bisa bermain dirumah dengan aman. Sementara untuk melindunginya dari dalam, Mum perlu memberikan si Kecil asupan anak 1 tahun yang bernutrisi secara rutin, serta Friso Gold 3 yang diformulasikan dengan Vitamin A, C, dan E, serta kandungan Prebiotik, Nukleotida, Zink, Zat Besi, dan Selenium. Susu Friso diproduksi dengan konsep Single Process tanpa pemanasan berlebih, sehingga nutrisi dalam susu anak 1 tahun ini tetap terjaga dan mudah dicerna tubuh.