Lompat ke isi utama
Perkembangan bayi 2 bulan

Perkembangan Bayi 2 Bulan: Ini Stimulasi yang Harus Mums Lakukan

Agar perkembangan bayi 2 bulan lebih optimal, Mums harus melakukan beberapa hal untuk menstimulasi si Kecil

Memantau perkembangan bayi 2 bulan merupakan salah satu hal yang harus Mums lakukan. Sebab, pada usia ini, si Kecil akan menunjukkan pertumbuhan dan perkembangan yang mungkin bisa membuat Mums terkejut. Tidak hanya bisa tidur, menyusu, dan buang air, kini si Kecil sudah mulai menunjukkan kemampuan lainnya lho. 

Perkembangan bayi 2 bulan bisa terlihat saat si Kecil sudah bisa tersenyum, berguling, mengenali wajah, menendang, mengoceh, dan lain sebagainya. Tumbuh kembang seperti ini harus Mums pantau agar bisa menstimulasinya dengan baik. Nah, supaya tumbuh kembang si Kecil semakin meningkat, Mums perlu melakukan beberapa hal dengan tepat. Simak penjelasannya di bawah ini, yuk! 

Hal yang Perlu Mums Lakukan Saat Bayi 2 Bulan

Berikut ini penjelasan mengenai kemampuan dan perkembangan bayi 2 bulan yang perlu Mums ketahui:

  • Kemampuan Motorik

    Saat si Kecil berusia 2 bulan, gerakan tubuhnya akan lebih teratur dibandingkan sebelumnya. Gerakan tubuh seperti terkejut yang sering terjadi saat baru lahir sudah tidak terlihat lagi di usia ini. Selain itu, perkembangan bayi 2 bulan juga bisa terlihat dari kemampuan motoriknya berikut ini:

    • Dapat menggerakkan tangan dan kakinya secara bersamaan
    • Dapat mengangkat kepala sendiri sekitar 45 derajat sampai 90 derajat
    • Memiringkannya saat mengamati sesuatu
    • Mulai tertarik pada benda-benda berwarna cerah dan mainan yang bisa berbunyi
    • Mengatakan “oooh” atau “aaah”
    • Menanggapi sesuatu dengan senyuman atau tangisan
    • Mengikuti pergerakan benda di depan matanya 
    • Sebagian bayi juga sudah bisa menggenggam sesuatu selama beberapa detik

    Stimulasi yang bisa Mums lakukan: 

    Supaya kemampuan motoriknya semakin berkembang, Mums bisa menstimulasi si Kecil dengan menggerakkan mainan di depan matanya, sambil mengajaknya bermain. Selain itu, tummy time juga bisa menjadi bentuk stimulasi perkembangan bayi 2 bulan yang baik untuk melatih kemampuan motorik. Saat bangun, Mums bisa posisikan si Kecil secara tengkurap, lalu letakkan mainan dengan warna menarik di hadapannya dengan posisi yang lebih tinggi dibandingkan badannya. Mums juga bisa menyisipkan bantal kecil di bawah dadanya supaya posisi kepala dan leher lebih tinggi.

  • Kemampuan Kognitif

    Kemampuan kognitif bayi usia 2 bulan terlihat saat ia sudah mulai bisa melihat benda bergerak, mulai mendengar suara, serta menunjukkan perilaku antisipatif, seperti mencari dan mengisap payudara Mums saat menyusu. Di tahap perkembangan bayi 2 bulan, si Kecil sudah mulai mengeksplorasi panca indranya. 

    Stimulasi yang bisa Mums lakukan:

    Untuk menstimulasi kemampuan kognitif agar perkembangan bayi 2 bulan lebih optimal, Mums bisa melakukan beberapa hal, salah satunya dengan melakukan kontak mata dan mengajaknya berbicara. Indra penglihatan bayi 2 bulan mungkin belum begitu berwarna, tetapi ia sudah mulai bisa mengenali wajah, terutama wajah Mums. Itulah sebabnya, Mums perlu melakukan kontak mata agar ia merasa tidak kesepian. 

    Stimulasi kognitif untuk perkembangan bayi 2 bulan juga bisa dilakukan dengan cara menunjukkan berbagai macam ekspresi wajah Mums, seperti tersenyum, menggembungkan pipi, menggerakan alis, dan sebagainya. Si Kecil akan tertarik untuk mengenali berbagai ekspresi tersebut. Ajak juga si Kecil untuk bercermin bersama, supaya ia mengenali refleksi dirinya sendiri. Selain senang memandang wajah, bayi 2 bulan juga biasanya suka melihat benda yang warnanya mencolok dan bentuk menarik. 

  • Kemampuan Sosial

    Kemampuan sosial bayi usia 2 bulan umumnya terlihat saat ia mulai mengenali orang-orang di sekitarnya dan memberikan senyuman. Jika Mums membalas senyumannya, itu bisa menjadi pelajaran bagi si Kecil bahwa tindakannya merupakan hal yang menyenangkan. Kebiasaan tersebut juga bisa menjadi bagian dari cara berkomunikasi dengan bayi usia 2 bulan. Selain itu, bayi usia 2 bulan juga mulai bisa mengeluarkan suara ketika seseorang sedang bicara padanya. Bahkan, beberapa bayi sudah bisa meniru ekspresi lawan bicaranya. 

    Stimulasi yang bisa Mums lakukan:

    Supaya perkembangan bayi 2 bulan lebih baik dari segi sosial, Mums bisa menstimulasi si Kecil dengan merespon senyumannya. Cara ini akan mendorong si Kecil untuk tersenyum apabila ada lawan bicara yang tersenyum padanya, sekaligus mengajarkan hubungan timbal balik antara Mums dan si Kecil. Tak hanya itu, Mums juga perlu memberikan rasa nyaman dan aman. Dengan begitu, si Kecil akan merasa dicintai dan disayangi karena keberadaan Mums yang membuatnya nyaman. 

  • Kemampuan Komunikasi

    Perkembangan bayi 2 bulan dari segi komunikasi dan bahasa bisa terlihat dari kebiasaannya menangis. Selain itu, si Kecil juga dapat merespons saat mendengar suara. Di usia 2 bulan, biasanya bayi sudah bisa menunjukkan bahwa ia ingin digendong atau bermain dengan celotehan atau tangisan. 

    Stimulasi yang bisa Mums lakukan: 

    Stimulasi perkembangan bayi 2 bulan dari aspek komunikasi bisa Mums lakukan dengan cara mengajak si Kecil bercerita. Beri respon saat si Kecil mengoceh dengan reaksi-reaksi yang antusias, sehingga ia akan merasa memiliki teman berinteraksi. Berikan juga pujian seperti bertepuk tangan dan memujinya saat si Kecil sudah berceloteh. Ketika Mums memberikan respon seperti ini, si Kecil pasti akan lebih bersemangat untuk berlatih berbicara. 

    Mengasah kemampuan komunikasi juga bisa dengan membaca buku bersama lho, Mums. Pilihlah buku cerita anak yang berisi gambar dan warna-warna menarik agar menarik perhatian si Kecil. Stimulasi perkembangan bayi 2 bulan perlu Mums berikan dengan tepat, guna menghindari terjadinya keterlambatan. Meskipun setiap bayi memiliki tahapan perkembangan yang berbeda, tetapi Mums tetap harus memberikan stimulasi atau dorongan agar ia tumbuh dan berkembang dengan lebih optimal. 

    Baca juga: 11 Penyebab Bayi Susah Tidur dan Cara Mengatasinya

Kondisi yang Harus Mums Waspadai

Seperti yang Mums ketahui, perkembangan setiap anak itu unik dan berbeda satu sama lain. Itulah sebabnya, Mums tidak perlu khawatir jika si Kecil ternyata belum menunjukkan tanda-tanda perkembangan bayi 2 bulan seperti di atas. Namun, tidak ada salahnya bila Mums memeriksakan si Kecil ke dokter jika ada beberapa hal yang dikhawatirkan, seperti: 

  • Tidak bereaksi saat mendengar suara kencang
  • Penglihatan si Kecil tidak fokus pada benda yang bergerak
  • Tangannya tidak bisa menggenggam sesuatu
  • Tidak tersenyum saat Mums atau orang lain mengajaknya tersenyum
  • Tidak memasukkan tangannya ke mulut
  • Tidak dapat menegakkan kepala saat posisi badannya tengkurap
  • Tampak kurang aktif dan kurang semangat untuk bermain
  • Tidak mau menyusu dengan lancar

Cara Merawat Bayi Usia 2 Bulan dengan Mudah 

Selain melakukan stimulasi di atas, Mums juga perlu memerhatikan perkembangan bayi 2 bulan dengan melakukan beberapa langkah perawatan yang tepat, di antaranya: 

  • Monitor perkembangan berat badan, tinggi badan, dan lingkar kepala

    Berat badan bayi yang terjaga dan terus meningkat merupakan salah satu tolak ukur yang perlu Mums perhatikan dalam mengetahui perkembangan bayi 2 bulan dengan baik. 

    Rata-rata berat badan bayi laki-laki yang berusia 2 bulan berkisar antara 3,4-5,7 kg dengan tinggi badan antara 51-58,4 cm dan lingkar kepala antara 34,5-40,5 cm. Sementara itu, berat badan bayi perempuan usia 2 bulan umumnya berkisar 3,2 kg-5,4 kg dengan tinggi badan 50-57,4 cm dan lingkar kepala antara 34-39,5 cm. 

  • Kebutuhan istirahat dan tidur yang tercukupi

    Langkah selanjutnya untuk merawat bayi usia 2 bulan yaitu dengan mencukupi kebutuhan istirahat dan tidurnya dengan tepat. Bayi dengan usia 2 bulan biasanya membutuhkan waktu tidur kurang lebih hingga 20 jam per sehari. Kebutuhan tidur harus cukup agar perkembangan bayi 2 bulan lebih optimal. 

  • Jaga kebersihan mata, telinga, hidung, dan kulit bayi

    Menjaga kebersihan tubuh si Kecil juga jadi hal yang perlu Mums lakukan demi mengoptimalkan perkembangan bayi 2 bulan. Dengan kebersihan yang terjaga, kemungkinan si Kecil akan terhindar dari penyakit akibat bakteri atau virus. Selalu pastikan Mums membersihkan area sensitif tersebut secara hati-hati agar si Kecil tetap nyaman dan aman. 

Selain fokus pada 3 cara perawatan tersebut, Mums juga perlu memantau kondisi kesehatan saluran pencernaan si Kecil dengan memerhatikan warna, tekstur, dan frekuensi poo-nya. Nah, Mums bisa mengetahui kondisi poo si Kecil normal atau justru si Kecil sedang mengalami gangguan pencernaan dengan menggunakan fitur Poo Meter dari Friso. Selain itu, Mums juga bisa memantau perkembangan bayi 2 bulan dengan melakukan imunisasi secara rutin. Nah, Friso juga menyediakan jadwal imunisasi yang bisa Mums manfaatkan dengan baik. 

Seperti yang Mums ketahui, nutrisi juga memegang peranan penting untuk mengoptimalkan perkembangan bayi 2 bulan. Itulah sebabnya, Mums perlu meningkatkan kualitas ASI dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi, salah satunya adalah susu Frisomum Gold Dualcare+ yang mengandung zat besi, kalsium, ALA/LA, prebiotik, probiotik, dan nukleotida untuk mendukung kesehatan Mums dan tumbuh kembang si Kecil lebih optimal.

 

Ditinjau Oleh: dr. Rulli P.A Situmorang