Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Perkembangan Bayi 4 Bulan, Nantikan Kejutannya! [4 Poin]

Perkembangan Bayi 4 Bulan, Nantikan Kejutannya! [4 Poin]

Melihat dan mendampingi setiap fase tumbuh kembang si Kecil selalu jadi hal yang tak terlupakan. Perasaan senang, gembira, dan haru setiap si Kecil menunjukkan kemampuan baru akan terus muncul seiring pertambahan usianya. Jika dilihat, perkembangan bayi 4 bulan dapat menjadi titik yang cukup ikonik, mengingat pada usia ini si Kecil sudah mulai banyak menunjukkan ekspresi sebagai bentuk respon dari perlakuan yang diterimanya.

Jika dilihat, setiap fase tumbuh kembang si Kecil akan meliputi beberapa hal. Mulai dari perkembangan fisik, perkembangan kemampuan sosial dan emosional, perkembangan kognitif, dan perkembangan kemampuan berbicara. Setiap poin ini, seiring bertambahnya usia, akan terus berkembang dengan baik selama mendapat stimulus dan dukungan asupan nutrisi yang tercukupi.

Perkembangan Fisik si Kecil

Perkembangan Bayi 4 Bulan, Nantikan Kejutannya! [4 Poin]

Jika dilihat dari poin pertama, yakni perkembangan fisik, ada banyak hal yang sudah mulai dapat si Kecil lakukan. Perkembangan bayi 4 bulan biasanya akan ditandai dengan peningkatan berat badan, hingga dua kali lipat dibandingkan ketika si Kecil lahir. Tentu ini sebenarnya relatif, tergantung dengan asupan nutrisi, aktivitas fisik, serta berbagai faktor lainnya.

Perkembangan lain yang terlihat adalah si Kecil mulai mencoba menegakkan kepala tanpa bantuan atau ditopang tangan. Ini menunjukkan bahwa koordinasi otot dan kekuatannya mulai terbentuk dengan baik. Selain itu, ia mampu untuk berputar dan berguling, mencoba memegang berbagai hal yang ditemuinya, respon yang lebih cepat pada benda-benda yang memantulkan cahaya atau berbunyi, dan memiliki waktu tidur yang cukup banyak.

Waktu tidur ini bukan karena si Kecil malas ya Mums, namun waktu tidur ini digunakan untuk mengistirahatkan tubuh si Kecil karena proses tumbuh kembang juga banyak mengeluarkan tenaga.

Perkembangan Bayi 4 Bulan untuk Sisi Sosial dan Emosional

Perkembangan Bayi 4 Bulan, Nantikan Kejutannya! [4 Poin]

Lebih banyak ekspresi yang akan ditunjukkan si Kecil untuk merespon apa yang Mums lakukan. Misalnya, si Kecil akan ikut tertawa ketika Mums tertawa, si Kecil akan mulai bisa tersenyum ketika ada hal yang membuatnya merasa terhibur, hingga tangisan yang muncul akibat keinginannya tidak bisa dipenuhi.

Well, mungkin terkadang akan sedikit merepotkan, namun hal ini adalah proses alami yang akan terjadi pada si Kecil. Jadi Mums tak perlu khawatir, seiring berjalannya waktu si Kecil akan semakin mahir menunjukkan ekspresi dan merespon berbagai hal dengan lebih terkontrol.

Untuk Mums yang ingin mengabadikan momen lucu ketika si Kecil tertawa atau tersenyum, mungkin usia 4 bulan bisa jadi usia yang sangat ideal karena semua ekspresinya akan nampak sangat natural.

Perkembangan Kognitif Anak

Perkembangan Bayi 4 Bulan, Nantikan Kejutannya! [4 Poin]

Selain menjadi lebih responsif dan ekspresif, si Kecil juga akan memiliki koordinasi gerakan mata dan tangan yang lebih baik. Si Kecil dapat melihat satu objek tertentu, dan berusaha meraihnya dengan lebih cepat. Ia juga akan mulai terdorong untuk bergerak menuju objek yang ia lihat untuk mendapatkannya.

Menemukan benda dengan penglihatannya adalah satu hal, namun disamping itu si Kecil juga akan semakin mahir mengikuti gerak benda yang ada di depannya. Mums akan melihat mata mungil si Kecil mengikuti mainan yang Mums gerakkan. Dengan wajah polosnya, si Kecil akan tampak lucu sekali.

Hal yang cukup signifikan adalah si Kecil mulai mengenali Mums dan orang-orang di sekitarnya. Ia tak lagi merasa tidak nyaman dengan keberadaan anggota keluarga, dan mulai bisa berinteraksi. Ketika Mums memanggil namanya, si Kecil akan mulai menoleh dan tahu bahwa ada yang berkomunikasi dengannya.

Kemampuan Bicara

Perkembangan Bayi 4 Bulan, Nantikan Kejutannya! [4 Poin]

Cepat atau lambat, pada usia 4 bulan, si Kecil akan mulai mencoba menirukan apa yang didengarnya. Pernahkah Mums mendengar satu atau dua kata terbata-bata yang coba diucapkannya? Seperti misalnya, ‘mama’, ‘papa’ atau sejenisnya? Ini adalah upaya si Kecil untuk menirukan apa yang didengarnya setiap hari. Tentu, ini juga jadi saat yang tepat mengenalkan Mums dan setiap anggota keluarga pada si Kecil. Ia dapat mulai belajar mengenali dan memanggil setiap anggota keluarga.

Untuk memberikan stimulus pada kemampuan yang mulai muncul ini, ada baiknya Mums sering memperdengarkan musik atau lagu anak-anak dengan irama ceria. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa anak-anak yang pada masa bayi banyak mendengar lagu akan memiliki kemampuan berbicara yang lebih baik. Toh dengan begitu, Mums juga dapat membantu menjaga mood si Kecil dengan cukup mudah bukan?

Baca Juga : 5 Asupan Ibu Menyusui untuk Perkuat Kekebalan Tubuh Bayi

Melihat setiap poin perkembangan bayi 4 bulan yang dijelaskan di atas, tentu Mums sebaiknya bersiap untuk berbagai kejutan yang akan muncul pada si Kecil. Pada usia ini, asupan makanan yang paling utama untuk si Kecil adalah ASI, praktis, apa yang Mums makan akan menjadi sumber nutrisi yang didapatkan oleh si Kecil. Jadi sangat direkomendasikan agar Mums menerapkan pola hidup sehat serta makan makanan bernutrisi. Lengkapi asupan nutrisi harian dengan Frisomum Gold Dualcare+, agar kebutuhan nutrisi harian Mums selalu terpenuhi.