Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Perkembangan-Bayi-4-Bulan-si-Kecil-Sudah-Bisa-Apa-Mums.jpg

Perkembangan Bayi 4 Bulan, si Kecil Sudah Bisa Apa Mums?

Masa perkembangan bayi 4 bulan seringkali menjadi momen haru sekaligus bahagia. Bagaimana tidak, saat menginjak usia 3 bulan, si Kecil idealnya sudah memiliki kemampuan fisik yang lebih baik. Di usia ini, si Kecil lebih banyak menunjukkan berbagai ekspresi seperti tertawa, tersenyum, dan mengoceh dengan lucunya. Si Kecil akan banyak belajar hal-hal baru dan belajar cara tumbuh dengan cepat. Tahapan di usia ini bisa menjadi momen indah yang bisa Mums dapatkan.

Namun perlu Mums ingat, perkembangan ideal si Kecil harus tetap didukung dengan berbagai hal lain. Pemberian ASI ekslusif dan stimulasi misalnya. Hal tersebut bertujuan agar tumbuh kembang si Kecil tetap berjalan optimal. ASI merupakan asupan nutrisi terbaik untuk si Kecil hingga memasuki usia kurang lebih 6 bulan. Baru setelah melewati usia tersebut, Mums bisa memberikan makanan pendamping ASI yang lebih padat untuk si Kecil.

Artikel ini akan memberikan informasi pada Mums mengenai perkembangan apa saja yang idealnya sudah bisa dilakukan oleh si Kecil. Tak hanya itu, ada juga beberapa cara memberikan stimulasi agar si Kecil dapat melalui fase tumbuh yang sesuai. Langsung saja, simak uraian lengkapnya dalam beberapa poin berikut ini.

Perkembangan Bayi 4 Bulan

Perkembangan-Bayi-4-Bulan-si-Kecil-Sudah-Bisa-Apa-Mums.jpg

Pada usia 4 bulan, perkembangan fisik si Kecil akan terjadi lebih cepat. Bayi usia 4 bulan akan memiliki berat 2 kali lipat lebih banyak dibandingkan berat saat baru lahir. Selain itu, si Kecil mulai bisa tengkurap, mengoceh, serta lebih responsif terhadap lingkungan sekitarnya. Setiap tahap tumbuh kembang ini bisa dipenuhi dengan baik jika si Kecil mendapat stimulus dan asupan nutrisi yang cukup.

Tengkurap dan Menegakkan Kepala

Pada usia ini, si Kecil sudah mampu tengkurap dan menegakkan kepala tanpa harus ditopang oleh tangan. Ketika dalam posisi tengkurap, ia akan secara otomatis menegakkan kepala dan mengangkat bagian dadanya sehingga terlihat seperti posisi push-up. Bahkan, si Kecil bisa sangat aktif hingga berputar dan berguling saat sedang tengkurap. Pada tahap ini, si Kecil sedang aktif-aktifnya, ia akan selalu bergerak dan membuat Mums ingin merekam segala pergerakannya.

Mulai Mengoceh

Dalam fase ini, si Kecil mulai menunjukkan kemampuan berbicaranya dengan mengoceh. Ocehannya beragam, ia bisa mengucapkan beberapa patah kata seperti “ma”, “pa”, “ga”, dan lain-lain. Ia akan berusaha menirukan suara didengar dari sekitarnya. Si Kecil pun sudah bisa memerhatikan pergerakkan bibir orang yang berinteraksi dengannya.

Lebih Responsif

Perkembangan-Bayi-4-Bulan-si-Kecil-Sudah-Bisa-Apa-Mums.jpg

Jika Mums perhatikan, mulai usia 4 bulan, si Kecil sudah bisa merespon ungkapan kasih sayang yang diberikan. Ia akan menoleh dan tersenyum saat Mums memanggilnya. Si Kecil juga akan tertawa dan tersenyum ketika Mums mencoba membuat wajah lucu dan bercanda dengannya, karena ia tahu Mums menyayanginya. Ekspresi si Kecil menjadi lebih kuat di usia ini. Ia lebih mudah memberi tahu Mums apakah ia sedang senang atau sedih.

Bereksplorasi

Kemampuan mengamati orang atau benda sekitar sudah jauh meningkat. Koordinasi mata dan tangan yang lebih baik membuat si Kecil dapat menemukan objek dan menggapainya dengan lebih akurat. Kemampuan motoriknya pun berkembang lebih maju, sehingga seringkali Mums melihat mata si Kecil mengikuti gerak benda. Pada tahapan ini, apapun yang bergerak di depan matanya, mengeluarkan suara, atau cahaya, si Kecil akan berusaha memegangnya.

Melihat Warna

Pemahaman warna si Kecil di usia ini sudah mulai jelas melihat perbedaan warna. Si Kecil akan senang jika melihat benda berwarna primer seperti merah, biru, atau kuning. Ia juga mulai menyukai benda dengan desain atau detail yang lebih rumit. Di saat ini, Mums bisa memberikan mainan, buku, atau gambar yang berwarna terang.

Stimulasi untuk Menunjang Perkembangan Bayi 4 Bulan

Perkembangan-Bayi-4-Bulan-si-Kecil-Sudah-Bisa-Apa-Mums.jpg

Perkembangan si Kecil akan terpenuhi sesuai dengan usianya jika Mums memberikan rangsangan yang intensif. Tujuannya, agar tumbuh kembang si Kecil tetap berjalan optimal. Berikut adalah beberapa stimulasi yang bisa Mums berikan pada si Kecil saat usia 4 bulan.

Gerak Halus

Stimulus ini bertujuan agar si Kecil terus bergerak dan mampu meningkatkan kemampuannya dalam bereksplorasi. Mums bisa memberikan berbagai mainan warna-warni dan bertekstur di sekitarnya. Ketika si Kecil tertarik pada benda tersebut, ia akan secara otomatis berusaha menggapainya. Pastikan semua mainan aman bagi kulit si Kecil yang lembut. Selalu jauhkan benda yang memiliki sisi atau ujung yang tajam. Yang terpenting, selalu awasi si Kecil saat sedang bermain dan mengeksplorasi.

Baca Juga: 3 Jenis Permainan untuk 3 Fase Tumbuh Kembang si Kecil

Kemampuan Mendengar

Agar kemampuan mendengar si Kecil meningkat, Mums bisa memberikan mainan yang dapat mengeluarkan suara. Mums juga bisa bernyanyi atau menyalakan musik agar si Kecil bereaksi terhadap suara di sekitarnya.

Interaksi dan Kemampuan Berbahasa

Hal sederhana yang bisa Mums lakukan untuk mengasah kemampuan berinteraksi dan berbahasa si Kecil adalah mengajaknya berkomunikasi secara rutin. Kata, gerak wajah, dan ekspresi yang Mums lakukan bisa meningkatkan kemampuan berinteraksi dan berbicara. Cobalah bicara dengan si Kecil seolah sedang berbicara dengan orang dewasa. Ajak si Kecil berbicara dengan bahasa yang benar, bukan dengan “bahasa bayi” atau mengubah kalimat agar lebih lucu. Sebab, kebiasaan menggunakan bahasa yang salah untuk berkomunikasi dengan si Kecil justru akan membuat ia bingung membedakan mana kata-kata yang benar dan kata-kata yang salah nantinya.

Nah, untuk mengasah perkembangan bayi usia 4 bulan, Mums bisa memberikan stimulasi yang telah disebutkan di atas. Di samping itu, tentu saja Mums  tetap harus mencukupi kebutuhan ASI ekslusif. ASI merupakan asupan terbaik yang kaya nutrisi serta mampu menjaga kesehatan si Kecil. Selalu berikan nutrisi dan stimulasi yang maksimal untuk tumbuh kembangnya.