Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Perkembangan Janin Saat Hamil 9 Bulan dan Tips Menuju Hari Melahirkan

Perkembangan Janin Saat Hamil 9 Bulan dan Tips Menuju Hari Melahirkan

Melewati usia kehamilan hingga hamil 9 bulan tentu bukan hal mudah bagi Mums. Tentunya Mums perlu mengetahui bagaimana perkembangan janin saat hamil 9 bulan di dalam kandungan.

Saat hamil 9 bulan itu artinya hari yang ditunggu-tunggu oleh Mums semakin dekat. Oleh karena itu, mari simak bagaimana sebenarnya perkembangan janin saat hamil 9 bulan di dalam kandungan.

Memasuki hamil 9 bulan artinya Mums sudah masuk trimester akhir ketiga. Umumnya, salah satu keluhan ibu hamil di usia kehamilan ini adalah sulitnya menemukan posisi tidur.

Di usia hamil 8 bulan, perkembangan tubuh janin dalam rahim Mums kira-kira sudah sebesar labu dengan berat yang diperkirakan sudah bertambah menjadi 1,1 kilogram, dan memiliki panjang sekitar 38 cm (dari kepala hingga kaki).

Hamil Minggu ke-33

Perkembangan janin semakin signifikan saat hamil 9 bulan di minggu ke-33. Jika bayi Mums berjenis kelamin laki-laki, buah zakarnya mulai menempati kantong zakar. Sementara itu, kulit bayi akan berwarna merah muda karena pembuluh darah yang sangat dekat dengan permukaan kulit bayi.

Di usia kehamilan ini, bayi Mums memiliki ukuran panjang 43,68 cm dengan berat mencapai 1,9 kg. Rambut halus yang menutupi seluruh tubuh bayi di dalam kandungan untuk membantunya tetap hangat pun sudah mulai hilang. Organ, kerangka, dan tubuh janin juga telah terbentuk dengan baik.

Calon bayi Mums juga terus menyimpan zat besi di hati, kemudian tulangnya terus mengeras, dan sistem kekebalan tubuhnya sepenuhnya berkembang menjadi antibodi yang dibutuhkan.

Bayi di dalam kandungan Mums pun sudah bisa membedakan siang dan malam, mendengar, merasakan, dan melihat. Perkembangan pada hamil 9 bulan di minggu ke-33 juga seharusnya kepala bayi sudah menghadap ke bagian bawah.

Seiring perkembangan kehamilan yang semakin besar, cara berjalan Mums mungkin akan berubah. Mums juga akan mengalami sejumlah kondisi yang tidak nyaman seperti sakit dan mati rasa pada jari, pergelangan tangan, dan tangan. Untuk mengatasi kondisi ini, Mums bisa mengenakan bebat untuk menstabilkan pergelangan tangan atau menyangga tangan saat tidur.

Hamil Minggu ke-34

Saat hamil 9 bulan di minggu ke-34, tangan, kaki, leher, dan pinggang calon bayi Mums sudah terlihat gemuk dengan adanya lipatan lemak. Ukurannya saat ini sebesar buah melon dengan panjangnya 45 cm dan berat 2,1 kg.

Tulang-tulang bayi pun sudah semakin berkembang. Selain itu, bayi sudah bisa memutar kepala dan menggerakkan tubuhnya dari sisi ke sisi. Kulitnya semakin halus dari sebelumnya, kemudian sistem saraf pusatnya sudah mulai berfungsi dan paru-parunya semakin berkembang.

Pada perkembangan hamil 9 bulan di minggu ke-34 ini, indera pendengaran bayi juga sudah terbentuk sempurna dan bisa berfungsi dengan baik. Seiring kondisi janin yang semakin berkembang di usia hamil 34 minggu, tubuh bayi akan terbentuk lapisan putih seperti lapisan keju. Lapisan ini disebut dengan lapisan pelindung venix caseosa yang berfungsi menjaga kulit bayi tetap aman selama dalam kandungan.

Perubahan pada tubuh Mums juga semakin terasa di usia hamil 9 bulan minggu ke-34 ini, Mums mungkin akan merasa sering lelah. Kondisi tersebut wajar karena adanya ketegangan fisik yang Mums alami dan kesulitan tidur di malam hari.

Jika Mums menemukan adanya benjolan atau bercak merah yang gatal di perut, paha atau bokong, Mums mungkin mengalami pruritic urticarial papules atau plaques of pregnancy. Lebih dari satu persen wanita hamil mengalami kondisi ini yang sebenarnya tidak berbahaya, namun cukup membuat ibu merasa tidak nyaman. Jika Mums khawatir, segera berkonsultasi dengan dokter kandungan.

Hamil 35 Minggu

Usia kehamilan Mums kini sudah memasuki 35 minggu. Di usia hamil 9 bulan pada minggu ke-35 ini, kondisi bayi sudah semakin sempurna dari fisiknya hingga organ-organ yang terdapat di tubuhnya. Kini, calon bayi Mums memiliki ukuran 46,20 cm dan berat 2,3 kg lebih.

Tubuh bayi kini terdiri dari 15 persen lemak yang sudah tersebar ke seluruh tubuhnya, terutama di bagian bahu. Kuku di jari tangan dan kakinya juga sudah mulai bertumbuh. Selain itu, organ internal seperti ginjal dan hati sudah berkembang dengan sempurna dan siap memproses kotoran tubuh. Kapasitas otak calon bayi pun berkembang dengan begitu pesat.

Sementara itu, ukuran bayi yang semakin besar di dalam kandungan akan membuat perubahan pada tubuh Mums semakin terlihat seperti bagian pusar yang kian menonjol. Selain itu, perkembangan bayi yang semakin besar mungkin bisa membuat Mums merasa sedikit sulit bernapas dan mengalami gangguan pencernaan.

Mums pun bisa mengalami gejala heartburn lebih sering di usia hamil 9 bulan minggu ke-35, Mums juga tidak bisa mengontrol kandung kemih ketika batuk atau bersin. Gangguan seperti sakit kepala hingga ruam juga sering terjadi pada usia hamil minggu ini.

Mums mungkin akan mengalami kontraksi ringan yang disebut juga dengan kontraksi Braxton Hicks. Ini bisa terjadi seiring persiapan yang dilakukan tubuh dalam menghadapi proses persalinan.

Hamil 36 Minggu

Kini Mums memasuki usia hamil 9 bulan di minggu ke-36. Bayi di dalam kandungan sudah seperti pepaya dengan ukuran panjang 47,40 cm dan berat badan mencapai 2,6 kg. Posisi kepala calon bayi Mums juga sudah berada di bawah dan bokongnya di atas, sementara tungkai tangan dan kakinya mulai menekuk karena ruang gerak semakin sempit.

Di minggu ini, ukuran lingkar bayi sedikit lebih besar dari lingkar kepala. Bayi Mums juga akan mulai merontokkan rambut halusnya dan juga lapisan lilin yang melindunginya di dalam rahim. Sepasang ginjalnya makin berkembang, begitu juga hatinya. Sirkulasi darah dan sistem kekebalan tubuh calon bayi sudah siap untuk beradaptasi di dunia luar.

Mums juga akan mulai merasakan bahwa posisi bayi sudah ada di bagian bawah perut karena merasakan tekanan di bagian tersebut. Dengan kondisi ini, paru-paru dan perut Mums akan mulai meregang yang bisa membuat Mums bernapas lebih mudah dibandingkan saat usia kehamilan sebelumnya.

Karena posisi bayi sudah semakin turun ke bawah, Mums bisa saja merasakan tekanan pada perut bagian bawah yang bisa menyebabkan rasa tidak nyaman ketika berjalan. Kontraksi palsu juga akan lebih sering dirasakan saat memasuki usia hamil 9 bulan di minggu ke-36 ini.

Tips Saat Hamil 9 Bulan

Melewati fase hamil 9 bulan tentu bukan hal yang mudah bagi Mums, agar semakin lancar melewati fase ini Mums sebaiknya mulai lebih fokus untuk mempersiapkan diri dalam menyambut bulan terakhir kehamilan karena proses persalinan akan datang sebentar lagi.

Mulailah dengan menentukan akan melakukan proses persalinan di mana dan menggunakan metode persalinan seperti apa. Mums bisa memilih melakukan persalinan secara normal atau dengan caesar.

Pastikan untuk mendapat asupan makanan yang bernutrisi serta cukupi waktu istirahat Mums saat hamil 9 bulan. Selain itu, pastikan Mums menghindari stres dan rasa cemas dengan melakukan hal-hal yang Mums senangi atau menyibukkan diri dengan menyiapkan segala kebutuhan bayi dan kebutuhan untuk bersalin.

Jangan lupa untuk mengonsumsi Frisomum Gold Dualcare+ selama masa kehamilan dan menyusui ya, Mums. Kandungan nutrisi yang lengkap dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian sehingga kondisi tubuh senantiasa terjaga.

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang