Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Bingung-Menentukan-Menu-Buka-Puasa-5-Menu-Ini-BisaJadi-Pilihan.jpg

Perlu Referensi Menu Buka Puasa? [5 Pilihannya]

Momen puasa selalu menawarkan kehangatan keluarga yang tidak tergantikan. Mulai dari ketika sahur, ketika berpuasa, hingga saat berbuka puasa. Untuk memberikan apresiasi bagi si Kecil yang sudah mau turut serta mengikuti ibadah puasa, tidak ada salahnya memasak menu buka puasa yang menggugah selera, lezat, dan tentu tetap padat akan nutrisi untuk si Kecil.

Makanan yang diberikan untuk si Kecil sebagai menu berbuka puasa, biasanya akan memiliki rasa manis sehingga dapat memberikan efek segar. Selain itu, Mums juga dapat memilih makanan yang biasanya disukai oleh si Kecil, seperti mungkin nugget atau makan lain. Yang perlu dipastikan adalah makanan yang dikonsumsinya tidak terlalu banyak, jadi tidak membuat kerja organ pencernaannya menjadi berat atau mengalami asupan nutrisi berlebih.

Lalu apa saja menu berbuka puasa yang bisa jadi pilihan?

Chicken Katsu, Gurih dan Lezat

Makanan yang disukai si Kecil biasanya adalah berbahan daging dengan digoreng menggunakan tepung. Jika si Kecil menyukai masakan seperti ini, Mums dapat memberikannya Chicken Katsu dengan tambahan saus yang sesuai selera si Kecil. Selain lezat dan nikmat, Chicken Katsu juga memiliki kandungan nutrisi di dalam daging ayamnya.

Setelah berpuasa seharian tentu si Kecil memerlukan asupan tenaga dan kalori yang cukup besar. Nah, makanan ini jika disajikan ketika hangat, selain memiliki nutrisi yang diperlukan si Kecil, juga akan membuat nafsu makannya meningkat. Jangan lupa tambahkan sayur dan buah agar makanan yang dikonsumsinya bernutrisi seimbang ya Mums!

Pancake dengan Aneka Topping

Menu buka puasa identik dengan makanan atau kudapan yang memiliki rasa manis. Hal ini karena rasa manis dapat mengembalikan semangat dan tenaga dengan cepat. Salah satu pilihan makanan manis yang bisa menjadi menu buka puasa adalah Pancake dengan aneka topping sesuai dengan selera si Kecil.

Rasa Pancake yang manis dapat membuat si Kecil kembali bertenaga setelah seharian berpuasa. Selain itu, teksturnya yang lembut dan mudah digigit akan membangkitkan semangat si Kecil. Berikan topping berbagai macam buah agar Pancake buatan Mums semakin segar, nikmat, dan tetap bisa jadi asupan nutrisi untuk si Kecil,

Menu Buka Puasa Ikan Juga Enak Lho Mums

Salah satu makanan yang juga nikmat dijadikan menu buka puasa adalah ikan. Baik ikan laut atau ikan air tawar, memiliki nutrisi yang sangat baik untuk tumbuh kembang si Kecil. Salah satu ikan yang menjadi favorit anak-anak adalah ikan dori karena rasanya yang sangat gurih serta teksturnya yang tidak terlalu keras.

Mums bisa mengolah ikan dori menjadi sayur atau digoreng dan ditambah bumbu kesukaan si Kecil. Agar lebih banyak nutrisi yang masuk ke tubuh si Kecil, tambahkan sayuran seperti daun selada, tomat atau Mums juga dapat mengganti nasi dengan kentang rebus. Dengan begini menu buka puasa si Kecil akan sangat padat akan nutrisi.

Es Buah yang Segar

Apa yang lebih menyegarkan daripada semangkuk es buah segar dengan tambahan sirup dengan rasa kesukaan si Kecil? Buah menjadi salah satu menu yang disukai anak-anak karena rasanya yang manis serta segar. Tambahan sensasi dingin dari es batu yang dibubuhkan akan meningkatkan kesegaran si Kecil untuk beraktivitas setelah berbuka.

Cuci bersih semua buah yang akan dimasukkan ke dalam es buah buatan Mums. Jangan lupa, selalu gunakan air matang untuk membuat es batu. Tidak perlu menambahkan es batu terlalu banyak karena bisa berdampak buruk untuk si Kecil.

Kolak, Menu Andalan Sepanjang Masa

Menu buka puasa legendaris yang satu ini dapat dikatakan tidak lekang oleh jaman. Meski makanan semakin beragam, minuman semakin banyak pilihan, namun kolak pisang dengan tambahan kolang-kaling tidak akan pernah bisa ditolak, baik oleh si Kecil atau anggota keluarga yang lainnya.

Kolak juga memiliki kandungan nutrisi yang cukup baik, berasal dari pisang, kolang-kaling, serta santan dan tambahan topping lain yang bisa Mums bubuhkan. Sajikan selagi masih hangat untuk mengembalikan tenaga si Kecil setelah puasa satu hari penuh.

Mempersiapkan makanan untuk berbuka puasa dapat Mums lakukan dengan melibatkan si Kecil. Selain dapat mendekatkan hubungan Mums dengan si Kecil, hal ini juga baik untuk menjaga si Kecil tetap sibuk hingga waktu berbuka tiba, serta memberikan latihan pada koordinasi tangannya.

Menu buka puasa di setiap daerah di Indonesia tentu sangat bervariasi. Kekayaan budaya membuatnya demikian, sehingga tidak akan ada habisnya untuk membicarakan makanan untuk berbuka. Setelah selesai melaksanakan ibadah puasa, jangan lupa untuk memberikan si Kecil Friso Gold 4 sebelum tidur untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya. Friso dengan teknologi Locknutri, menjaga kualitas alami nutrisi di dalam susu sehingga bisa diserap secara optimal oleh si Kecil, juga membantunya kuat dari dalam. Berikan yang terbaik untuk si Kecil dan keluarga, dan selamat menunaikan ibadah puasa!