Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Permainan Anak Balita Tanpa Gawai? Simak 5 Poin Berikut Ini!

Permainan Anak Balita Tanpa Gawai? Simak 5 Poin Berikut Ini!

Mengajak si Kecil bermain tidak hanya bertujuan untuk membuatnya senang. Di waktu yang sama, si Kecil akan banyak belajar dari permainan apapun yang Mums berikan padanya. Namun kini, permainan anak balita ‘tradisional’ sudah jarang dilakukan. Kebanyakan orang tua mempercayakan permainan pada gawai, agar orang tua juga dapat berkegiatan tanpa takut si Kecil rewel.

Pada kenyataannya, pemberian gawai pada anak-anak, terlebih pada usia awal, tidak terlalu disarankan. Selain dapat mengganggu konsentrasi si Kecil, permainan pada gawai juga sangat minim gerakan fisik dan interaksi dengan manusia lain. Ini mengapa permainan yang disebut tradisional sebenarnya perlu diberikan pada si Kecil.

Friso dalam hal ini telah merangkum beberapa permainan tradisional yang bisa Mums mainkan bersama si Kecil tanpa bantuan gawai. Selain lebih banyak interaksi yang terjalin, permainan berikut ini juga akan memberikan rangsangan yang baik. Apa saja permainan anak balita yang sudah dirangkum? Berikut penjelasannya.

Benda yang Hilang

Sederhana, Mums tinggal menata beberapa barang yang si Kecil kenali di atas meja dengan si Kecil berada di hadapannya. Setelah meminta si Kecil memerhatikan beberapa benda tersebut, tutup mata si Kecil sejenak dan ambil satu barang yang ada di hadapan si Kecil. Minta si Kecil untuk menyebutkan barang apa yang tidak ada setelah penutup matanya dibuka.

Permainan ini dapat melatih daya ingat si Kecil dan sekaligus melatih kemampuannya berbicara dan mengamati. Jika si Kecil sudah mulai mahir, perbanyak ragam barang yang diletakkan dan ambil beberapa barang secara bergantian. Latihan yang rutin dapat memberikan stimulus baik bagi daya ingatnya.

Warna pada Benda

Permainan lain yang bisa Mums lakukan adalah dengan memberikan misi pada si Kecil untuk mencari benda dengan warna tertentu. Permainan ini bisa dilakukan di dalam atau di luar rumah, dan akan sama serunya. Sederhana, Mums hanya tinggal menunjukkan satu warna, misalnya hijau, lalu si Kecil diminta membawa atau menunjukkan benda dengan warna hijau tersebut.

Manfaat dari permainan ini adalah dapat merangsang gerak fisik si Kecil sekaligus kemampuannya mengenali warna yang ditunjukkan. Lakukan kombinasi beberapa warna secara berurutan untuk menaikkan tingkat kesulitannya. Ketika ia mencari benda dengan warna tertentu, ia juga akan berlatih fokus dan konsentrasi.

Identifikasi Objek

Permainan ini dilakukan dengan cara Mums memberikan petunjuk dan si Kecil akan mencoba menebak benda apa, atau siapa yang sedang Mums peragakan atau tunjukkan. Ketika melakukan permainan ini, Mums dapat memiliki waktu berkualitas dengan si Kecil karena komunikasi yang terjalin akan sangat intens.

Misalnya, Mums ingin mendefinisikan motor, maka Mums bisa mengatakan ‘Aku memiliki dua roda’, lalu kemudian ‘Aku setiap hari mengantarkan Ayah ke kantor’, dan sebagainya hingga si Kecil dapat menebak benda yang Mums maksud. Variasikan dengan berbagai benda atau hal lain seperti orang, profesi, binatang, makanan atau yang lainnya.

Tebak Lagu

Pengenalan lagu pada anak-anak sangat direkomendasikan sejak usia dini. Lagu terbukti dapat memberikan rangsangan positif pada perkembangan kecerdasan dan kreativitas si Kecil. Nah, permainan yang satu ini Mums akan menyenandungkan lagu yang sudah pernah didengar oleh si Kecil, kemudian meminta si Kecil menebak lagu apakah yang Mums senandungkan.

Permainan anak balita yang satu ini dapat menjadi saat yang menyenangkan karena melibatkan lagu atau musik. Ketika mendengar musik biasanya si Kecil akan memiliki mood baik, sehingga rangsangan yang diterima dapat diserap dengan lebih optimal. Mulai dengan lagu yang sederhana dan mudah ditebak, lalu lanjutkan dengan menyenandungkan bagian yang tidak terlalu umum.

Kelereng Sembunyi

Permainan ini sebenarnya sangat sederhana, Mums menunjukkan satu atau beberapa kelereng (atau benda lain yang cukup kecil), lalu menyembunyikannya di tempat yang bisa dijangkau si Kecil. Tugas si Kecil adalah untuk menemukan kelereng tersebut dan membawanya kembali pada Mums. Permainan ini bisa dilakukan di dalam rumah atau di luar rumah, tergantung situasi dan kondisi.

Untuk membantunya, berikan petunjuk dengan menyebutkan jarak dengan si Kecil. Misalnya ketika si Kecil berada dekat dengan tempat kelereng disembunyikan, Mums berkata ‘Dekat! Dekat!’ dan sebaliknya. Selain mendorong si Kecil agar terus bergerak, permainan ini juga dapat menjadi stimulus yang baik untuk tumbuh kembang fisik dan otaknya.

Beberapa permainan anak balita di atas bisa Mums praktekkan bersama si Kecil untuk membantu merangsang kemampuan si Kecil. Selain itu untuk membantu mengoptimalkan tumbuh kembang si Kecil, pastikan untuk selalu memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Berikan Friso Gold 3 untuk membantu Mums menyelesaikan ‘misi’ ini. Dengan teknologi Locknutri,kualitas alami nutrisi akan terjaga dan lebih mudah diserap tubuh si Kecil. Ini akan membantu si Kecil agar kuat dari dalam dan tumbuh dengan optimal.