Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Permainan untuk Mengajarkan si Kecil Bersosialisasi

Permainan untuk Mengajarkan si Kecil Bersosialisasi

Pada usianya saat ini, si Kecil bisa jadi sudah mampu menumpuk beberapa blok kayu untuk mendirikan menara, atau suka membuat coretan di kertas dan di dinding dengan krayon warna-warni. Meskipun hasilnya belum sempurna, tapi ini adalah pertanda bahwa kemampuan motorik halusnya mulai berkembang.

Mum dapat terus menstimulasi tahap tumbuh kembangnya saat ini melalui permainan sederhana, yaitu mencocokkan warna. Permainan ini bisa menumbuhkan jiwa sosial seorang superhero pada si Kecil, karena ia diminta untuk membantu mencarikan pasangan bermain temannya berdasarkan warna baju yang dikenakan.

Aktivitas yang bisa dilakukan

Download enabler ini sekarang yuk, Mum! Download

  1. Persiapan

    Persiapan

    Pertama-tama, siapkan lembar mencocokkan warna, meja kecil, dan krayon. Supaya si Kecil dapat melakukan aktivitas ini dengan antusias dan bersemangat, pastikan ia berada dalam kondisi segar dan sudah mendapat asupan makanan ya, Mum.

  2. Memulai Aktivitas

    Memulai Aktivitas

    Jelaskan pada si Kecil bagaimana cara melakukan permainan ini. Di sini, ia diminta untuk mencarikan pasangan teman bermain dari karakter yang ada pada gambar. Caranya adalah dengan mencocokkan warna baju yang dikenakan, kemudian memasangkannya dengan membuat garis penghubung. Agar lebih seru, Mum bisa memberi nama karakter-karakter pada gambar dengan nama anggota keluarga atau teman yang dikenalnya.

  3. Memberi Penjelasan

    Memberi Penjelasan

    Ketika melakukan permainan ini, bisa jadi si Kecil melakukan kesalahan. Di sinilah peran Mum dibutuhkan untuk membantu ia melakukan hal yang benar. Misalnya, ketika ia memasangkan warna yang tidak sama, Mum bisa memberitahunya, “Warna baju si A itu hijau. Jadi, pasangan yang cocok adalah dengan si B yang bajunya hijau juga. Bukan dengan si C yang bajunya biru.” Begitu pula ketika ia kesulitan dalam membuat garis. Mum bisa mengajarkan si Kecil bagaimana cara menggenggam krayon yang benar, lalu membantunya agar bisa membuat garis yang lurus.

  4. Abadikan Moment Ini

    Lucu ya, Mum, melihat si Kecil yang berusaha menggenggam krayon dengan tangan mungilnya. Apalagi ketika melihat ekspresinya yang serius saat berusaha membuat garis penghubung. Jangan lewatkan momen seru ini ya, Mum, dengan meminta Dad atau anggota keluarga lain untuk mengabadikannya. Kemudian, bagikan cerita ini kepada Mums lainnya melalui FB page Friso Indonesia atau Twitter@FrisoID dengan hashtag #FrisoMoments.