Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Persiapan Persalinan Di Era New Normal, Mums Wajib Paham!

Persiapan Persalinan Di Era New Normal, Mums Wajib Paham!

Pada kondisi seperti sekarang, tidak sedikit Mums yang tengah hamil mulai mencemaskan proses persalinan yang akan terjadi dalam waktu dekat. Kondisi yang tidak menentu, protokol kesehatan yang wajib dijalankan, serta banyak pertimbangan lain harus dipikirkan sebagai persiapan persalinan. Tujuannya sederhana, agar proses persalinan berjalan lancar, Mums sehat, serta si Kecil juga lahir dengan selamat.

Tidak sedikit kemudian kekhawatiran yang muncul pada diri Mums, yang sebenarnya bisa dikonsultasikan dengan terbuka pada dokter kandungan kepercayaan Mums. Dengan mempertimbangkan semua hal, diharapkan Mums bisa menjalankan proses persalinan yang lancar. Untuk turut mendukung dan mematangkan pertimbangan dan persiapan persalinan, tidak ada salahnya Mums melihat beberapa poin sederhana berikut ini.

Tetap Lakukan Pemeriksaan Rutin

Tetap Lakukan Pemeriksaan Rutin

Mendekati HPL, Mums disarankan tetap melakukan pemeriksaan dan check-up secara rutin sesuai jadwal yang sudah diberikan. Yang perlu selalu diingat ketika melakukan pemeriksaan adalah penerapan protokol kesehatan yang ketat, agar dapat meminimalisir resiko untuk Mums dan si Kecil.

Ada baiknya juga Mums meminta rekomendasi dari dokter kepercayaan untuk agenda pemeriksaan rutin ini. Beberapa dokter akan menyarankan pemeriksaan secara online atau via panggilan video untuk meminimalisir kontak fisik yang terjadi. Namun jika memang sudah mendekati HPL dan perlu dilakukan pemeriksaan fisik, jangan ragu untuk datang selama tetap berpegang pada protokol kesehatan yang sudah ditetapkan pemerintah.

Persiapan Persalinan, Lokasi dan Tempat Bersalin

Penting untuk mempertimbangkan hal ini, karena direkomendasikan untuk sebisa mungkin menggunakan fasilitas kesehatan yang menerapkan standar tinggi. Dengan fasilitas kesehatan yang menjalankan protokol kesehatan dengan ketat, setidaknya resiko dapat ditekan seminimal mungkin.

Biasanya dokter tempat Mums berkonsultasi dan memeriksa kandungan secara rutin sudah memiliki beberapa rekomendasi yang bisa digunakan. Mums juga bisa meminta dokter atau tenaga kesehatan yang akan membantu persalinan kelak untuk datang ke rumah, dan mempertimbangkan proses persalinan di rumah. Namun, hal ini hanya bisa terjadi jika kondisi rumah benar-benar memungkinkan, dengan dukungan peralatan dan perlengkapan dari fasilitas kesehatan terkait.

Intinya jangan ragu melakukan konsultasi intensif mengenai persiapan persalinan yang akan dilakukan, agar semua bisa berjalan lancar.

Pendamping Ketika Melahirkan

Pendamping Ketika Melahirkan

Nah, sebagai persiapan persalinan Mums juga wajib mempertimbangkan jumlah pendamping yang bisa hadir selama proses persalinan dan pasca proses tersebut. Biasanya dari pihak rumah sakit atau tempat Mums melakukan persalinan akan dengan ketat melakukan pembatasan, untuk meminimalisir kontak fisik yang terjadi pasca proses persalinan.

Cukup satu atau dua orang saja yang disarankan untuk mendampingi proses tersebut. Dengan demikian, setidaknya pasca melahirkan Mums hanya akan bertemu dengan intens dengan orang-orang tersebut. Orang yang mendampingi Mums dalam proses persalinan juga akan mengenakan pakaian khusus dan mengenakan masker sepanjang waktu, agar benar-benar bisa menjaga protokol kesehatan dengan baik.

Jangan Lupa Lakukan Screening Test sebelum Proses Persalinan

Sebagai tahap akhir dari persiapan persalinan, Mums disarankan untuk melakukan test deteksi dini virus berbahaya. Hal ini mengingat interaksi yang akan terjadi ketika proses persalinan akan cukup intens, maka harus dipastikan prosedur sesuai dengan kondisi Mums terkini.

Mums bisa melakukan rapid test atau tes PCR yang ada di rumah sakit. Tentu, rekomendasi dari dokter akan jadi acuan utama sebelum melakukan tes yang diperlukan. Semua harus dipastikan kondisinya, agar proses persalinan dapat berjalan lancar dengan mengedepankan keselamatan setiap pihak.

Lalu Bagaimana Jika Hasil Tes Menyatakan Positif?

Lalu Bagaimana Jika Hasil Tes Menyatakan Positif

Ketika hasil tes yang keluar adalah positif, terdapat prosedur ketat yang bisa dilakukan. Metode section-cesarean akan lebih direkomendasikan agar proses persalinan bisa berjalan lebih cepat dan efektif. Pasca persalinan Mums juga tidak dianjurkan melakukan proses Inisiasi Menyusui Dini, yang biasanya jadi proses ideal bagi setiap Mums dan si Kecil yang baru saja hadir ke dunia.

Ruangan Mums dan orang lain tentu akan dipisahkan, dan proses menyusui pada awal kehidupan si Kecil akan menggunakan media botol menyusui. Penting untuk menjaga suasana hati tetap dalam kondisi baik agar kondisi Mums lekas pulih. Pihak rumah sakit juga akan memberikan makanan padat nutrisi dan multivitamin jika diperlukan, untuk membantu pemulihan kondisi Mums dan penyembuhan virus yang terlanjur menjangkiti tubuh Mums.

Baca Juga : Proses Persalinan: Melahirkan Normal atau Operasi Caesar?

Beberapa persiapan persalinan di atas perlu dilakukan agar Mums dan si Kecil tetap sehat dan selamat. Persiapan persalinan yang tidak boleh dilupakan sebenarnya adalah tetap menjaga kondisi tubuh, dengan menerapkan pola hidup sehat dan konsumsi makanan bernutrisi. Mums juga bisa menambahkan Frisomum Gold Dualcare+ pada menu makanan setiap hari, untuk membantu melengkapi kebutuhan nutrisi selama masa kehamilan. Berikan yang terbaik untuk si Kecil sejak dalam kandungan, dan persiapkan proses persalinan sebaik mungkin untuk mendapatkan hasil yang optimal!

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang