Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Pertolongan Pertama Ketika Balita Diare

Pertolongan Pertama Ketika Balita Diare

Susu balita terbaik dan asupan bergizi lainnya sepertibuah dan sayuran, penting untuk diberikan secara rutin guna meningkatkan daya tahan tubuh si Kecil. Apalagi di usianya saat ini, ia semakin aktif bermain dan mempelajari hal baru yang ada di sekitarnya. Jika kebutuhan nutrisi si Kecil tidak terpenuhi, kekebalan tubuhnya bisa menurun, Mum. Kondisi ini kemudian membuatnya lebih rentan terserang berbagai penyakit, termasuk diare. Lalu, apa saja penyebab diare pada balita? Yuk simak pembahasan lengkapnya di bawah ini!

Infeksi Virus, Bakteri, dan Parasit

Infeksi virus rotavirus merupakan penyebab utama dari penyakit ini.Gejala umum yang timbul akibat infeksi virus ini diantaranya muntah-muntah,sakit perut, pusing, dan demam. Mum bisa membantu meringankan gejala-gejala tersebut dengan memenuhi kebutuhan cairannya. Selain virus rotavirus, bakteri salmonella dan parasit giardia juga bisa memicu terjadinya diare.

Pengobatan

Sama halnya seperti orang dewasa, pemberian obat pencahar dan antibiotik pada balita juga dapat menyebabkan terjadinya diare. Jika hal ini terjadi,segera bawa si Kecil ke dokter ya, Mum. Umumnya, dokter akan menyarankan untuk mengurangi dosis pemberian obat, memberikan probiotik, atau mengganti antibiotik dengan jenis yang lain.

Keracunan Makanan

Kesalahan dalam memberikan asupan balita bisa menjadi penyebab si Kecil terserang diare. Gejala yang timbul akibat keracunan makanan umumnya adalah muntah-muntah. Jika kondisi ini terjadi pada si Kecil, jaga tubuhnya tetap terhidrasi dan periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Penyebab Lain

Selain tiga penyebab di atas, diare pada balita juga bisa terjadi karena karena alergi makanan dan iritasi usus. Jika Mum ragu apa yang menyebabkan si Kecil diare, sebaiknya segera bawa ia ke dokter ya, Mum.

Setelah mengetahui penyebab diare pada balita, sekarang simak tips pertolongan pertama yang bisa Mum lakukan untuk mengatasinya, yuk!

Berikan Asupan Cairan

Diare dapat menyebabkan si Kecil kekurangan cairan. Oleh karena itu,berikan asupan seperti susu balita terbaik, oralit,atau air putih untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuhnya. Namun, hindari memberikan asupan cairan sekaligus dalam jumlah yang banyak ya, Mum. Sebaiknya, berikan dalam jumlah sedikit tapi berkala.

Beri Makanan Sedikit Demi Sedikit

Ketika si Kecil diare, Mum disarankan untuk memberikan asupan balita dengan tekstur yang lembut dalam porsi yang kecil, serta menghindari makanan yang pedas dan digoreng. Setelah diare si Kecil mulai membaik, perlahan Mum bisa memberi makan dengan porsi dan jenis makanan yang biasa ia konsumsi.

Pantau Kondisi si Kecil

Jika setelah melakukan tips di atas, si Kecil tidak menunjukkan tanda-tanda membaik atau bahkan terlihat mengalami gejala dehidrasi seperti menangis tanpa air mata dan air seni yang berwarna lebih gelap,sebaiknya segera bawa ke dokter ya, Mum.

Nah, itulah penyebab dan cara mengatasi diare pada balita. Agar si Kecil bisa terhindardari berbagai penyakit, jaga terus sistem kekebalan tubuhnya dengan memberikan makanan yang kaya akan nutrisi, serta Friso Gold 3 diperkaya dengan kandungan ALA, LA, Nukleotida, Prebiotik, Vitamin A, C, dan E, Zinc, Zat Besi,dan Selenium. Susu premium ini diproduksi dengan konsep Single Process tanpa pemanasan berlebih, sehingga nutrisi alaminya tetap terjaga dan lebih mudah dicerna tubuh. Itulah yang membuat susu Friso menjadi susu balita terbaik.