Lompat ke isi utama
Pertolongan Pertama untuk Kram Perut pada Anak, Berikut 6 Tipsnya

Pertolongan Pertama untuk Kram Perut pada Anak, Ini Tipsnya

Kegiatan si Kecil sehari-hari tidak akan jauh dari bermain. Bermain selain dapat membuat suasana hati si Kecil senang, juga dapat menjadi rangsangan yang baik bagi pertumbuhan dan perkembangan otak dan fisiknya. Namun demikian, tidak jarang aktivitas ini terganggu karena terjadinya kram perut pada anak. Lalu apa yang harus Mums lakukan sebagai pertolongan pertama pada kram perut si Kecil?

Kram perut sendiri, ketika terjadi pada anak berusia 1 hingga 3 tahun, bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Misalnya seperti salah konsumsi makanan dan minuman, terlalu banyak bergerak setelah makan, atau bahkan karena bakteri atau virus yang mengganggu sistem pencernaannya. Sebenarnya cara paling ampuh dan tepat adalah membawa si Kecil ke dokter. Namun beberapa pertolongan pertama berikut ini dapat Mums berikan untuk meringankan rasa sakit pada perut si Kecil.

Istirahat

Mungkin sedikit sulit diterapkan mengingat si Kecil yang merasakan sakit atau kram perut biasanya akan menjadi rewel dan banyak menangis. Namun demikian, istirahat atau tidur menjadi salah satu cara ampuh untuk membantunya mengurangi rasa sakit. Dengan beristirahat, tubuh si Kecil akan dengan sendirinya mengurangi rasa sakit yang dirasakan.

Biasanya posisi yang paling sering digunakan untuk mengurangi rasa sakit pada perut akibat kram adalah telungkup. Namun demikian jika si Kecil merasa kurang nyaman, bebaskan si Kecil untuk tidur dengan posisi yang dianggapnya paling nyaman. Ketika ia merasa nyaman maka si Kecil akan lebih cepat tertidur.

Memberikan Cairan yang Tepat

Rasa sakit akibat kram perut juga menyebabkan si Kecil tidak dapat mengkonsumsi makanan padat untuk sementara waktu. Harus selalu diingat bahwa kendati si Kecil tidak makan makanan padat, Mums bisa memberikan asupan makanan atau nutrisi lewat cairan. Namun demikian, jangan pula untuk sembarangan memberi cairan untuk si Kecil.

Cairan yang direkomendasikan untuk meringankan rasa nyeri pada perutnya adalah jahe atau sup kaldu sederhana. Sebisa mungkin hindari memberi susu pada si Kecil, karena susu sulit dicerna ketika sistem pencernaan si Kecil terganggu akibat kram. Hindari juga cairan berwarna, berkafein apalagi berkarbonasi.

Makanan Padat Ringan

Setelah rasa sakit yang dirasakannya berkurang, Mums bisa mulai memberikannya makanan padat yang ringan teksturnya. Ambil contoh seperti biskuit dan roti yang lembut. Makanan ini bisa menjadi sumber tenaga untuk si Kecil sembari menunggu tindakan selanjutnya.

Jika si Kecil dapat mencerna makanan tersebut dengan baik, Mums bisa berlanjut dengan memberikan makanan lain. Mulai dari pisang, atau roti biasa, atau bahkan nasi. Selama makanan tersebut teksturnya cukup lembut, akan cenderung aman untuk sistem pencernaannya yang tengah mengalami pemulihan dari kram yang dirasakan.

Kompres Air Hangat

Selain berupa perbaikan pada pola makan dan minum, hal lain yang bisa Mums lakukan ketika terjadi kram perut pada anak adalah mengompres perutnya. Sediakan handuk lembut dan air hangat, kemudian baringkan si Kecil dalam keadaan terlentang dan kompres perut si Kecil.

Rasa nyaman yang diberikan ketika handuk hangat menempel pada permukaan kulit perut si Kecil dapat membantu meredakan sakit yang dirasakan sehingga si Kecil bisa sedikit tenang. Usap perlahan sambil tenangkan si Kecil. Sembari mengompres perutnya, Mums bisa mengajaknya berbincang agar pikiran si Kecil teralihkan dari rasa sakit yang dirasakannya pada bagian perut.

Bermain Di Luar

Cara ini mungkin sedikit aneh, mengapa ketika si Kecil sakit perut malah disarankan untuk bermain di luar? Bukankah seharusnya diberikan obat dan beristirahat? Tenang Mums, maksudnya adalah dengan bermain di luar, si Kecil bisa mengalihkan pikirannya dari rasa sakit yang dideritanya. Bertemu dengan teman-teman dan bermain bersama bisa jadi pengalih perhatian yang baik. Ini hanya disarankan untuk sakit perut atau kram perut ringan saja.

Pengobatan Ke Dokter

Bilamana kram perut pada anak tidak kunjung reda, maka disarankan untuk segera mencari penanganan medis profesional. Tubuh si Kecil yang masih dalam tahap perkembangan dan pertumbuhan rentan terserang virus atau bakteri jahat. Apalagi jika ketahanan tubuhnya kurang baik. Ketika hal ini sudah berlangsung cukup lama, segera hubungi dokter kepercayaan Mums.

Mengunjungi dokter merupakan langkah paling jitu. Karena disamping Mums akan mendapatkan penanganan profesional, penyebab serta obat yang tepat dapat segera diketahui. Penanganan seperti ini akan jauh lebih efektif daripada menerka-nerka penyebab dan solusi kram perut pada si Kecil.

Kram perut pada anak terjadi karena berbagai faktor. Namun demikian, faktor penyebabnya bisa dikurangi dengan memberikan nutrisi yang cukup untuk si Kecil, baik untuk tumbuh kembang dan membangun daya tahan tubuh. Untuk itu, Mums bisa berikan Friso Gold 3 dengan kandungan nutrisi yang lengkap. Dengan teknologi Locknutri, kualitas alami nutrisi akan terjaga dan lebih mudah diserap tubuh si Kecil. Ini akan membantu si Kecil agar kuat dari dalam dan terhindar dari sakit perut akibat gangguan bakteri dan virus. Mums juga bisa berkonsultasi dengan Ahli Nutrisi Alami Friso (ANA) pada situs resmi Friso secara langsung, terkait kesehatan dan tumbuh kembang si Kecil.