Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Pertumbuhan si Kecil di Tahun Pertamanya

Pertumbuhan si Kecil di Tahun Pertamanya

Hi Mum! Bagaimana perkembangan si Kecil? Tahun pertamanya ini adalah masa-masa terpenting baginya. Ya, si Kecil akan terus belajar dan berkembang secara cepat saat ini. Jadi, bersiap-siaplah untuk menemukan berbagai kemampuan baru dalam beberapa bulan ke depan nanti.

Di usia 0-3 bulan, si Kecil biasanya akan memiliki waktu tidur yang lebih panjang, sekitar 15-17 jam sehari. Pada masa ini, ia akan sering menangis tanpa sebab. Ini hal yang wajar mengingat si Kecil sedang menyesuaikan diri dengan suasana di luar rahim. Tangisan ini juga merupakan cara bagi si Kecil untuk berkomunikasi dengan Mum.

Memasuki 6 bulan, si Kecil akan terlihat lebih lincah dan semakin bersemangat dalam mempelajari hal-hal baru. Saat ini, ia terlihat sering bergumam sambil berusaha menirukan suara di sekitarnya. Menjelang ulang tahunnya yang pertama, perkembangan bahasa si Kecil akan semakin meningkat. ia bahkan sudah bisa mengerti kalimat-kalimat perintah sederhana dari Mum seperti, ”Ayo ambil bolanya”.

Tentunya setiap perkembangan ini bervariasi pada setiap bayi. Namun, rangkuman ini setidaknya dapat memberikan gambaran bagi Mum tentang pertumbuhan si Kecil yang menakjubkan dalam 1 tahun kehadirannya.