Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Perut Bayi Bunyi, Bahayakah? Simak Penjelasannya di Sini!

Perut Bayi Bunyi, Bahayakah? Simak Penjelasannya di Sini!

Merawat si Kecil pada usia awal kehidupannya merupakan hal yang cukup tricky dan memerlukan kecermatan yang luar biasa. Hal ini disebabkan, daya tahan tubuh si Kecil belum sekuat orang dewasa, begitu pula dengan organ pencernaan yang dimilikinya yang belum terbentuk dengan sempurna dan bekerja optimal. Tidak jarang karena satu dan lain hal, perut bayi bunyi dan menimbulkan tanda tanya pada Mums mengenai apa penyebab dan apakah hal tersebut berbahaya.

Satu hal yang perlu Mums pahami, bahwa ketika perut bayi bunyi maka tentu ada yang tidak beres. Meski demikian, ketidakberesan ini bukan berarti gangguan kesehatan atau pencernaan yang serius, bisa saja disebabkan oleh hal sepele yang sebenarnya bisa dihindari. Namun demikian, bunyi pada perut si Kecil juga dapat menjadi indikasi adanya gangguan pencernaan yang terjadi. Di sinilah Mums perlu mencermati setiap gejala dan indikasi yang muncul pada tubuh si Kecil.

Penyebab Perut Bayi Bunyi

Secara umum, bunyi yang muncul dari perut si Kecil disebabkan oleh udara yang terperangkap dalam perutnya dan sulit untuk dikeluarkan. Hal ini disebut oleh orang kebanyakan dengan istilah kembung. Ada beberapa penyebab ringan mengapa si Kecil mengalami kembung, di antaranya adalah:

  1. Proses menyusu yang terburu-buru, biasanya hal ini disebabkan karena kondisi si Kecil sudah sangat lapar dan ia menyusu dengan intens. Hal ini akan diperparah ketika aliran ASI yang keluar cenderung deras sehingga ASI yang masuk ke tubuh si Kecil terlalu cepat dan banyak.
  2. Posisi menyusu yang kurang tepat, hal ini biasa terjadi jika Mums tidak menggendong si Kecil dengan benar. Akibatnya, ketika si Kecil menyusu tidak sedikit udara yang turut masuk ke dalam organ pencernaannya.
  3. TIdak bersendawa setelah menyusu, meski terdengar remeh, namun sendawa dapat mengeluarkan kandungan gas yang ada dalam perut si Kecil. Proses ini berperan besar dalam menjaga keseimbangan kadar gas yang ada sehingga tidak berlebihan dan tidak menyebabkan kembung.
  4. Botol dot dengan lubang terlalu kecil, penggunaan botol dot untuk memberikan ASI memang diperbolehkan, namun demikian dengan ukuran lubang yang tepat. Ketika ukurannya terlalu kecil, si Kecil akan menghisap dengan lebih keras dan beresiko menambah jumlah udara yang masuk ketika proses tersebut.

Cara Mencegah Terjadinya Kembung

Setelah mengetahui beberapa penyebab ringan mengapa perut bayi bunyi, Mums mungkin sudah dapat menerka apa yang harus dilakukan untuk mencegahnya. Empat penyebab tersebut dapat dicegah dengan empat cara berikut ini.

  1. Menyusu dengan tenang dan susui sebelum si Kecil terlalu lapar, suasana tenang ketika menyusu sangat diperlukan. Selain itu, Mums juga sebaiknya menyusui si Kecil sebelum ia merasa sangat lapar agar si Kecil dapat menyusu dengan perlahan dan jumlah ASI yang masuk tidak terlalu banyak dalam waktu yang terlalu singkat.
  2. Posisi menyusu yang tepat, posisi paling ideal adalah dengan mendekatkan mulut si Kecil pada puting Mums, pastikan bagian dagu si kecil menempel ke payudara Mums dan mulutnya terbuka lebar. Berikan ketenangan pada si Kecil ketika menyusu dan pastikan pula Mums tidak merasakan sakit.
  3. Sendawakan si Kecil setelah menyusu, untuk mencegah terjadinya gas yang berlebihan dalam perut si Kecil, Mums dapat membantu si Kecil bersendawa setelah menyusu. Bagaimana caranya? Dengan menggendongnya degan tegak di bahu dan menepuk punggungnya dengan lembut.
  4. Hindari penggunaan botol susu, atau bila harus menggunakan botol susu, sebisa mungkin gunakan botol dengan lubang dot yang tidak terlalu sempit untuk menghindari resiko masuknya gas berlebihan ketika menggunakan dot dapat ditekan seminimal mungkin. Mums juga harus segera mengambil botol yang sudah kosong agar bayi tidak menghisap udara.

Mengatasi Perut Bayi Bunyi

Ketika sudah terlanjur si Kecil mengalami kembung, Mums tidak perlu khawatir, ada beberapa cara yang bisa Mums lakukan agar kembung yang dialaminya dapat berkurang.

  1. Letakkan si Kecil di atas kedua paha Mums dengan posisi si Kecil menelungkup kemudian usap punggungnya secara perlahan.
  2. Memijat perut si Kecil searah jarum jam, lakukan ketika si Kecil dalam posisi terlentang.
  3. Baringkan si Kecil dengan posisi terlentang, kemudian angkat kedua kakinya secara perlahan. Buat gerakan seperti mengayuh secara perlahan dan Mums akan mendapati gas akan keluar dari perut si Kecil

Beberapa penyebab ringan tersebut dapat Mums atasi sendiri dengan trik dan tips tersebut. Namun demikian ketika perut bayi bunyi secara tidak wajar diikuti sikap bayi yang terus-menerus rewel, akan sangat lebih baik jika Mums membawanya ke dokter untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Suara yang muncul dari dalam perut juga dapat berarti si Kecil mengalami gangguan pencernaan yang dapat berakibat cukup serius jika tidak lekas ditangani. Insting Mums akan berperan sangat besar untuk mendeteksi hal ini. Setidaknya dengan mengetahui beberapa penyebab kembung yang ringan, Mums bisa melakukan identifikasi cepat ketika suara muncul tidak dikarenakan hal tersebut di atas.

Selamat! Mums berkesempatan mendapatkan Free Sample dari Friso!

Daftar Sekarang