Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Petualangan si Traktor Cilik & Gunung Bantalnya

Petualangan si Traktor Cilik & Gunung Bantalnya

Mum, ayo rencanakan petualangan seru untuk si Kecil hari ini! Ajak dia pura-pura jadi traktor raksasa yang sedang menjelajahi pegunungan. Sambil bermain nanti, Mum juga bisa lho ikut mengenalkan si Kecil tentang kendaraan raksasa itu. Ikuti langkahnya di bawah ini, yuk!

Durasi Permainan: 10-15 menit

Tingkat Kesulitan: Mudah

Mum, ayo rencanakan petualangan seru untuk si Kecil hari ini! Ajak dia pura-pura jadi traktor raksasa yang sedang menjelajahi pegunungan. Sambil bermain nanti, Mum juga bisa lho ikut mengenalkan si Kecil tentang kendaraan raksasa itu. Ikuti langkahnya di bawah ini, yuk!


Aktivitas Bersama si Kecil

  1. Sebelum bertualang, kenalkan si Kecil tentang alat berat tersebut dengan mencetak Friso Tractor Flashcards yang tersedia di bagian Info Pendukung Aktivitas.
  2. Sambil menunjukkan flashcard tadi, ceritakan tentang traktor serta jelaskan bagaimana kehebatan traktor bisa melalui rintangan berbatu dan lumpur. Nah, supaya si Kecil makin tertarik dan penasaran dengan alat berat yang satu ini, coba tirukan juga suara mesinnya saat bercerita nanti, Mum!
  3. Sudah selesai? Kalau begitu, ayo main jadi traktor bareng si Kecil! Putar lagu Friso Tractor Jingle yang bisa di-download di bagian Info Pendukung Aktivitas, agar acara petualangan hari ini jadi makin meriah.
  4. Lalu, siapkan beberapa bantal dan tumpuk sampai menyerupai gunung yang tinggi.
  5. Saatnya berubah jadi traktor! Sambil bernyanyi bersama, ajak si Kecil merangkak dan mendorong pegunungan bantal itu sampai berpindah tempat. Jangan lupa berikan pujian dan tepuk tangan meriah untuknya setiap kali si Kecil berhasil memindahkan bantalnya.
  6. Sambil bermain nanti, minta Dad juga untuk merekam momen seru saat Mum dan si Kecil bertualang di tengah tumpukan bantal ini, ya.

Info Pendukung Aktivitas

Saat merangkak, si Kecil sesekali mungkin akan jatuh telungkup. Tapi, Mum sebenarnya tidak perlu khawatir dulu, karena ini adalah bagian dari proses belajar merangkaknya saat ini. Yang terpenting, selalu awasi si Kecil dan terus berada di dekatnya, ya.

Nah, sebelum bermain, Mum bisa menyiapkan beberapa perlengkapan berikut ini:

  • Komputer dengan koneksi internet
  • Speaker
  • Kertas A4
  • Bantal

Untuk membuat Friso Tractor Flashcards, cetak gambar yang sudah kami siapkan di bawah ini:

FRISO KEKE


FRISO RORO


FRISO SASA

Agar permainan jadi makin meriah, Mum juga dapat download dan memutarkan lagu berikut ini:

Friso Tractor Jingle
 

Manfaat Bagi Mum

Bermain aktif seperti ini bisa Mum manfaatkan untuk mengamati perkembangan si Kecil. Misalnya, lewat gerakan lincahnya saat merangkak dan memindahkan bantal, Mum jadi tahu sejauh mana perkembangan fisiknya saat ini. Selain itu, merangkak bersama si Kecil juga bisa menjadi kegiatan olahraga sederhana yang cocok untuk membuat tubuh jadi lebih segar.

Manfaat Bagi si Kecil

Penjelasan Mum tentang traktor saat bermain nanti mungkin belum sepenuhnya ditangkap dengan baik oleh si Kecil. Tapi, bukan berarti ini sia-sia. Seperti yang diungkapkan oleh Kenneth Wible, MD dari Children Mercy Hospitals and Clinics, membaca dan bercerita kepada si Kecil dapat ikut mengembangkan kemampuan bahasanya saat ini.

Belajar dari flashcards yang berwarna-warni juga bisa membuatnya mengenal berbagai macam warna yang ada di sana. Selain itu, lewat merangkak dan mendorong bantal, si Kecil juga bisa melatih ototnya serta belajar tentang jarak (jauh atau dekat), lingkungan sekitar (seperti ada benda apa saja di kamar tidurnya), dan mengambil keputusan sendiri (Ia mau merangkak ke mana dan bantal mana yang mau didorongnya) .

Info Gizi & Nutrisi

Seru ya saat melihat si Kecil merangkak dan mendorong bantalnya dengan lincah! Tapi, permainan yang aktif seperti ini tentu memerlukan tenaga yang tidak sedikit. Jadi, sehabis bermain, coba sajikan puree buah seperti pisang yang kaya akan karbohidrat serta 3 jenis gula yaitu sukrosa, fruktosa dan glukosa. Kandungan nutrisi ini dapat mengembalikan energi yang dibutuhkan si Kecil saat ini. Sebagai variasi, kombinasikan puree pisang dengan makanan lain seperti stroberi, oatmeal atau alpukat supaya kebutuhan nutrisinya bisa terpenuhi dengan baik.