Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Pijat Bayi yang Tepat Meningkatkan Daya Tahan Tubuhnya

Pijat Bayi yang Tepat Meningkatkan Daya Tahan Tubuhnya

Meningkatkan daya tahan tubuh agaknya menjadi satu agenda wajib di masa new normal  sekarang ini. Tak hanya orang dewasa, hal ini juga berlaku untuk si Kecil, bahkan ketika ia masih berada pada fase awal kehidupannya. Salah satu cara yang bisa dilakukan, selain tentu dengan memberikan ASI berkualitas, adalah dengan melakukan pijat bayi. Terdengar seram Mums? Well, mungkin Mums hanya perlu memahami teknik yang tepat saja agar mendapat manfaat maksimalnya.

Pada era new normal seperti sekarang ini, berbagai upaya dilakukan oleh semua orang untuk dapat memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Dengan daya tahan tubuh kuat, maka penyakit tidak akan mudah menyerang dan mengganggu kondisi kesehatan. Pada bayi, daya tahan tubuh juga berperan besar dalam optimalnya tumbuh kembang si Kecil. Ketika tubuhnya sehat, maka nutrisi yang masuk bisa difokuskan untuk mengoptimalkan tumbuh kembang, alih-alih memulihkan kondisinya.

Pijat bayi sendiri bisa jadi salah satu alternatif dan usaha Mums untuk meningkatkan daya tahan tubuh si Kecil. Tapi bagaimana tekniknya? Apa yang harus diperhatikan? Apa yang boleh dan tak boleh dilakukan ketika melakukan pijat bayi? Tak perlu cemas, Mums dapat melihat bahasannya di sini!

Pijat Bayi Bagian Wajah       

Pijat bayi yang pertama adalah pada bagian wajah si Kecil. Ada beberapa gerakan yang bisa Mums lakukan. Pertama adalah gerakan seperti membuka buku dari bagian tengah wajah kemudian ke arah samping wajah. Gerakan ini bisa diulangi beberapa kali. Akan lebih intim jika Mums juga mengajaknya berbicara serta menatap mata si Kecil agar si Kecil merasa semakin nyaman.

Gerakan kedua adalah dengan mengusap dan memijat lembut bagian atas alis dengan ibu jari. Cara ini bisa dilakukan untuk membuat si Kecil lekas tertidur. Selanjutnya pijat bagian ujung mata dengan telunjuk dengan gerakan melingkar melewati tulang hidung. Gerakan ini dapat membantu si Kecil mengeluarkan kotoran yang ada di hidungnya.

Daya tahan tubuh yang kuat untuk menghadapi new normal dapat dibangun pula dengan nafsu makan yang baik. Untuk membantu meningkatkan nafsu makan si Kecil, Mums dapat membuat gerakan memijat dengan tiga jari Mums membentuk senyuman dari bagian rahang sampai ke belakang telinga. Gerakan ini juga akan membuatnya tidak terlalu rewel ketika nanti waktunya tumbuh gigi.

Pijat pada Bagian Dada si Kecil

Pijat Bayi yang Tepat Meningkatkan Daya Tahan Tubuhnya

pada bagian dada, ada dua gerakan yang bisa Mums lakukan untuk membantu si Kecil merasa nyaman dan membuat daya tahan tubuhnya meningkat. Gerakan tersebut disebut dengan gerakan butterfly atau kupu-kupu dan gerakan cross movement.

Gerakan pijat bayi pertama dilakukan dengan meletakkan telapak tangan Mums di area tengah dada si Kecil, lalu lakukan pijatan ke bawah leher dan bahu hingga membentuk gerakan sayap kupu-kupu.

Gerakan yang kedua, cross movement bisa dilakukan dengan meletakkan tangan di bagian sudut rusuk paling bawah. Lanjutkan dengan memposisikan tangan dengan bentuk menyilang. Lakukan perlahan dan dengan lembut agar si Kecil merasa makin nyaman ya Mums, sebab gerakan ini bisa bermanfaat melancarkan pernafasan si Kecil.

Bagian Tangan si Kecil Jangan Terlewat

Pijat Bayi yang Tepat Meningkatkan Daya Tahan Tubuhnya

Untuk bagian tangan, Mums dapat melakukan pijatan sederhana yang disebut dengan milking India dan milking Swedia. Meski sama-sama gerakan milking, keduanya memiliki perbedaan yang cukup mencolok.

Milking India dilakukan dengan menggenggam lengah bawah si Kecil seperti gerakan memerah susu. Gerakkan tangan si kecil dari bagian pangkal sampai ke bagian pergelangan secara bergantian. Ingat, lakukan perlahan dan penuh perasaan agar si Kecil bisa menerima seluruh kasih sayang yang Mums sampaikan melalui pijatan tersebut.

Untuk gerakan milking Swedia, dilakukan dengan pola sebaliknya. Jadi Mums memijat lembut mulai dari bagian pergelangan menuju pangkal lengan. Meski berbeda, kedua gerakan ini sama-sama memberikan efek positif dan dapat merangsang tumbuh kembang tubuh si Kecil.

Sembari memijat area pergelangan tangan dan lengan, jangan lupa juga untuk memberikan pijatan lembut di area punggung tangan, telapak tangan, serta jari-jari untuk menjaga peredaran darahnya agar tetap lancar. Ingat, salah satu faktor yang membuat si Kecil tetap sehat adalah lancarnya peredaran darah yang berguna menyalurkan nutrisi ke seluruh tubuh.

Pijat Bayi Area Perut

Pijat Bayi yang Tepat Meningkatkan Daya Tahan Tubuhnya

Gerakan pijat bayi selanjutnya adalah pada bagian perut yang memiliki banyak manfaat. Pijatan bayi pada bagian perut akan membantu melancarkan pencernaan si Kecil, meningkatkan nafsu makan, serta mengurangi terjadinya kolik. Bagaimana caranya?

Mums bisa menekuk lutut si Kecil ke arah perut dan menahannya selama 30 detik, ulangi beberapa kali. Selanjutnya, letakkan telapak tangan Mums di bagian perut lalu pijat ke bawah ke arah pusar untuk membantu melepaskan gas yang terjebak di dalam perut si Kecil. Cukup mudah bukan?

Baca Juga : Tips dan Trik Diet Sehat Masa Menyusui, Mums Perlu Tahu Lho!

Mempraktekkan gerakan pijat bayi memang sebenarnya tidak sulit, namun direkomendasikan untuk terlebih dahulu belajar pada ahli atau meminta saran dokter anak agar pijatan yang Mums lakukan benar-benar memberikan dampak baik dan dilakukan dengan benar. Nah, satu hal yang tak boleh dilewatkan dalam rangka meningkatkan daya tahan tubuh si Kecil ketika menghadapi era new normal adalah asupan nutrisi yang cukup. Selalu jaga kualitas ASI yang Mums berikan dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan Frisomum Gold Dualcare+. Nutrisi dalam susu bisa memberikan sokongan pada makanan sehari-hari, sehingga kebutuhan nutrisi harian Mums selalu terpenuhi.