Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Pijat Relaksasi untuk Redakan Kram pada Kaki saat Kehamilan

Pijat Relaksasi untuk Redakan Kram pada Kaki saat Kehamilan

Pada trimester kedua, perubahan fisik pada tubuh Mum semakin terasa. Meskipun kagum karena si Kecil yang mulai tumbuh besar, rasanya semakin berat ya, Mum, ketika harus bergerak dan melakukan aktivitas. Apalagi kini Mum mulai sering merasakan gejala yang cukup mengganggu, yaitu kram pada kaki. Kalau sudah begitu, rasanya hanya ingin berbaring dan tidak melakukan apapun. Oleh karena itu, yuk lakukan sesi memijat kaki guna mengembalikan energi dan semangat untuk menjadi Supermum!

Mungkin, saat ini muncul pertanyaan dalam benak Mum mengenai keamanan memijat kaki saat hamil. Tenang saja, Mum, kegiatan ini boleh kok dilakukan pada ibu hamil. Asalkan, tekniknya benar dan sudah dikonsultasikan lebih dulu pada dokter kandungan. Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Aktivitas yang bisa dilakukan

  1. Persiapan

    Persiapan

    Lakukan sesi memijat kaki di area rumah yang Mum anggap nyaman, seperti di kamar tidur atau ruang TV. Disarankan untuk mengenakan pakaian yang tidak terlalu ketat serta memiliki bahan katun yang sejuk. Sediakan juga air minum agar Mum tetap terhidrasi.

  2. Meminta Dad Untuk Membantu

    Meminta Dad untuk Membantu

    Minta bantuan Dad untuk melakukan sesi pijat kaki ini ya, Mum. Sehingga, Mum bisa sekaligus mempererat ikatan dengan Dad.

  3. Cara Aktivitas

    Cara Aktivitas

    Saatnya memijat! Mum bisa duduk atau telentang dengan kedua kaki dalam posisi lurus. Minta Dad untuk memulai aktivitas ini dengan memijat bagian telapak kaki. Caranya adalah dengan memberi tekanan mulai dari bagian tumit hingga ke jari-jari kaki. Kemudian, pijat area di bawah pergelangan kaki dengan gerakan ke arah depan dan belakang. Minta juga Dad untuk memijat bagian paha dan betis dengan gerakan melingkar, guna membantu meredakan kram dan bengkak pada kaki.

  4. Perhatikan Hal Ini

    Hindari memijat area antara tulang pergelangan kaki dan tumit belakang ya, Mum, karena hal tersebut dapat memicu terjadinya kontraksi. Inilah alasan mengapa konsultasi dengan dokter kandungan penting untuk dilakukan sebelum melakukan sesi memijat kaki.

  5. Abadikan Momen Ini

    Ketika melakukan sesi memijat kaki, ajak anggota keluarga atau kerabat lainnya untuk mengabadikan momen seru ini, yuk! Kemudian, share foto dan videonya ke Facebook page Friso Indonesia atau Twitter@FrisoID dengan hashtag #FrisoMoments sebagai inspirasi untuk Mums lainnya.

  6. Manfaat Bagi Mum

    Seiring dengan semakin besarnya perut Mum, tekanan pada kaki juga ikut bertambah. Hal ini kemudian dapat menyebabkan kram dan pembengkakan pada kaki. Dengan melakukan sesi memijat kaki secara rutin, dapat membantu meredakan tekanan pada kaki yang meningkat karena Mum tengah berbadan dua. Mengingat sesi memijat kaki ini dilakukan oleh Dad, Mum juga bisa mempererat ikatan dengannya, sambil mengobrol seru tentang persiapan persalinan atau rencana yang akan dilakukan setelah si Kecil lahir.

  7. Manfaat Bagi Si Kecil

    Melakukan sesi memijat kaki secara rutin, dapat membuat Mum menjadi rileks dan lebih bersemangat untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Hal ini tentu dapat berdampak positif pada pertumbuhan si Kecil dalam kandungan, mengingat perkembangannya memang sangat dipengaruhi oleh kondisi yang Mum rasakan.

  8. Info Nutrisi

    Aktivitas pijat dapat membuat Mum menjadi haus karena sirkulasi darah yang meningkat. Untuk itu, pastikan Mum meminum banyak air putih ya, karena dehidrasi dapat mengakibatkan terjadinya kontraksi. Jaga juga asupan Mum dengan rajin mengonsumsi makanan bergizi, seperti salad dan jus dari buah dan sayuran. Selain kaya akan Vitamin dan Mineral, buah dan sayuran juga dapat membantu mencegah kram pada kaki.

Selain itu, penuhi juga kebutuhan nutrisi Mum dan janin, dengan rutin meminum Frisomum Gold yang diperkaya dengan Protein yang lebih mudah dicerna oleh tubuh. Pasalnya, Friso diproduksi dengan Single Process, di mana susu tidak diproses dengan pemanasan berlebih, sehingga kualitas nutrisi susu ibu hamil ini tetap terjaga dan dapat mudah diserap tubuh.