Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Pilihan Permainan Rumah untuk Quality Time Bersama Si Kecil

Pilihan Permainan Rumah untuk Quality Time Bersama Si Kecil

Waktu bermain di rumah merupakan waktu yang tepat untuk menjalin kedekatan dengan si Kecil. Bermain bersama si Kecil, akan memberikan efek bahagia dan rileks, setelah aktivitas Mums yang melelahkan seharian. Melihatnya bercanda, tertawa dan bergerak pasti menjadi hiburan tak tergantikan untuk Mums. Terlebih jika Mums bisa mengajaknya memainkan permainan rumah tradisional tanpa menggunakan gadget.
Permainan tradisional sendiri, memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan permainan yang ada di gadget. Satu yang paling utama, yakni permainan rumah akan melibatkan gerak aktif si Kecil, sehingga bisa jadi waktu berlatih kemampuan fisik dan koordinasinya.
Selain itu, dengan bermain permainan tradisional, interaksi antara Mums dan si Kecil akan terjalin makin erat. Mengingat hampir setiap permainan yang dimainkan akan memerlukan interaksi dan kerjasama, sehingga diantara si Kecil dan Mums akan terjalin interaksi dan hubungan yang hangat.
Jika Mums kebingungan mencari permainan yang tepat untuk dimainkan bersama si Kecil, Mums bisa menyimak beberapa jenis permainan di bawah ini. Beberapa permainan ini dijamin seru dan akan membentuk kedekatan emosional Mums dan si Kecil.

Congklak

Permainan tradisional yang satu ini merupakan permaian yang telah berusia cukup tua. Mungkin Mums juga pernah memainkan permainan ini ketika anak-anak? Jika pernah tentu Mums mengetahui manfaat dan nilai positif yang dimiliki permainan ini seperti keadilan, kesabaran dan ketekunan.
Bermain congklak bersama si Kecil bisa jadi pilihan yang tepat ketika Mums tengah menikmati waktu bersamanya. Interaksi yang intim serta proses bermain yang bertahap memungkinkan si Kecil belajar untuk melatih kesabarannya. Sembari bermain, Mums bisa memberikan nasehat, dan mengajarkan bagaimana cara bermain congklak ini.

Berkemah

Kegiatan kemah identik dengan kegiatan di luar ruang yang melibatkan banyak perlengkapan dan peralatan. Namun demikian, Mums dapat juga mengajak si Kecil berkemah di dalam rumah, jika si Kecil masih terlalu kecil untuk melakukannya di luar rumah.
Triknya adalah dengan membuat tenda menggunakan beberapa kursi atau sofa atau benda yang ada di dalam rumah. Susun sedemikian rupa dan tutup rangkaian kursi atau sofa dengan kain. Dengan demikian, Mums dan si Kecil memiliki ‘tenda’ sederhana. Di sana Mums dapat mengajak si Kecil bermain, mendongeng, bermain drama, dan lain sebagainya untuk menikmati quality time bersamanya.

Tenis Balon

Jika tenis biasanya dimainkan di lapangan dengan raket dan bola, Mums bisa mengenalkan tenis sebagai satu olahraga dengan tenis balon ini. Ajak si Kecil membuat perlengkapan yang digunakan, dengan piring kertas dan sendok yang ditempelkan. Ini akan berfungsi sebagai raket.
Kemudian tiup satu atau beberapa balon, kemudian ajak si Kecil bermain dengan memukul balon yang melayang di udara. Awalnya memang sedikit sulit, namun ketika Mums dan si Kecil menemukan irama yang tepat, maka baik Mums atau si Kecil akan merasakan kegembiraan dan gelak tawa yang seru.

Arena Balapan

Jika si Kecil suka bermain mobil-mobilan, permainan ini bisa menjadi media yang tepat untuk bermain bersama si Kecil. Permainan rumah yang mudah dilakukan ini hanya melibatkan beberapa mainan mobil, selotip, dan arena dalam rumah. Mums bisa membuat ‘arena balapan’ dengan selotip dan mengkombinasikan berbagai area, seperti lantai, kolong meja, atas sofa dan sebagainya.
Kemudian ajak si Kecil untuk bermain mobil-mobilan pada arena yang telah dibuat. Selain akan membuat Mums dan si Kecil semakin dekat, permainan ini juga merangsang si Kecil untuk terus bergerak secara aktif serta melatih koordinasi tubuh bagian atas dan bawahnya.

Sembunyikan dan Temukan

Pada dasarnya permainan ini akan mendorong si Kecil untuk mencari barang yang Mums sembunyikan di area dalam rumah. Mums bisa menggunakan berbagai mainan yang si Kecil miliki, dan dikombinasikan dengan berbagai warna dari mainan tersebut.
Nantinya mainan ini akan Mums sembunyikan di tempat yang terjangkau, dan si Kecil akan bertugas menemukan dan mengumpulkan mainan berdasarkan warnanya. Selain membuat si Kecil bergerak aktif, Mums juga akan sekaligus merangsang pengenalan si Kecil pada warna yang ada disekitarnya.

Permainan di atas bisa jadi alternatif ketika Mums dan si Kecil ingin bermain bersama tanpa meninggalkan rumah. Selain murah, permainan tersebut juga memiliki banyak manfaat dan dapat membantu merangsang tumbuh kembang si Kecil. Tentu saja, yang tidak boleh dilupakan dalam merangsang tumbuh kembang adalah memenuhi kebutuhan nutrisi harian.
Selain bermain permainan rumah dan memberikan  makanan dan minuman bergizi, Mums juga bisa memberikan Friso Gold 3. Dengan teknologi Locknutri, menjaga kualitas alami nutrisi sehingga mudah diserap tubuh si Kecil dan menjadikannya kuat dari dalam. Mums juga bisa berkonsultasi dengan Ahli Nutrisi Alami Friso (ANA) pada situs resminya dengan menggunakan fitur live chat.

Selamat! Mums beruntung berkesempatan mendapatkan Free Sample dari Friso!

Daftar Sekarang