Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Postur, Lingkar Kepala, dan Lingkar Perut Normal pada Anak

Postur, Lingkar Kepala, dan Lingkar Perut Normal pada Anak

Mengamati optimalnya tumbuh kembang si Kecil bisa dilakukan dengan acuan beberapa indikator utama. Misalnya saja, indikator fisik yang bisa terukur dengan cukup mudah. Ukuran tinggi badan, berat badan,, lingkar kepala, serta lingkar perut normal pada anak, semua bisa diukur dengan alat pengukur yang tersedia di posyandu atau di rumah Mums. Dengan mengacu pada beberapa faktor ini, Mums sudah dapat melihat apakah si Kecil tumbuh sesuai dengan usianya atau tidak.

Jika dilihat secara kasat mata, tanpa melakukan pengukuran, mungkin Mums dapat melihat postur tubuh si Kecil. Apakah terlihat gemuk, atau cenderung kurus, atau mungkin pendek, semua bisa dilihat dengan membandingkannya ke teman sebaya si Kecil. Idealnya, pada tingkat usia yang sama, faktor-faktor tersebut akan terlihat setara. Jika misalnya si Kecil terlihat memiliki postur yang kurang dari teman-temannya, bisa jadi si Kecil mengalami hambatan pertumbuhan.

Nah, untuk mengetahui satu persatu mengenai berat badan, tinggi badan, lingkar kepala, dan lingkar perut normal pada anak, Mums bisa melihat penjelasannya pada poin-poin berikut ini.

Berat Badan Normal

Postur, Lingkar Kepala, dan Lingkar Perut Normal pada Anak

Untuk berat badan normal pada si Kecil, sebenarnya ukuran yang diberikan relatif sama. Ketika si Kecil berusia 1 tahun, idealnya ia akan memiliki berat badan antara 10 sampai dengan 11 kilogram, tergantung jenis kelamin si Kecil. Sedangkan untuk berat badan ketika si Kecil berumur 2 tahun, akan berada pada angka 12 sampai dengan 14 kilogram.

Berat badan ideal ini tentu akan berbeda jika Mums melihat standar yang ditetapkan di negara lain yang memiliki dominasi ras yang berbeda pula. Katakanlah negara di Eropa, dimana ras yang dominan adalah Kaukasia, maka ukuran idealnya tentu akan berbeda dengan ukuran ideal di Indonesia yang didominasi oleh ras Melayu.

Tinggi Badan si Kecil

Postur, Lingkar Kepala, dan Lingkar Perut Normal pada Anak

Setelah mengetahui ukuran berat badan ideal yang dimiliki si Kecil pada usia 1 sampai 2 tahun, selanjutnya adalah ukuran tinggi badan ideal yang dimiliki si Kecil. Pada usia 1 tahun, tinggi badan ideal yang dimilikinya adalah sekitar 65 sampai dengan 70 centimeter. Sedangkan pada usia 2 tahun, tinggi badannya akan berada di kisaran angka 87 sampai dengan 94 centimeter.

Nah, untuk ukuran tinggi badan sendiri sebenarnya akan sangat bergantung pada rangsangan yang diberikan pada si Kecil. Bisa saja pada usia tersebut si Kecil memiliki tinggi badan yang kurang atau lebih dari angka tersebut. Selama marginnya tidak terlalu besar, sebenarnya si Kecil tetap dianggap memiliki tinggi badan yang ideal. Hanya saja yang perlu dipastikan adalah bahwa si Kecil tetap mengalami pertambahan tinggi badan dari tahun ke tahun.

Ukuran Lingkar Kepala Ideal

Postur, Lingkar Kepala, dan Lingkar Perut Normal pada Anak

Satu lagi ukuran yang bisa menjadi acuan optimalnya tumbuh kembang si Kecil adalah ukuran lingkar kepala. Ya, meski jarang diingat, ukuran lingkar kepala juga menjadi acuan tumbuh kembang yang bisa dijadikan patokan karena dapat digunakan untuk melihat perkembangan ukuran otak.

Ketika si Kecil berusia 1 tahun, idealnya ukuran lingkar kepala yang dimiliki adalah 43 sampai dengan 46 centimeter. Sedangkan ketika usianya menginjak 2 tahun, ukuran kepala si Kecil adalah 44 sampai dengan 47 centimeter. Idealnya ukuran lingkar kepala ini akan bertambah sebanyak 2 centimeter setiap tahunnya. Jadi Mums bisa menjadikan pertambahan ukuran ini sebagai acuan perkembangan ukuran otak si Kecil.

Ukuran Lingkar Perut Normal pada Anak

Postur, Lingkar Kepala, dan Lingkar Perut Normal pada Anak

Sebenarnya untuk lingkar perut normal pada anak sendiri, ukurannya cenderung tergantung pada tinggi dan berat si Kecil. Misalkan, dengan lingkar perut yang sama, tapi tinggi dan berat badan berbeda, si Kecil tidak akan terlihat cukup proporsional bukan? Maka dari itu, lingkar perut normal pada anak akan sangat bergantung pada ukuran tinggi badan dan berat badan si Kecil.

Untuk menjadi gambaran, ukuran lingkar perut normal pada orang dewasa adalah berkisar 90 centimeter (untuk laki-laki) dan 80 centimeter (untuk perempuan). Dengan tinggi dan berat badan ideal, ukuran untuk lingkar perut normal si Kecil juga akan menyesuaikan. Intinya selama si Kecil masih memiliki tubuh yang ukurannya proporsional, Mums tidak perlu cemas.

Baca Juga : Ketahui Penyebab Kurang Gizi dan Cara Pencegahannya pada Anak

Berbagai ukuran yang disampaikan di atas tentu sangat relatif dengan keadaan dan faktor genetik dari si Kecil. Ukuran yang disampaikan hanya sebagai acuan ideal saja, jika masih terdapat kurang atau lebih, selama dalam margin yang wajar, maka si Kecil tetap bisa dikatakan memiliki fase tumbuh kembang yang ideal,

Nah, setelah mengetahui ukuran berat badan, tinggi badan, lingkar kepala, dan lingkar perut normal pada anak, diharapkan Mums dapat memiliki kontrol yang lebih baik pada tumbuh kembang si Kecil. Selain secara rutin mengukur variabel tersebut, dukung juga dengan memberikan makanan bernutrisi dan rangsangan optimal. Berikan Friso Gold 3 sebagai tambahan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi hariannya. Friso dengan teknologi Locknutri, menjaga kualitas nutrisi alami susu sehingga lebih mudah diserap tubuh si Kecil dan membantunya kuat dari dalam.