Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Pro-Kontra Pemberian Empeng Bayi, Mums Sudah Tahu?

Pro-Kontra Pemberian Empeng Bayi, Mums Sudah Tahu?

Apa yang pertama Mums lakukan ketika si Kecil rewel di tempat umum? Apakah menggendongnya? Atau berusaha menenangkannya dengan cara lain? Beberapa cara bisa dicoba, tentu berdasarkan pengalaman Mums. Namun Mums juga bisa menggunakan bantuan perangkat sederhana, empeng bayi. Meski bukan menjadi pilihan utama, namun ternyata empeng cukup efektif membantu menenangkan si Kecil yang rewel di tempat umum.

Secara langsung memberikan empeng juga akan membuat si Kecil merasa nyaman. Meski hanya dalam waktu singkat, ini bisa memberikan Mums waktu mempersiapkan hal lain yang mungkin diperlukannya. Pada beberapa kasus dimana empeng menimbulkan kecanduan, memang sangat direkomendasikan untuk dihentikan. Namun demikian, empeng bayi sama seperti hal lain, memiliki sisi positif dan negatif yang harus disikapi dengan bijak.

Hal Baik dari Memberikan Empeng

Pro-Kontra Pemberian Empeng Bayi, Mums Sudah Tahu?

Memberikan empeng bayi pada si Kecil dapat memberikan beberapa efek positif. Misalnya seperti mengurangi resiko sindrom kematian mendadak pada bayi. Dengan terus menghisap empeng, maka organ si Kecil akan terus aktif bekerja, meski secara tidak sadar.

Selanjutnya, empeng juga dapat menjadi pengalih perhatian yang efektif. Ketika misalnya si Kecil harus menjalani prosedur imunisasi, Mums dapat memberikan empeng agar ia tidak takut atau bergerak ketika diimunisasi. Ingat, hal ini hanya berlaku dalam waktu singkat, jadi Mums harus paham benar timing memberikan empeng agar berfungsi sebagai pengalih perhatian.

Empeng bayi juga dapat memberikan rasa nyaman dan membantu si Kecil tertidur. Ketika ia sulit tidur di siang atau malam hari, Mums bisa memberikan empeng padanya. Namun demikian, pemberian empeng ini sifatnya hanya untuk membantu agar si Kecil lebih cepat tidur. Jadi sebelumnya Mums harus memastikan si Kecil sudah menyusu dan merasa nyaman di tempat tidurnya.

Salah satu hal yang mungkin akan menjadi paling berguna dari penggunaan empeng adalah bisa mengurangi resiko si Kecil rewel di tempat umum, ketika perjalanan, atau ketika kondisi asing dialami olehnya. Refleks pertama si Kecil biasanya adalah menangis, dan memberikan empeng, pada banyak kasus, dapat menghentikan tangisan ini dalam waktu singkat.

Waspadai Juga Efek Buruk dari Pemberian Empeng

Pro-Kontra Pemberian Empeng Bayi, Mums Sudah Tahu?

Salah satu hal yang perlu diperhatikan ketika memberikan empeng pada si Kecil adalah terkait higienitas empeng. Tidak jarang, Mums lupa menyimpang empeng pada tempat yang bersih dan higienis. Hal ini dapat meningkatkan resiko infeksi bakteri atau kuman yang menempel pada empeng dan akan membuat si Kecil mengalami gangguan kesehatan.

Sisi negatif dari pemberian alat ini adalah ketika si Kecil ‘kecanduan’ dan tidak bisa terlepas dari empengnya. Tentu tidak elok rasanya jika ketika bermain bersama teman-teman, si Kecil masing mengempeng. Untuk mengatasi hal ini, Mums perlu benar-benar memberikan empeng di saat yang tepat, dan tidak membiasakan si Kecil terlalu sering menggunakan empeng.

Memberikan empeng bayi pada si Kecil sebelum ia dapat menyusu sebenarnya juga bukan hal yang baik. Di samping si Kecil akan kehilangan waktu intim dengan Mums ketika menyusu, ia juga bisa saja kesulitan dalam menyusu. Fenomena ini sering terjadi pada bayi yang terlalu dini dikenalkan dengan empeng, sehingga proses menyusu yang seharusnya jadi proses alami jadi terganggu.

Tips Memanfaatkan Empeng Bayi

Pro-Kontra Pemberian Empeng Bayi, Mums Sudah Tahu?

Nah agar penggunaan empeng bayi pada si Kecil bisa memberikan manfaat maksimal untuknya, Mums bisa mengikuti beberapa tips sederhana berikut ini.

  • Berikan kebebasan memilih untuk si Kecil, apakah ingin menggunakan empeng atau tidak. Ketika ia sudah melepaskan empengnya, jangan paksakan untuk digunakan kembali saat itu juga.
  • Jaga kebersihan dan higienitas empeng dengan mencucinya dengan air panas atau cairan yang direkomendasikan oleh dokter anak.
  • Berikan ketika waktu tidur siang atau tidur malam, ini akan membantunya tertidur lebih cepat. Namun demikian ketika empeng terlepas, jangan pasangkan lagi empeng pada mulut si Kecil.
  • Gunakan empeng hanya ketika diperlukan, artinya, jangan berikan empeng sepanjang waktu pada si Kecil karena ini akan membuatnya terbiasa dengan ‘kenyamanan’ yang didapat dari empeng.
  • Stop penggunaan empeng ketika si Kecil sudah berusia 1 tahun, karena si Kecil akan mulai banyak berinteraksi dengan orang lain.

Baca Juga : Jadwal Makan Bayi Usia 1 Tahun [Panduan Lengkap]

Empeng bayi memang alat yang dapat dikatakan cukup ajaib, karena dapat meredakan si Kecil yang rewel dalam waktu singkat. Meski demikian, Mums tetap harus bijak dalam memberikan empeng, dan tetap memastikan si Kecil menyusu sesuai jadwal yang sudah ditentukan.

Dalam memberikan empeng bayi sebaiknya memang dilakukan dengan cermat dan tidak mengganggu sesi menyusui. Untuk memastikan si Kecil mendapat nutrisi yang dibutuhkannya, Mums bisa memberikan Friso Gold 3 untuk menunjang asupan nutrisi. Friso dilengkapi dengan teknologi Locknutri, yang menjaga kualitas nutrisi alami sehingga dapat diserap tubuh dengan optimal dan membantu si Kecil kuat dari dalam. Berikan yang terbaik untuknya, dan lihat ia tumbuh sehat, pintar dan kuat!