Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Proses Perkembangan Anak 3 Tahun, Cermati 3 Hal Berikut!

Proses Perkembangan Anak 3 Tahun, Cermati 3 Hal Berikut!

Banyak hal terasa seperti ajaib jika melihat perkembangan anak 3 tahun. Si Kecil yang semakin tumbuh besar memberikan kejutan yang tidak terduga. Momen kebersamaan tentu akan menjadi momen paling Mums dambakan ketika ia mulai menunjukkan kebolehan barunya seiring pertambahan usia. Meski tidak dapat disamaratakan, terdapat beberapa hal penting yang ideal dilakukan anak-anak ketika memasuki usia 3 tahun.

Perkembangan kognitif, pertumbuhan fisik serta kemajuan faktor emosional yang dimiliki si Kecil sangat nampak pada rentang usia ini. Wajar saja bila Mums kemudian akan dikejutkan oleh si Kecil yang mulai bisa menggenggam benda kecil, mulai mandiri dengan tidak mau banyak dibantu atau mulai bisa bermain bola dengan melemparnya.

Terdapat beberapa hal yang wajarnya dapat dilakukan si Kecil pada usia ini. Memang bukan berarti harus dapat melakukannya pada usia tepat 3 tahun, namun sebagai gambaran berikut akan disampaikan ‘kemampuan baru’ yang akan dimiliki si Kecil.

Keterampilan Menggunakan Tangan

Pernah melihat si Kecil berusaha menggenggam sesuatu? Atau memegang alat tulis dengan sekedarnya dan membuat ‘karya’ di dinding atau media lain? Ini adalah upaya si Kecil untuk berlatih menggunakan tangannya. Latihan diperlukan secara rutin dan terarah sehingga ia dapat mengkoordinasikan gerakan dan apa yang diinginkannya. Beberapa kemampuan yang akan terlihat pada usia ini adalah :

  • Mempu menggenggam benda kecil lebih baik.
  • Membuka halaman buku satu per satu.
  • Menggambar lingkaran atau persegi.
  • Menggambar wujud manusia dengan 2 hingga 4 bagian tubuh.
  • Menuliskan beberapa huruf.
  • Menyusun balok hingga beberapa tingkat (4 atau lebih).
  • Melepas pakaian tanpa bantuan.

Rangsangan yang si Kecil dapatkan memegang peranan penting dalam perkembangan kemampuannya menggunakan tangan. Nah, untuk itu, kegiatan bermain bersama bisa menjadi cara yang seru untuk memberikan stimulasi ini. Dengan stimulus yang tepat si Kecil akan dapat menguasai penggunaan tangannya lebih cepat dan efektif.

Sisi Emosional dan Sosial

Perkembangan tidak hanya terjadi pada kemampuannya menggunakan tangan, namun juga pada sisi emosional dan sosial si Kecil. Beberapa perkembangan yang akan muncul adalah :

  • Menirukan apa yang dilakukan orang di sekitarnya.
  • Mengerti arti kepemilikan.
  • Menunjukkan rasa kasih sayang pada keluarga dan teman dekatnya.
  • Menunjukkan emosi berbeda sesuai dengan keadaan (sedih, marah, kecewa, bosan, bahagia, senang).
  • Imajinasi yang terus berkembang.
  • Menyelesaikan satu hal tanpa meminta bantuan orang lain.

Beberapa kemampuan emosional dan sosial di atas tidak muncul secara serta merta namun dengan proses yang cukup panjang. Mums harus senantiasa mendampingi dan memberikan rangsangan sehingga si Kecil mampu memiliki kemampuan ini. Meski akan terjadi secara alami, kemampuan seperti ini sangat baik jika mendapat bimbingan dan pendampingan.

Milestone Anak Usia 3 Tahun

Terdapat beberapa milestone atau hal yang sewajarnya sudah dapat dilakukan si Kecil pada usia ini. Idealnya, jika tumbuh kembang berjalan optimal, beberapa hal berikut ini akan mampu dilakukannya dengan baik pada rentang usia 3 tahun atau lebih. Milestone-nya adalah sebagai berikut.

  • Mampu melempar bola dengan baik.
  • Mampu melompat.
  • Mampu mengayuh sepeda roda tiga.
  • Mampu menyusun beberapa balok susun.
  • Mempuu merespon panggilan dari orang di luar keluarga.
  • Mampu mengucapkan lebih dari 3 kata dalam sekali ucap.
  • Mulai peduli dengan kehadiran teman sebayanya.
  • Menggunakan frasa ‘Aku’ dan ‘Kamu’ dengan benar.

Milestone ini, sekali lagi, bukan berarti harus dapat dilakukan si Kecil pada usia 3 tahun tepat. Setiap anak adalah individu yang unik dan memiliki fase belajarnya masing-masing. Daftar singkat tersebut hanya memberikan gambaran ideal yang umumnya dapat dilakukan oleh anak kebanyakan. Sedikit terlambat atau sedikit lebih cepat juga akan dapat digolongkan sebagai proses ideal.

 

Memang penjelasan di atas hanya memuat sedikit saja dari keajaiban yang si Kecil tunjukkan ketika usianya menginjak 3 tahun. Tentu saja, setiap anak akan mendapatkan proses dan stimulus yang berbeda tergantung dengan lingkungan dan orang di sekitarnya. Semakin sering diberikan stimulus, idealnya si Kecil akan memiliki perkembangan yang lebih baik.

Tumbuh kembang si Kecil memang merupakan proses yang ajaib. Setiap hari akan ada saja hal baru yang dilakukannya. Hal ini senada dengan pengalaman baru yang Mums berikan, pelajaran baru yang Mums sampaikan, serta permainan baru yang Mums dan si Kecil lakukan. Setiap proses pembelajaran akan berjalan optimal selama kebutuhan nutrisinya terpenuhi dan si Kecil merasa nyaman.

Memperhatikan perkembangan anak 3 tahun tentu wajib pula memperhatikan keterpenuhan nutrisi hariannya. Nah untuk membantu Mums memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya, Mums bisa memberikan Friso Gold 4 untuk si Kecil. Dengan teknologi Locknutri, kualitas alami nutrisi akan terjaga dan lebih mudah diserap tubuh si Kecil. Ini akan membantu si Kecil agar kuat dari dalam dan tumbuh lebih optimal.